Pengertian Penginderaan Jauh Beserta Manfaat Pentingnya

Apabila anda pernah mempelajari salah satu bidang keilmuan sains yang sangat penting, yakni Geografi tentu sedikit mengenal tentang penginderaan jauh.

Apabila menjadi sebuah sistem maka sebutannya lebih dikenal dengan sistem penginderaan jauh. Ilmu tersebut tidak mudah untuk dipraktikkan secara nyata jika anda memahami pengertian penginderaan jauh berikut.

Pengertian Penginderaan Jauh

Ada beragam pengertian penginderaan jauh jika merujuk dari para ahli sehingga cukup pahami definisinya secara umum saja.

Sistem penginderaan jauh ini berkaitan dengan teknologi modern yang sering digabungkan dengan Sistem Informasi Geografis atau SIG. Teknologi tersebut menciptakan banyak fungsi dan manfaat berkaitan dengan bidang secara geografis.

Penginderaan jauh seringkali disebut secara singkat sebagai sistem Inderaja, yakni ilmu yang berisi tentang seni dan teknik dengan tujuan memperoleh berbagai informasi objek.

Informasi tentang objek tersebut berkaitan dengan seluruh fenomena alam atau geofisik dan kondisi suatu daerah yang dilihat melalui sebuah analisis data, yang berasal dari hasil citra satelit.

5 Manfaat Penting Penginderaan Jauh

Sistem penginderaan jauh memiliki banyak manfaat yang dapat diterapkan di segala bidang kehidupan. Setiap aspek bahkan bisa memperoleh sejumlah manfaat penting dari sistem inderaja. Beberapa di antaranya disebutkan pada kelima bidang di bawah ini.

1. Geodesi

Geodesi merupakan bidang ilmu yang bertujuan untuk melakukan perhitungan pada berbagai kondisi permukaan bumi. Sistem Inderaja pada aspek ini digunakan dengan memadukan bersamaan sistem informasi geografis.

Fungsinya antara lain dapat dijgunakan untuk menganalisis citra bumi secara digital. Kemudian membuat data kontur setiap wilayah, mengambil fotogrametri, merencanakan pembuatan bangunan, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Perencanaan Wilayah

Untuk membuat desain suatu wilayah di masa depan, anda terlebih dulu permu melihat kondisi permukaan bumi secara detail. Apakah suatu wilayah dapat dijadikan sebagai daerah pemukiman, atau dialihfungsikan ke hal lain yang lebih tepat.

Agar dapat mengetahui kondisi muka bumi anda bisa menggunakan Inderaja sekaligus untuk merencanakan pembangunan di suatu wilayah secara tepat. Ini juga menghindari risiko yang akan dihadapi di suatu wilayah dengan kondisi tertentu.

3. Hidrologi

Selain daratan, sistem Inderaja juga dapat digunakan untuk menghasilkan citra yang berasal dari wilayah laut. Inderaja sangat bermanfaat untuk menganalisis segala aspek yang berkaitan dengan kondisi spasial.

Misalnya untuk menyusul permodelan yang tepat berkaitan dengan DAS serta berguna untuk dijadikan sebagai alat analisis SWAT.

4. Kehutanan

Bidang kehutanan juga sangat membutuhkan teknologi canggih seperti sistem Inderaja untuk menganalisis kondisi seluruh wilayah perhutanan.

Sistem tersebut dapat dijadikan sebagai alat ukur luas wilayah hutan yang tersisa di Indonesia. Serta mengkategorikannya sesuai dengan beberapa fungsi dan jenis hutan.

Pengawasan dan perlindungan hutan dapat dipastikan memerlukan sistem Inderaja sebagai alat untuk memperoleh data. Teknik ini pun telah diterapkan oleh banyak LSM yang peduli tentang isu kehutanan.

5. Meteorologi dan Klimatologi

Bidang terakhir yang sangat membutuhkan teknologi dari sistem Inderaja adalah meteorologi dan Klimatologi. Inderaja sangat berguna untuk menghasilkan data tentang iklim dan cuaca di angkasa.

Data tersebut nantinya merepresentasikan beberapa hal, seperti prakiraan cuaca, kondisi iklim di berbagai wilayah, dan peringatan bencana alam.

Apabila anda telah memahami dengan baik penjelasan tentang pengertian penginderaan jauh di atas tentu mudah untuk mengetahui fungsi sekaligus manfaatnya di bidang kehidupan.

Setelah memahaminya, anda bisa mempraktikkannya secara nyata di bidang pekerjaan yang sedang anda tekuni.

Loading...

Tinggalkan komentar