10 Prospek Kerja Teknik Sipil Yang Menjanjikan Masa Depan Anda

Prospek kerja teknik Sipil – Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati calon mahasiswa karena dianggap memiliki prospek kerja yang bagus dan menjanjikan untuk masa depan.

Salah satu jurusan di perguruan tinggi yang tidak pernah sepi peminat adalah teknik sipil. Mengapa? Dan seberapa banyak peluang atau prospek kerja teknik sipil untuk kesejahteraan masa depan?

Prospek Kerja Teknik Sipil Untuk Kesejahteraan Masa Depan

Teknik sipil menjadi salah satu jurusan yang banyak diincar oleh generasi milenial baik laki-laki maupun perempuan.

Jurusan ini akan menghasilkan lulusan yang kompeten dan gaji yang cukup tinggi. Beberapa peluang pekerjaan yang bisa anda pilih sebagai lulusan teknik sipil, diantaranya:

1. Surveyor

Salah satu profesi yang menjanjikan untuk lulusan teknik sipil adalah sebagai surveyor. Surveyor bertugas untuk memastikan proyek pembangunan sesuai dengan peraturan yang ada. Anda akan mendapatkan gaji cukup lumayan yakni sekitar7 juta rupiah setiap bulannya.

2. Manager konstruksi

Bagi anda yang lulusan teknik sipil bisa menjadi seorang manager konstruksi di sebuah perusahaan. Peran sebagai manager konstruksi adalah mengawasi jalannya proyek dan mengarahkan para pekerja. Gaji yang anda dapatkan bisa mencapai 7 juta rupiah.

3. Perencana struktur

Bidang pekerja lian yang bisa anda pilih sebagai lulusan teknik sipil adalah perencana struktur.

Sesuai nama pekerjaannya, tugas anda adalah membuat rencana struktur bangunan yang hendak dikerjakan. Gaji yang anda terima sebagai perencana struktur sekitar 7 juta rupiah.

4. Project manager

Jika anda lulusan teknik sipil, anda bisa memlih profesi project manager. Tugas project manager adalah menjadi manager dalam proyek yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan proyek yang dikerjakan. Gaji yang didapatkan sebagai project manager bisa mencapai 20 juta setiap bulannya.

5. Drafter

Profesi sebagai drafter bisa anda pilih setelah lulus dari teknik sipil nanti. Profesi ini bisa mendapatkan gaju mulai 5 juta rupiah per bulan. Tugas seorang drafter adalah menggambar sketsa kasar dalam proyek pembangunan.

6. Direktur kontraktor

Lulusan teknik sipil tentu bisa menghasilkan gaji yang cukup tinggi jika anda bekerja sebagai direktur kontraktor.

Pekerjaan ini membutuhkan pengalaman kerja yang cukup banyak dan tentunya sudah memiliki skill yang kompeten. Gaji yang didapatkan oleh seorang direktur kontraktor bisa mencapai 40 juta rupiah setiap bulannya.

7. Quality kontrol

Pekerjaan yang bisa anda pilih lainnya sebagai lulusan teknik sipil adalah bagian quality kontrol. Meskipun terdengar sepele, namun anda dituntut untuk cermat dan teliti dalam mengawasi jalannya proses produksi. Gaji yang akan didapatkan oleh profesi ini mencapai 10 juta rupiah setiap bulannya.

8. Direktur Konsultan Perencana

Bagi anda yang sudah banyak pengalaman dan merupakan lulusan teknik industry, anda bisa menjadi seorang direktur konsultan perencana.

Profesi ini bisa didapatkan melalui jenjang karir sehingga dibutuhkan pengetahuan dan skill yang kompeten. Gaji seorang direktur konsultasn perencana bisa mencapai 30 juta rupiah tiap bulan.

9. Site manager

Salah satu profesi favorit para lulusan teknik sipil adalah sebagai site manager. Profesi ini bertugas sebagai penanggungjawab teknis dan operasional dalam proyek yang sedang dikerjakan. Gaji yang didapatkan cukup tinggi yakni 15 juta rupiah tiap bulan.

Ulasan mengenai 9 prospek kerja teknik sipil diatas adalah sebagian pilihan profesi yang bisa anda pilih setelah lulus nanti.

Masih ada banyak profesi yang dipilih seperti akademisi hingga pengusaha. Kira-kira profesi apakah yang cocok dengan passion anda ?

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Informatika

Tinggalkan komentar