Fungsi, Unsur, dan Pengertian Negara

Selama ini sebagian besar orang-orang berbicara berbagai hal tentang negara, tetapi tidak benar-benar mengetahui makna dasar atau sekedar tentang pengertian negara.

Negara bukan hanya soal wilayah saja, tetapi ada banyak sekali hal yang membentuk menjadi satu kesatuan untuk dapat dikatakan sebagai negara. Anda juga perlu memahami pengertian dasarnya berikut.

Pengertian Negara

Apabila anda merujuk pada pengertian negara menurut para ahli, maka sangatlah banyak yang bisa ditemukan.

Secara umum negara dapat dipahami sebagai suatu oranganisasi atau badan di posisi paling tinggi sebagai pemegang wewenang untuk mengatur segala kepentingan rakyat secara luas.

Tetapi juga memegang tanggung jawab dan kewajiban besar untuk melindungi, mencerdaskan, dan mensejahterakan mereka.

4 Fungsi Negara

Ada banyak hal yang perlu anda pahami berkaitan dengan negara, karena hal ini tidaklah sepele. Berikut adalah keempat fungsi dasar penting yang dimiliki oleh negara.

1. Fungsi Kemanan dan Pertahanan

Fungsi pertama yang sangat penting dari sebuah negara adalah sebagai pengaman sekaligus penjaga pertahanan.

Contoh dari pemegang fungsi ini adalah TNI karena memiliki kewajiban untuk menjaga segala ancaman dan hambatan baik internal maupun eksternal.

2. Keadilan

Kewajiban negara selanjutnya yakni menjalankan fungsi keadilan untuk tidak melakukan diskriminasi pada setiap warga negara. Serta menentukan keputusan secara adil tidak timpang sebelah.

3. Pengaturan

Negara juga wajib untuk berlaku secara adil di muka hukum tanpa memutuskan segala perkara secara sepihak. Negara harus mematuhi dan menjalankan segala hal sesuai peraturan hukum perundang-undangan yang berlaku.

4. Kesejahteraan dan Kemakmuran

Kewajiban terakhir yakni memberikan seluruh rakyatnya kesejahteraan dan kemakmuran. Serta mencerdaskan segala kehidupan rakyat secara menyeluruh.

Baca juga: pengertian Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia

4 Unsur Negara

Selain fungsi dan pengertian, anda juga harus mengetahui beberapa unsur penting dari sebuah negara. Ada 4 unsur dasar dari sebuah kesatuan agar dapat disebut sebagai negara yang utuh seperti yang disebutkan sebagai berikut.

1. Penduduk

Sebuah kesatuan bisa dikatakan sebagai negara jika memiliki unsur paling penting yakni penduduk di dalamnya yang bertempat tinggal.

Mereka harus mempunyai kesepakatan untuk menjadi warga negara dan bersatu. Penduduk memiliki pengertian yang berbeda dengan warga negara.

2. Wilayah

Unsur kedua dari negara adalah wilayah, sebagai tempat tinggal yang dihuni dan ditempati oleh para penduduk.

Wilayah merupakan sebuah daerah dengan batas tertentu yang dijadikan sebagai wilayah teritorial di bawah kedaulatan suatu negara. Ada tiga bagian yang tergolong sebagai wilayah, yakni air, darat, dan laut.

3. Pemerintahan Berdaulat

Sebagai pemegang wewenang untuk membuat segala pengaturan, pemerintahan memiliki peran penting di sini.

Mereka menjadi golongan yang menjalankan sebuah keteraturan negara sesuai dengan sistem pemerintahan yang dianut. Misalnya demokrasi, maka pemerintahan haruslah tunduk kepada rakyat.

4. Pengakuan dari Negara Lain

Unsur terakhir yang juga memiliki kekuatan penting bagi sebuah organisasi kesatuan dapat disebut sebagai negara adalah dengan adanya pengakuan dari negara lain.

Negara yang utuh dan sempurna harus mempunyai unsur ini karena berfungsi untuk mencegah berbagai hal negatif, termasuk adanya campur tangan negara lain.

Pengetahuan dan wawasan penting berkaitan dengan negara di atas sebenarnya harus anda ketahui sejak di sekolah dasar.

Hal ini sangat penting untuk menanamkan pemahaman paling mendasar tentang negara yang dijadikan sebagai tempat tinggal anda sendiri. Selanjutnya anda dapat mendalami dan memperoleh definisi paling tepat tentang negara utuh dari pemikiran Anda

Tinggalkan komentar