5 Permainan Tradisional Indonesia yang Hits Pada Zamannya

Bataswaktu.com – Apakah anda masih ingat kapan terakhir kali melakukan permainan tradisional Indonesia yang menyenangkan?

Beberapa mainan seperti kelereng, bola bekel atau bentengan mungkin terdengar asing bagi para generasi milenial dan generasi Z mengingat hampir anak kecil sudah mengenal smartphone di usia mudanya.

Permainan yang ada di smartphone membuat anak-anak lupa bahwa pada zaman dahulu ada banyak sekali permainan yang jauh lebih asyik daripada hanya bermain smartphone saja.

Penasaran ada apa saja permainan zaman dahulu yang begitu hits pada masanya?

5 Permainan Tradisional Indonesia

Berikut adalah macam-macam permainan tradisional yang sangat menyenangkan pada masanya :

1. Bentengan

Bentengan atau Fort Game adalah salah satu permainan anak-anak Indonesia yang paling populer apalagi untuk kalangan anak laki-laki.

Permainan ini berfokus pada merumuskan strategi dan mengandalkan kelincahan untuk menghindari atau menangkap lawan. Permainan ini membutuhkan banyak orang sekitar 5-10 pemain.

Sayangnya bentengan sudah jarang dimainkan hari ini. Beberapa orang mengatakan bahwa bentengan ini mewakili perjuangan rakyat Indonesia ketika dahuly berperang melawan penjajah.

Di sisi lain, bentengan juga dimainkan oleh tim yang mana masing-masing tim terdiri dari empat-lima pemain. Setiap tim memiliki objeknya sendiri seperti tiang atau potongan bata yang perlu dilindungi dari lawan.

2. Bola Bekel

Anak tahun 90-an pasti tidak asing dengan permainan bole bekel. Siapa sih yang tidak mengenal permainan bola bekel yang sangat mirip dengan permainan Jacks. Ya, permainan tradisional ini biasa dimainkan oleh anak perempuan.

Namun, anak laki-laki yang juga suka memainkan bola bekel juga bisa bermain. Beberapa orang mengatakan bahwa permainan ini berasal dari Jawa Barat sementara yang lain mengatakan bahwa permainan bola bekel berasal dari Jawa Timur.

Nah, untuk memainkan game ini, anda membutuhkan bola yang disebut bola bekel dan sepuluh jack kuwuk atau kerang berukuran kecil. Game ini bisa dimainkan oleh tiga hingga lima pemain.

3. Congklak

Congklak juga merupakan permainan tradisional khas Indonesia yang sangat populer. Permainan congklak ini bisa dimainkan dengan menggunakan papan yang didesain sangat unik.

Beberapa orang mengatakan bahwa permainan ini  berasal dari orang-orang dari Timur Tengah yang datang ke Indonesia.

Menurut sejarahnya, game ini awalnya dimainkan oleh orang asing untuk tujuan perdagangan atau sebagai media untuk menikahi orang lokal. Namun kemudian congklak populer digunakan untuk permainan anak-anak Indonesia.

4. Gasing

Gasing adalah permainan yang dikenal sebagai top spinning di negara lain. Namun, top spinning khas Indonesia atau dikenal juga dengan Gasing memiliki karakteristik yang cukup unik jika dibandingkan dengan jenis permainan lainnya yang berasal dari negara lain. Game ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki.

Awalnya, game ini dimainkan dengan menggunakan telur. Namun kemudian dibuatlah gasing yang terbuat dari bambu atau kayu.

Tujuan dari game ini adalah mencari pemenang siapa yang bisa memutarkan gasing paling lama. Nah, pemain dengan gasing yang memutar paling lama, dia lah juaranya.

5. Kelereng

Kelereng dianggap sebagai salah satu jenis permainan yang paling umum dimainkan oleh anak laki-laki.

Nah, permainan kelereng di beberapa daerah juga disebut dengan gundu. Permainan ini setidaknya membutuhkan dua pemain atau lebih.

Ada berbagai jenis permainan kelereng dengan berbagai aturan berbeda yang bisa dimainkan.

Kelereng adalah jenis permainan yang dahulu sangat sering dilakukan dan mungkin masih ada beberapa anak di daerah tertentu yang masih melestarikan jenis permainan satu ini.

Wah, dengan mengetahui daftar permainan tradisional Indonesia yang hits pada masanya, apakah membuat anda menjadi rindu masa kecil anda dulu?

Tinggalkan komentar