Pengertian Psikologi Industri Dan Organisasi Beserta Ruang Lingkupnya

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi – Bidang keilmuan psikologi mencakup beberapa cabang ilmu lain yang dikembangkan sesuai perkembangan zaman. Adanya perkembangan cabang ilmu tersebut karena adanya pendirian laboratorium psikologi di University of Leipzing Jerman.

Salah satu cabang ilmu psikologi yang menarik untuk dibahas adalah pengertian psikologi industri dan organisasi juga ruang lingkupnya.

Sebelum membahas mengenai pengertian psikologi industri dan organisasi, anda perlu memahami terlebih dahulu mengenai pengertian umum psikologi.

Psikologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang membahas tentang perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Sedangkan psikologi industri dan organisasi (PIO) merupakan cabang ilmu psikologi yang berkaitan dengan dunia kerja dan organisasi.

Bagaimana Pengertian Psikologi Industri Dan Organisasi Oleh Para Pakar?

1. Guion

Dalam salah satu bukunya disebutkan bahwa psikologi industri dan organisasi merupakan ilmu yang mempelajari antara dunia kerja dengan pekerjanya.

Beliau juga menjelaskan tentang hal apa saja yang mempengaruhi kesuksesan dalam berkarir berdasarkan kondisi psikis seseorang.

2. Blum And Naylor

Psikologi industri dan organisasi menurut Blum And Naylor merupakan aplikasi dari sebuah fakta dan prinsip psikologi yang ada didalam dunia industri dan bisnis.

Ilmu ini sangat penting dimiliki oleh seorang pekerja atau perusahaan agar bisnis berjalan lancar.

3. Munsterberg

Pakar lain bernama Munsterberg menyebutkan bahwa psikologi industri dan organisasi adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari segala macam perilaku manusia di tempat kerja.

Hal yang terkandung dalam salah satu cabang ilmu psikologi ini sangat kompleks dan rinci.

4. S Munandar

A.S Munandar juga memberikan pendapatnya mengenai pengertian psikologi industri dan organisasi yakni segala perilaku manusia yang berkaitan dengan peran seorang pekerja sekaligus sebagai konsumen perorangan atau kelompok.

5. Miner

Miner juga menyampaikan pendapatnya mengenai pengertian PIO yakni sebuah aplikasi yang didapatkan dari hasil penelitian dan teori yang ada untuk mempelajari masalah manusia di sebuah organisasi beserta segala hal yang memuat penggunaan SDM.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Interpersonal

Ruang Lingkup Psikologi Industri dan Organisasi

Ruang lingkup untuk ilmu psikologi industri dan organisasi dibagi menjadi 4 bagian yakni: sebagai ilmu, mempelajari perilaku manusia, sebagai pekerja dan konsumen, serta secara perorangan dan kelompok.

Ruang lingkup sebagai ilmu ditunjukkan dengan kedudukan psikologi industri dan organisasi yang berdiri sendiri dan bisa dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman.

Ruang lingkup psikologi Iindustri dan organisasi dalam mempelajari perilaku manusia mencakup segala perilaku yang dapat diamati maupun tidak dalam dunia kerja.

Yang bisa diamati misalnya seperti tulisan, cara berjalan, duduk hingga cara berbicara. Sedangkan untuk hal yang tidak bisa diamati seperti kepuasan bekerja, ketepatan dalam memahani tugas hingga motivasi bekerja.

Ruang lingkup ketiga psikologi Iindustri dan organisasi adalah sebagai pekerja dan konsumen mencakup tentang peran manusia sebagai pekerja sekaligus konsumen.

Hal yang dipelajari meliputi interaksi dengan lingkungan pekerjaan hingga sikap saat menjadi pembeli dan konsumen produk.

Ruang lingkup yang keempat psikologi Iindustri dan organisasi adalah perannya dalam secara perorangan dan kelompok.

Dalam hal ini unit kerja dalam sebuah pekerjaan dimulai dari unit terkecil hingga terbesar sehingga diperlukan sebuah ilmu yang dapat mengetahui hubungan masing-masing individu hingga kelompok agar diketahui dampak yang ditimbulkan.

Berdasarkan informasi diatas mengenai pengertian beserta ruang lingkup PIO menerangkan bahwa pentingnya belajar ilmu psikologi industri dan organisasi khususnya yang bekerja di bagian human resource karena harus mengelola SDM dengan baik.

Selain itu, sebagai pekerja juga bisa mempelajarinya karena untuk self control agar bisa bekerja secara maksimal.

Baca juga: Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Tinggalkan komentar