10 Prospek Kerja Teknik Elektro Yang Menjanjikan

Prospek kerja Teknik Elektro – Pada saat ini jurusan teknik elektro menjadi salah satu jurusan yang diminati banyak orang, sebab prospek kerja teknik elektro yang dianggap menjanjikan demi kesejahteraan masa depan.

Salah satu bukti keberhasilan jurusan teknik elektro yakni  banyaknya lulusan dari yang bekerja di perusahaan swasta maupun BUMN dengan gaji tinggi.

Namun untuk bisa masuk jurusan elektro tidaklah mudah, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan optimal.

Selain itu menjadi mahasiswa yang berprestasi juga  memberikan peluang lebih untuk mendapatkan pekerjaan yang baik dan sesuai dengan keinginan.

10 Prospek Kerja Teknik Elektro Untuk Masa Depan Anda

Jurusan teknik elektro memang banyak sekali peminatnya. Hal ini dikarenakan jurusan ini akan memberikan prospek kerja yang baik. Beberapa pilihan profesi sebagai lulusan teknik elektro diantaranya yakni:

1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Merupakan salah satu perusahaan yang diincar karena menawarkan gaji yang cukup tinggi. Bidang pekerjaan yang ditawarkan antara lain pekerjaan yang berhubungan dengan energi dan telekomunikasi

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Bagi anda yang lulusan teknik elektro bisa memilih menjadi PNS khususnya di bidang sumberdaya mineral dan energi. Saat ini profesi PNS menjadi idola masyarakat karena dipandang bergengsi dan adanya tunjangan masa tua.

3. Menjadi dosen atau guru

Lulusan teknik elektro juga dapat menjadi dosen dengan pendidikan minimal lulus magister. Selain itu juga dapat menjadi guru di SMA atau SMK. Profesi ini sangat cocok untuk anda yang suka sharing dan berbagi ilmu.

4. Pegawai Swasta

Dalam perusahaan swasta banyak dibutuhkan lulusan teknik elektro khususnya akan bekerja dalam bidang pengembangan software dan hardware. Namun dalam beberapa perusahaan swasta gaji yang ditawarkan tidak terlalu tinggi

5. Bidang Telekomunikasi

Anda sebagai lulusan teknik elektro berpeluang bekerja di bidang eletronika yang meliputi instrumen dan kontrol IT. Gaji yang diterima jika anda bekerja dalam bidang ini cukup tinggi yakni kisaran 3 hingga 7 juta rupiah setiap bulan.

6. Wirausahawan

Selain bekerja di perusahaan, anda juga dapat membuka bisnis sendiri dirumah berdasarkan ilmu yang dimiliki.

Bisnis yang bisa anda dibuka sendiri seperti servis laptop dan komputer atau segala hal yang berkaitan dengan elektronik. Namun gaji yang di dapatkan pun juga tidak menentu, sesuai dari perkembangan bisnis yang dijalani.

7. Bekerja di bidang perminyakan dan pertambangan

Teknik elektro sangat dibutuhkan dalam pekerjaan bidang ini, khususnya dalam  bidang control dan instrumen engineer. Gaji yang diberikan berbeda-beda dalam setiap perusahaan tergantung dari kebijakan masing-masing

8. Software Developer

Salah satu profesi yang bisa anda pilih adalah software developer. Tugasnya adalah programming  perangkat lunak dan mengembangkan IOT (internet og things). Gaji yang akan anda terima sebagai software developer berkisar 5 juta rupiah tiap bulan.

9. Teknisi Listrik

Satu-satunya yang dapat bekerja di bidang listrik adalah lulusan teknik elektro. Sehingga peluang untuk lolos sangatlah besar dan tentunya mendapat gaji yang cukup besar. Anda bisa melamar di perusahaan swasta atau BUMN untuk menjadi teknisi listrik.

10. Manufaktur

Dalam bidang ini persaingan yang akan dihadapi cukup ketat karena tidak hanya dari lulusan teknik elektro saja yang bisa bekerja dalam bidang ini.

Salah satu pekerjaan dalam bidang ini yaitu sebagai engineering, staf produksi, teknisi, serta staf personalia. Gaji yang ditawarkan cukup tinggi namun tergantung kedudukannya.

Ulasan singkat mengenai prospek kerja teknik elektro diatas merupakan sebagian profesi yang bisa anda pilih sebagai lulusan teknik elektro.

Sepuluh bidang pekerjaan yang telah diatas dianggap menjadi profesi yang menjanjikan untuk masa depan. Profesi manakah yang paling anda inginkan?

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga:

Loading...

Tinggalkan komentar