Persiapkan Hal Ini Sebagai Syarat Masuk Jurusan Psikologi

Syarat masuk jurusan psikologi – Psikologi merupakan salah satu jurusan yang akhir-akhir ini peminatnya meningkat secara signifikan.

Ada banyak mata kuliah yang menarik untuk dipelajari dan tentunya bukan hal yang mudah dalam mempelajarinya.

Syarat masuk jurusan psikologi sendiri bisa bergantung pada kesiapan diri sendiri, apakah sudah siap dengan mata kuliahnya atau belum.

Hal Yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Masuk Jurusan Psikologi

1. Belajar Biologi dan Matematika

Siapa sangka di jurusan psikologi juga akan belajar tentang biologi serta matematika yang masuk dalam beberapa mata kuliahnya.

Mungkin sebagian besar beranggapan bahwa psikologi akan jauh dari matematika, namun hal tersebut salah besar.

Matematika psikologi akan mempelajari tentang statistika yang berhubungan dengan pengolahan data mentak, grafik hingga kurva.

Berbeda lagi dengan biologi yang akan berhubungan dengan psikologi faal atau biopsikologi. Disini anda akan belajar tentang tingkah laku seseorang yang terpengaruh dari sistem syaraf, respon tubuh dan alat indera.

Jika anda sudah memiliki dasar ilmu biologi dan matematika, maka akan lebih memudahkan untuk lolos masuk jurusan psikologi dibandingkan yang tidak memiliki pengetahuan dasar.

2. Memiliki Keyakinan Yang Kuat

Keyakinan dan kemantapan harus ada dalam diri anda ketika ingin masuk jurusan psikologi. Dengan keyakinan tersebut, nantinya akan membantu anda dalam melewati proses menjadi calon mahasiswa psikologi.

Dimana ketika tes nanti anda sudah yakin dengan pilihan sendiri dan bukan karena dorongan orang lain ataupun ikut-ikutan teman.

Jika anda tidak memiliki keyakinan dan kemauan yang kuat untuk masuk di jurusan ini, sebaiknya jangan diteruskan.

Psikologi seperti halnya jurusan pada umumnya yang bisa dikatakan bukan sebagai jurusan coba-coba.

Sekali anda masuk dalam jurusan ini, akan banyak rintangan yang siap menanti kedepannya.

3. Memiliki Kepercayaan Diri Yang Kuat

Syarat selanjutnya adalah setidaknya memiliki kepercayaan diri yang kuat atau tidak mudah minder berbaur dengan orang lain.

Jika seseorang tidak memiliki kepercayaan diri yang kuat, maka akan berdampak pada proses pembelajarannya nanti.

Terlebih dalam psikologi juga menuntut seseorang untuk mengamati interaksi ataupun berinteraksi dengan berbagai macam sifat manusia.

Dengan adanya kepercayaan diri, maka akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih baik. Disisi lain pikiran menjadi lebih fokus dan siap dalam menghadapi tes yang diberikan.

Jurusan psikologi juga tidak memandang calon mahasiswanya dari jurusan IPA, IPS dan lain sebagainya, namun yang terpenting adalah kepercayaan diri yang dimiliki.

4. Memiliki Pikiran Terbuka

Menjadi mahasiswa psikologi bukan hal yang mudah, seseorang harus memiliki bekal kemampuan berpikir yang terbuka untuk melihat segala sesuatu dari berbagai sudut.

Ini sangat dibutuhkan dalam psikologi karena dalam beberapa makulnya mengharuskan menggunakan kemampuan tersebut. Jadi, mulailah belajar untuk berpikir terbuka terhadap segala sesuatu kemungkinan yang terjadi.

Seseorang juga tidak boleh menjudge tanpa mengetahui penyebab dan mendengarkan cerita dari berbagai versi.

Dari sini kemampuan anda secara perlahan akan diasah tentang bagaimana menyimpulkan sesuatu dari sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang.

Bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut dan lain sebagainya.

5. Minta Dukungan Orang Tua dan Orang Terdekat

Dukungan orang tua dan orang terdekat sangat penting bagi anda yang ingin masuk perguruan tinggi, apapun jurusan yang akan dipilih nantinya.

Dengan adanya restu dan doa yang kuat dari orang sekitar, secara tidak langsung akan membantu anda dalam melewati prosesnya. Baik dari proses tes masuk hingga kelulusan nantinya.

Tidak ada syarat masuk jurusan psikologi yang spesifik untuk diketahui, namun anda harus mempersiapkan beberapa hal yang telah dibahas di atas.

Dengan mempersiapkannya, maka akan lebih memudahkan anda dalam melewati rintangan yang ada di depan mata.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Loading...

Tinggalkan komentar