Pengertian VPN

Deskripsi: Pengertian VPN, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerja VPN.


Apa itu VPN? Ingin tahu tentang yang membantu Anda menjalani kehidupan online yang lebih aman? Lihatlah panduan dasar kami di bawah ini dan kaitkan ke halaman yang berguna di pusat sumber daya kami. Selamat datang di semua hal Jaringan Privat Virtual.

Awalnya, VPN dibuat untuk memungkinkan bisnis mengakses jaringan internal mereka secara aman dari kantor pusat karyawan.

Namun, teknologi ini telah menyebar sejak awal, dan sekarang pengguna internet arus utama menggunakan VPN untuk mengakses multimedia dari mana saja.

Di dalam artikel ini akan membahas tentang pengertian vpn fungsi, manfaat, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian VPN

Virtual private network (VPN) adalah pemrograman yang menciptakan koneksi terenkripsi yang aman melalui jaringan yang kurang aman, seperti internet publik.

VPN menggunakan protokol tunneling untuk mengenkripsi data di ujung pengiriman dan mendekripsi di ujung penerima. Untuk memberikan keamanan tambahan, alamat jaringan asal dan penerima juga dienkripsi.

Fungsi VPN

  • VPN digunakan untuk memberikan karyawan perusahaan jarak jauh, pekerja lepas ekonomi pertunjukan, dan pelancong bisnis dengan akses ke aplikasi perangkat lunak yang dihosting di jaringan milik.
  • Aplikasi VPN sering digunakan oleh individu yang ingin melindungi transmisi data di perangkat seluler mereka atau mengunjungi situs web yang secara geografis dibatasi. Namun, akses yang aman ke jaringan atau situs web yang terisolasi melalui VPN seluler tidak boleh disamakan dengan penelusuran pribadi.

Manfaat VPN

  1. VPN Menyamarkan Alamat IP Anda untuk Memberikan Privasi.
  2. VPN Melindungi Data Pribadi Melalui Wi-Fi Publik.
  3. VPN Mengizinkan Akses ke Konten Terbatas Geo.
  4. VPN Dapat Menghindari Sensor.
  5. VPN Memungkinkan Akses ke Perjalanan yang Lebih Murah.

Cara Kerja VPN

Tunneling VPN menciptakan koneksi point-to-point yang tidak dapat di akses oleh pengguna yang tidak sah.

Untuk benar-benar membuat terowongan VPN, perangkat titik akhir harus menjalankan klien VPN (aplikasi perangkat lunak) secara lokal atau di cloud.

Klien VPN berjalan di latar belakang dan tidak terlihat oleh pengguna akhir kecuali ada masalah kinerja.

Kelebihan VPN

1. VPN Menyingkirkan Pembatasan Geo

Pembatasan geografis adalah metode kontrol konten yang digunakan oleh penyedia konten untuk memutuskan pengguna online yang mengakses platform mereka atau tidak.

Karena “geo” dalam nama mereka, sangat jelas bahwa pembatasan geografis (juga disebut blok geografis) membatasi akses ke konten berdasarkan lokasi geografis Anda.

Semua yang perlu dilakukan situs web adalah menganalisis permintaan koneksi Anda untuk mengumpulkan alamat IP Anda, rujuk silang dengan aturan kontrol kontennya, dan memberi Anda akses, atau memblokir Anda atau mengarahkan Anda ke halaman lain.

Kami tahu ini sangat menyebalkan, tetapi VPN dapat membantu Anda mem-bypass blok geo yang Anda temui.

Karena menyembunyikan alamat IP asli Anda, dan menggantinya dengan alamat server yang Anda sambungkan, situs web apa pun yang Anda akses sejak saat itu tidak akan dapat mengetahui dari mana Anda berasal.

Jadi, jika Anda ingin mengakses Pandora Radio (yang hanya berfungsi di AS), yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambung ke server VPN berbasis di AS, dan Anda akan mendapatkan akses instan.

2. VPN, Privasi Daring Anda Tidak Lagi Beresiko

Situs web mana pun dapat melihat alamat IP Anda yang sebenarnya, sangat jelas bahwa hampir semua orang juga dapat melihatnya ketika Anda berada di Internet.

Itu mungkin tidak terlalu banyak, tetapi sayangnya orang-orang dapat mempelajari banyak hal tentang Anda hanya dari alamat IP Anda.

  1. Negara tempat Anda tinggal
  2. Anda berasal dari kota mana
  3. Siapa ISP Anda
  4. Bahkan berpotensi apa kode pos Anda

Saat Anda online, lalu lintas Internet Anda juga tidak aman. Jadi, siapa pun dapat memantaunya jika mereka ingin melihat apa yang Anda lakukan di web.

Misalnya, ISP atau pemerintah Anda dapat mengintip lalu lintas online Anda untuk melihat situs web apa yang Anda akses atau apa yang Anda lihat di Internet.

Anda mungkin mulai khawatir sekarang, tapi – untungnya – Anda bisa tenang. Salah satu manfaat VPN utama adalah dapat membantu Anda melindungi privasi online Anda dari semua ancaman itu. Bagaimana?

Dengan menutupi alamat IP Anda untuk menyembunyikan jejak digital Anda, dan dengan mengenkripsi lalu lintas Internet Anda untuk memastikan tidak ada yang bisa memantaunya.

3. VPN Melindungi Anda dari Penjahat Dunia Maya

Penjahat dunia maya menjadi semakin pintar dari hari ke hari. Mereka tidak hanya dapat mengetahui pada koneksi WiFi Anda jika jaringan tidak diamankan dengan baik.

Tetapi mereka bahkan dapat menipu jaringan WiFi (pada dasarnya membuat jaringan palsu), dan menipu Anda agar terhubung ke mereka.

Sayangnya, bahkan jaringan yang tidak aman sangat aman saat ini karena WPA2 sebenarnya rentan terhadap serangan cyber tertentu.

Bahwa setiap kali Anda mencoba menggunakan WiFi publik untuk memeriksa berita, rekening bank Anda, atau profil media sosial Anda, seorang peretas dapat memantau semua komunikasi online Anda, dan mencuri data sensitif seperti:

  1. Detail rekening bank Anda
  2. Nomor kartu kredit Anda
  3. Berbagai kredensial masuk
  4. Anda Nomor Jaminan Sosial

Nah, kabar baiknya adalah bahwa menggunakan VPN dapat membantu Anda mengamankan koneksi dengan benar. Bahkan jika Anda menggunakan jaringan WiFi palsu atau tidak aman.

Pada dasarnya, lalu lintas web Anda akan sepenuhnya dienkripsi. Jika ada yang akan mencoba mengetahui koneksi Anda, mereka hanya akan melihat omong kosong dan tidak lebih.

Kekurangan VPN

1. VPN Terbaik Tidak Gratis

Sementara layanan VPN dapat menawarkan banyak fasilitas, mereka akan dikenakan biaya. Beberapa layanan mungkin membuat Anda kembali hingga $ 10- $ 12 / bulan, yang dapat dengan mudah berarti lebih dari $ 100 per tahun.

Bagi sebagian orang, itu mungkin tidak banyak, tetapi bagi orang lain, itu bisa menjadi biaya yang cukup tinggi.

2. Menggunakan VPN Mungkin Turunkan Kecepatan Koneksi Anda

Anda mungkin pernah mendengar ini hanya mitos, tetapi sebenarnya tidak. Sebenarnya ini adalah salah satu kelemahan utama dari layanan VPN yang bermasalah dengan orang.

Meskipun tidak terjadi 100% setiap kali Anda menggunakan VPN untuk mengakses web, terkadang kecepatan daring Anda kadang kena. Biasanya, itu terjadi karena:

3. Beberapa VPN Mencatat Data Pengguna

Sayangnya, beberapa penyedia VPN cenderung mencatat data pengguna – biasanya informasi tentang koneksi mereka.

Tetapi terkadang informasi pribadi juga dapat disimpan. Sebagian besar waktu, penyedia melakukan itu untuk mematuhi hukum negara mereka.

Meskipun hal itu dapat dimengerti, VPN yang mencatat data Anda cukup banyak mengalahkan ide untuk menggunakan VPN.

Itulah pembahasan tentang pengertian, fungsi, manfaat, cara kerja, kelebihan dan kekurangan VPN. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan Anda untuk semakin mengetahui apa itu VPN.

Baca juga: Pengertian Bandwidth

Loading...

Tinggalkan komentar