Prospek Kerja Teknik Industri untuk Kesejahteraan Masa Depan

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Salah satu jurusan teknik yang ramai peminat adalah teknik industri.

Lulusan jurusan ini dianggap akan memiliki pekerjaan yang baik dan bergaji tinggi. Sebenarnya seberapa banyak peluang atau prospek kerja teknik industri di masa depan?

Teknik industri sendiri mencetak individu yang mampu merancang desain hingga membuat sistem integrasi yang saling terhubung.

Peluang kerja sebagai lulusan teknik industri sangat terbuka lebar khususnya di perusahaan swasta maupun BUMN. Terdapat beberapa bidang pekerjaan yang bisa anda pilih sebagai lulusan sarjana teknik industri. Apa sajakah itu?

7 Prospek Kerja Teknik Industri Yang Menjanjikan Masa Depan

Ada banyak bidang pekerjaan yang bisa anda pilih sebagai lulusan teknik industri. Bidang pekerjaan dibawah ini bisa menjadi referensi anda setelah lulus, diantaranya yakni:

1. Logistic specialist

Pekerjaan sebagai sarjana teknik industri yang bisa anda pilih adalah logistic specialist. Profesi ini bertugas sebagai penanggungjawab dalam analisis jalannya pasokan dalam proses produksi.

Gaji yang akan anda terima mulai dari 7 juta rupiah dan akan meningkat dengan masa kerja dan prestasi kerja.

2. Project manager

Pilihan pekerjaan lain sebagai lulusan teknik industri adalah sebagai project manager. Tugas seorang project manager yakni bertanggungjawab dalam mengatur tim yang bekerja dalam sebuah proyek perusahaan.

Gaji yang anda dapatkan dalam  profesi ini bisa mencapai angka 35 juta rupiah setiap bulannya.

3. Engineering manager

Sebagai lulusan teknik industry, anda bisa menjadi seorang engineering manager. Tugas profesi ini adalah membuat rencana kerja dan sumber daya untuk sebuah proyek.

Meskipun terlihat sepele, namun membutuhkan skill dan pengetahuan khusus karena termasuk dalam pekerjaan yang cukup berat. Gaji engineering manager bisa mencapai 35 juta rupiah tiap bulan.

4. Cost control engineer

Tugas seorang cost control engineer adalah menyusun hitungan biaya, waktu dan tenaga dalam proses produksi. Anda bisa mendapatkan gaji mulai dari 6 juta hingga 15 juta rupiah per bulan jika memilih profesi ini.

5. Pengusaha

Jika Anda tidak suka menjadi karyawan, anda bisa memilih menjadi seorang pengusaha dengan bekal ilmu dari teknik industri.

Anda bisa memanfaatkan ilmu anda dengan maksimal karena sudah memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan dunia industri, tenaga kerja dan proses produksi.

6. Akademisi

Tidak hanya bekerja di perusahaan saja, anda bisa memilih sebagai akademisi atau tenaga pendidik seperti dosen.

Jika memang ingin menjadi seorang pendidik, anda tidak hanya lulus sarjana saja tetapi juga harus sudah menempuh pendidikan magister. Gaji yang didapatkan sebagai dosen sekitar 5 juta rupiah.

7. Insinyur Antariksa

Insinyur antariksa atau aerospace engineer bertugas untuk membuat desain, membangun, tes pesawat misil dan luar angkasa.

Pekerjaan yang dianggap keren dan menjanjikan ini banyak diincar lulusan teknik industri. Gaji yang akan anda dapatkan sebagai insinyur antariksa lebih dari 10 juta rupiah tiap bulannya.

8. Health savety environment engineer

Dalam sebuah pekerjaan di dunia industry pasti membutuhkan seorang health savety environment engineer (HSE) karena bertugas dalam prosedur kerja dan analisis lokasi yang memberikan dampak terhadap keselamatan pekerja. Gaji yang didapatkan dari profesi ini sekitar 10 juta rupiah/bulan.

Informasi diatas mengenai 8 prospek kerja teknik industri yang bisa memberikan kesejahteraan di masa depan merupakan referensi pekerjaan yang bisa anda pilih sebagai lulusan teknik industri.

Gaji yang didapatkan rata-rata berkisar antara 4 juta hingga puluhan juta rupiah. Bidang pekerjaan apa yang akan anda pilih?

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi

Tinggalkan komentar