Prospek Kerja dan Profesi Lulusan Teknik Informatika Yang Menjanjikan Masa Depan

Prospek Kerja Teknik Informatika – Jurusan IT pada jenjang perguruan tinggi menjadi salah satu jurusan yang banjir peminat karena memiliki prospek kerja yang dianggap bagus.

Hampir di setiap perguruan tinggi negeri hingga swasta, jurusan IT seperti teknik informatika selalu ramai peminat sehingga kuota yang disediakan juga ditambah.

Seberapa besarkah peluang atau prospek kerja teknik informatika di masa depan?

Peluang kerja dalam bidang IT sangat terbuka lebar di era milenial seperti zaman sekarang ini. Apalagi jika anda memilih jurusan teknik informatika dan berhasil lulus dengan nilai terbaik serta skill yang mumpuni.

Terdapat beberapa bidang pekerjaan yang bisa anda pilih sebagai lulusan sarjana teknik informatika. Apa sajakah itu?

7 Profesi Lulusan Teknik Informatika

Ada 7 bidang pekerjaan lulusan teknik informatika yang dijamin menjanjikan untuk masa depan, diantaranya yakni:

1. Konsultan IT

Anda sebagai lulusan teknik informatika bisa memilih pekerjaan sebagai konsultan IT. Tugas anda sebagai konsultan IT adaah mengevaluasi dan merancang penerapan teknologi informasi di sebuah organisasi atau perusahaan. Gaji untuk seorang konsultasn IT cukup tinggi yakni sekitar Rp 6.000.000,00 hingga Rp 11.000.000,00

2. PNS

Lowongan CPNS yang saat ini menjadi trend masyarakat Indonesia juga membuka peluang bagi para sarjana IT.

Meskipun gajinya tidak sebesar pekerjaan IT lainnya, namun menjadi pekerjaan yang menjamin masa tua karena mendapatkan tunjangan.

Gaji sebagai PNS dibidang IT tetap sesuai golongan mulai dari Rp 2.500.000,00 hingga Rp 7.000.000,00

3. Network Engineer

Peluang kerja teknik informatika yang bisa anda pilih selanjutnya adalah network engineer. Tugasnya adalah membuat desain, rencana, pengelolaan manajemen hingga penyelesaian masalah jaringan.

Pekerjaan ini pasti banyak dibutuhkan dalam dunia kerja karena berhadapan langsung dengan infrastruktur jaringan. Gaji yang didapatkan kisaran 7 juta hingga 12 juta rupiah.

4. Dosen IT

Bidang pekerjaan lulusan IT tidak hanya bekerja di perusahaan atau instansi saja. Bagi anda yang menyukai dunia pendidikan dan ingin membagikan pengetahuan yang sudah didapatkan, anda bisa memilih menjadi guru atau dosen IT.

Selain mendapatkan gaji yang sesuai, ilmu anda juga akan semakin banyak karena diturunkan kepada generasi muda.

5. Quality assurance analyst / QA

Bekerja sebagai QA analyst atau quality assurance analyst bisa menjadi pilihan anda saat lulus dari jurusan teknik informatika nanti.

Pekerjaan ini tugasnya melakukan pemeriksaan dan monitoring semua produksi dalam proses pembuatan suatu produk. Rata-rata gajai yang didapatkan mulai dari 3.5 juta hingga 6 juta rupiah.

6. Software Engineer

Sebagai lulusan teknik informatika, anda berpeluang menjadi seorang software engineer jika skill bahasa pemrograman anda sangat baik.

Setidaknya anda harus menguasai bahasa pemrograman ruby dan javascript. Bidang pekerjaan ini cukup rumit sehingga tidak heran jika gajinya cukup tinggi yakni sekitar 8 hingga 12 juta rupiah.

7. Software tester

Jika anda lulusan IT, anda bisa mencoba menjadi seorang software tester. Pekerjaan ini sangat simple namun akan menghasilkan gaji yang lumayan.

Tugas anda sebagai software tester adalah menguji kebenaran fungsi perangkat lunak dalam perangkat. Gaji yang anda terima setiap bulannya mulai dari 3.5 juta hingga 6 juta rupiah.

Informasi mengenai 7 prospek kerja teknik informatika diatas adalah sebagian kecil dari beberapa pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan IT.

Baca juga: Mata kuliah Jurusan Teknik Informatika

Masih ada banyak pekerjaan lain yang juga menjanjikan untuk masa depan anda. kuncinya adalah belajar maksimal saat di bangku sekolah agar mudah dalam mencari pekerjaan yang diinginkan. Bidang pekerjaan apa yang mungkin akan anda pilih?

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Loading...

Tinggalkan komentar