Pengertian Pancasila, Sejarah, Beserta Fungsinya

Dasar negara Indonesia yakni pancasila tentu harus diketahui oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk tentang dasar pengertian pancasila.

Selain pengertian, ada berbagai hal penting lainnya yang juga harus anda pelajari dan pahami sebagai warga negara. Di sini anda bisa memperoleh pengetahuan dan wawasan rinci tentang pancasila dengan penjelasan singkat.

Pengertian Pancasila

Pengertian pancasila ini lahir dari sejarah dicetuskannya kelima dasar negara itu sendiri, yakni secara umum dapat diketahui sebagai dasar negara Indonesia.

Secara lebih rinci, pancasila juga dapat dipahami sebagai ideologi dan landasan yang digunakan oleh segenap bangsa dan negara untuk menjalankan suatu kehidupan sesuai dengan tata aturan yang berlaku.

Sejarah Singkat Pancasila

Apabila anda hendak mengetahui sejarah kemunculan pancasila sebenarnya cukup panjang.

Sebutan tersebut muncul sejak masa pemerintahan kerajaan Sriwijaya dan Majapahit tentang istilah pancasila yang berasal dari kitab Sutasoma karangan Empu Tantular.

Arti dari kata pancasila sendiri yakni batu sendi yang terdiri dari lima asas atau kesusilaan yang ada lima.

Selain dari kitab Sutasoma, kata pancasila juga telah ditemukan di dalam kitab agama Budha dengan tulisan Bahasa Pali dituliskan sebagai Panca Shila.

Sebuah kesatuan ajaran moral mendasar yang harus diikuti oleh para pemeluk agama Budha Sidharta Gautama.

5 Fungsi Penting Pancasila

Untuk mengetahui beragamnya fungsi pancasila , anda juga perlu memahami kedudukannya. Seperti dipahami sebagai dasar negara, pandangan hidup, dan falsafah negara. Berikut beberapa fungsi pancasila dalam kedudukan sebagai dasar negara.

1. Pandangan Hidup Bangsa

Fungsi pertama sebagai pandangan hidup bangsa artinya dijadikan sebagai pedoman seluruh rakyat dan bangsa di Indonesia untuk menjalani kehidupan harian mereka.

Dari fungsi ini, masyarakat yang menjadikan pedoman dari pancasila dapat hidup rukun antar warga dalam satu kesatuan.

2. Dasar Negara Kesatuan NKRI

Sebagai dasar negara, pancasila harus dijadigan untuk filosofi sekaligus falsafah dalam menentukan arah kehidupan suatu bangsa dan negara.

Pancasila juga digunakan sebagai dasar untuk mengatur segala kehidupan berbangsa sekaligus bernegara. Pengaturan tersebut didasarkan dari landasan sila-sila yang tercantum di dalam pancasila tersebut.

3. Kepribadian Bangsa

Fungsi pancasila sebagai kepribadian bangsa dapat digambarkan para perilaku setiap individu yang menjadi bagian dari warga negara dan bangsa Indonesia.

Dalam berperilaku, setiap warga harus taat dan memiliki ciri khas masing-masing selama menjalani kehidupan di Indonesia. Kepribadian ini tidak dapat disamakan dengan seluruh bangsa lain di dunia.

4. Sumber dari Segala Sumber Hukum

Fungsi terakhir dari pancasila yakni sebagai dasar atau sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Selama membuat sebuah peraturan selalu dilakukan dengan memperhatikan dan mempertimbangkan nilai-nilai yang ada dalam tiap sila pancasila.

Posisi pancasila di sini juga sebagai citacita hukum berkaitan dengan bentuk, sifat, sekaligus tujuan dari NKRI.

5. Jiwa Bangsa Indoenesia

Hal ini sesuai dengan teori yang disampaikan oleh Von Savigny yang menyatakan bahwa setiap bangsa selalu memiliki jiwa khasnya masing-masing.

Begitupun dengan pancasila yang menjadi jiwa bangsa sehingga rakyatnya merasa terjalin dalam suatu kesatuan. Setiap warga negara dapat meresapi dan menjiwai nilai pancasila lewat praktik secara nyata.

Seluruh penjelasan di atas sifatnya sangat penting untuk anda pelajari dan pahami, serta berguna sebagai referensi bagi Anda untuk mengingat pentingnya pengertian pancasila.

Penjelasan tersebut memang cukup singkat, tetapi mengandung wawasan sangat penting bagi Anda untuk membaca sekaligus mempelajarinya secara mendalam.

Tinggalkan komentar