Pengertian Bandwidth

Anda mungkin sebelumnya sudah pernah mendengar tentang bandwidth. Namun, beberapa ada yang belum mengetahui tentang bandwidth.

Bandwidth adalah istilah yang dipakai merujuk pada nilai konsumsi pada transfer data. Untuk jumlah data yang ditransfer dari satu tempat ke tempat lainnya dalam waktu yang tertentu.

Jaringan bisnis saat ini adalah digital, rumit dan terdistribusi. Mereka menuntut lebih banyak bandwidth daripada pikiran analog dari dekade lalu yang dibayangkan.

Dalam artikel ini, akan dibahas pengertian bandwidth, fungsi, jenis, dan juga cara kerjanya.

Pengertian Bandwidth

Bandwidth adalah istilah luas yang didefinisikan sebagai ukuran laju bit dari kapasitas transmisi melalui sistem komunikasi jaringan. Bandwidth juga digambarkan sebagai daya dukung saluran atau kecepatan transfer data saluran itu.

Namun, didefinisikan secara luas, bandwidth adalah kapasitas jaringan. Bandwidth ada di dalam jaringan komunikasi nirkabel.atau fisik.

Fungsi Bandwidth

Untuk membantu Anda memahami cara kerjanya, pikirkan bagaimana air mengalir melalui pipa. Pipa yang lebih besar dapat menghasilkan lebih banyak air, sementara pipa yang lebih kecil menghasilkan jumlah yang lebih sedikit.

Dalam hal ini, lebih banyak bandwidth sama dengan lebih banyak data yang dapat dikirim pada waktu tertentu. Konsumen membayar untuk layanan yang mereka dapatkan.

Semakin tinggi kapasitas penyedia layanan, semakin mahal biayanya. Sementara Anda dapat membayar untuk yang terbaik, bandwidth maksimum yang Anda dapat masih bervariasi dari tempat Anda berada di dunia.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja jaringan Anda dan kapasitas maksimum koneksi Anda hanya salah satunya.

Karena sebagian besar aplikasi memerlukan jumlah bandwidth yang berbeda, semuanya dapat dilayani tergantung pada alokasi.

Koneksi yang membutuhkan kapasitas maksimum akan berjalan dengan lancar, sedangkan koneksi dengan alokasi bandwidth terendah, sering disebut sebagai bottleneck, akan membatasi kapasitas data keseluruhan di jalur.

Jenis Bandwidth

Bandwidth dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bandwidth analog dan bandwidth digital. Adapun penjelasan ringkas mengenai jenis bandwidth adalah sebagai berikut:

1. Bandwidth Analog adalah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz/ Hz yang dapat menentukan banyaknya data atau informasi yang bisa ditransmisikan dalam suatu waktu.

2. Bandwidth Digital adalah volume maupun jumlah suatu data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa ada distorsi. Dinyatakan dalam satuan bps atau bit per second).

Cara Kerja Bandwidth

Analogi Bandwidth
image via https://wabash.com/

Pertama, bandwidth diukur dalam bit. Perhatikan bahwa bit berbeda dari byte, ukuran umum untuk ukuran file. Satu byte sama dengan delapan bit, jadi 1 megabyte (MB) sama dengan 8 megabit (Mb).

Semakin banyak bit, semakin banyak bandwidth yang Anda miliki. Di Wabash, kecepatan kami diukur dalam megabit per detik (Mbps). Kami juga menawarkan paket super cepat yang setara dengan 1.000 megabit, yang kami sebut Gig.

Kedua, ketahuilah bahwa bandwidth adalah jumlah data (Mbps) yang dapat diterima (diunduh) atau dikirim (diunggah).

Semakin banyak bandwidth yang Anda miliki, semakin cepat internet yang akan Anda terlihat karena dapat mengirim dan menerima lebih banyak data sekaligus.

Demikianlah pembahasan artikel kali ini yaitu tentang pengertian bandwidth, fungsi, jenis, dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga semakin menambah wawasan Anda tentang apa itu Banwidth.

Loading...

Tinggalkan komentar