Pengertian Bangsa, Unsur, dan Faktor Penting Pembentuknya

Ada sebagian kecil orang yang kebingungan antara pengertian bangsa dan negara, karena keduanya memiliki kaitan yang sangat erat.

Meskipun berkaitan, keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam banyak hal. Untuk memahami secara detail tentang perbedaan mendasar kedua hal tersebut Anda perlu mengetahui unsur sekaligus faktor pembentuk bangsa.

Pengertian Bangsa

Bangsa dapat didefinisikan secara berbeda jika anda memiliki rujukan dari berbagai ahli yang memiliki teorinya masing-masing.

Namun secara umum, bangsa juga memiliki pengertian tunggal yang dapat dipahami secara luas.

Pengertiannya yakni sekelompok orang dengan kesamaan sejarah dan keinginan serta kehendak bersatu, meski memiliki perbedaan SARA .

Unsur-Unsur Bangsa

Bangsa tidak dapat terbentuk begitu saja tanpa faktor dan proses yang cukup panjang hingga akhirnya mampu bersatu. Ada beberapa unsur yang menjadi pembentuk suatu bangsa, beberapa di antaranya sebagai berikut.

1. Sekelompok Orang di Suatu Wilayah

Unsur pertama pembentuk negara yakni dilihat dari segi geografis tempat berkumpulnya sekelompok orang tertentu.

Mereka merasa bahwa sedang berada di satu wilayah yang sama dengan orang lainnya dan melakukan interaksi sosial.

2. Kesamaan Bahasa dan Sejarah

Kesamaan bahasa secara umum serta sejarah yang dialami oleh sekelompok manusia di suatu wilayah juga menjadi unsur pembentu bangsa.

Hal ini dijadikan sebagai karakter unik dari suatu bangsa untuk dibedakan dengan berbagai bangsa lainnya di dunia.

3. Kehendak Membangun Pemerintahan

Sekelompok orang yang memiliki persamaan sejarah, budaya, bahasa secara umum dan dapat saling berkomunikasi tersebut memiliki keinginan untuk bersatu.

Pencapaian puncak dari kehendak bersatu tersebut yakni membangun pemerintahan dengan wewenang mengatur wilayah kekuasaan mereka.

4. Unsur Psikologis

Terakhir yakni unsur psikologis yang membuat sekelompok manusia tersebut merasa bahwa mereka senasib, sama-sama dijajah oleh bangsa Barat.

Serta memiliki karakter yang cenderung mirip satu sama lain sehingga berkinginan untuk bersama-sama membangun bangsa yang utuh.

Faktor Penting Pembentuk Bangsa

Perbedaan secara jelas dari negara dan bangsa sebenarnya cukup bisa dilihat dari pengertian bangsa umum dan khusus suatu bangsa.

Tetapi untuk memperkuat hal tersebut, dibutuhkan penjelasan tentang unsur sekaligus faktor pembentuknya, seperti pada beberapa poin berikut ini.

1. Sejarah

Seperti yang disebutkan pada sedikit penjelasan sebelumnya, bahwa sejarah adalah penentu penting dari benih terbentuknya suatu bangsa.

Adanya kesamaan sejarah di masa lampau yang dialami oleh sekelompok orang di berbagai wilayah dapat menjadi faktor utama. Mereka akhirnya memiliki keinginan untuk hidup bersatu dan membangun sebuah bangsa.

2. Primordial

Adanya pandangan tentang berbagai kepercayaan, adat, dan tradisi yang dipegang teguh sejak kecil di suatu lingkungan akan memberikan ikatan satu sama lain.

Antar kelompok yang memiliki rasa primordial dalam dirinya dapat berkeinginan untuk membentuk satu kesatuan.

3. Perkembangan Ekonomi

Kebutuhan masyarakat di bidang ekonomi juga menjadi salah satu penentu bagi setiap kelompok untuk bergantung satu sama lain.

Hal inilah yang menjadikan mereka melakukan kerjasama dan membentuk suatu bangsa untuk saling memenuhi kebutuhan.

4. Tokoh

Beberapa orang tokoh yang mewakili setiap kelompok suku atau ras yang berbeda memberikan pengaruh yang penting untuk menjalin interaksi.

Mereka dapat memperkuat rasa kesatuan agar seluruh kelompok dapat membanun suatu bangsa yang utuh meski berbeda ragamnya.

Berbagai penjelasan penting yang rinci dan lengkap di atas bisa memberikan anda wawasan tentang bangsa secara umum.

Dari sini anda juga bisa menemukan perbedaan yang cukup mendasar dari istilah negara dan bangsa yang selalu berkaitan.

Tinggalkan komentar