Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma – Sebagian besar dari anda secara umum tentu mengetahui bahwa algoritma adalah bagian dari cabang ilmu Matematika berkaitan dengan perhitungan susunan angka.

Algoritma memiliki banyak manfaat yang ternyata sangat berguna di berbagai aspek kehidupan. Namun untuk memanfaatkan perlu diketahui terlebih pengertian alogoritma secara detail sekaligus rinci.

Pengertian Algoritma

Ada berbagai ahli yang mengemukakan tentang definisi algoritma, yang mungkin sebagian besar tidak anda ketahui.

Namun, yang terpenting anda memahami pengertian algoritma secara umum saja, yakni sebuah rangkaian aturan dalam suatu perhitungan secara logis dan matematis. Algoritma dapat dijadikan landasan operasi pemecahan masalah di bidang teknologi.

3 Struktur Dasar Algoritma

Beberapa orang yang sangat ahli dalam mengotak-atik algoritma biasanya mampu melakukan pada kombinasi penemuan tertentu.

Di bidang ilmu komputer, para ahli tersebut seringkali menguasai ilmu pemrograman. Sebelumnya harus memahami struktur algoritma terlebih dahulu seperti berikut ini.

1. Runtutan atau Struktur Sekunsial

Struktur ini merupakan bagian paling dasar dari algoritma yang berisi tentang satu atau sejumlah instruksi. Di setiap instruksi dapat dikerjakan sesuai dengan urutan yang ditentukan pada penulisan sistem algoritma.

Anda baru bisa mengerjakan instruksi selanjutnya setelah instruksi sebelumnya diselesaikan secara keseluruhan.

2. Seleksi atau Struktur Pemilihan

Struktur seleksi atau pemilihan ini cukup panjang karena sebuah langkah dipilih dan ditentukan berdasarkan kondisi keputusan yang telah diambil.

Anda dapat melihat struktur tersebut melalui bagan flowchart decision yang berbentuk wajik. Ada beberapa instruksi pada struktur pemilihan antara lain.

  • Instruksi Switch

Pada instruksi ini perhitungan algoritma dapat digunakan sebagai opsi untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada perbandingan nilai sama dengan = =.

  • Instruksi IF

Instruksi IF berfungsi atau cocok jika digunakan saat melakukan pengambilan keputusan yang didasarkan pada perbandingan nilai di operator <, <=, >, >=. Instruksi IF memiliki beberapa bentuk, yakni beberapa buah pernyataan IF sederhana. Kemudian pernyataan IF-Else, dan pernyataan IF bertingkat.

3. Struktur Pengulangan

Pada sruktur pengulangan perintah diberikan selama beberapa kali untuk melakukan tindakan tepat selama berulang kali.

Misalnya ketika anda sedang mempelajari untuk menulis huruf B, maka dibutuhkan pengulangan selama beberapa kali agar benar-benar mahir. Begitupun pada struktur ini, dan pengulangan harus dilakukan selama sepuluh kali.

Ciri-Ciri Algoritma

Untuk memanfaatkan fungsi algoritma dengan tepat, anda juga perlu menguasai ciri-ciri algoritma yang cukup khas dibandingkan dengan teknik atau metode lainnya. Berikut beberapa ciri khas dari algoritma.

  • Ketika fungsi algoritma telah berhasil menyelesaikan suatu langkah dengan sifat yang terbatas, maka harus berhenti.
  • Masukan pada algoritma yakni nol atau lebih.
  • Sifat yang harus dimiliki algoritma yakni efektif, dimaksudkan untuk memudahkan setiap langkah menjadi lebih sederhana. Agar dapat diaplikasikan dan dikerjakan selama kurun waktu yang cukup singkat.
  • Keluaran algoritma adalah nol atau lebih.
  • Seluruh langkah yang tersusun masing-masing harus memiliki definisi yang tepat, tunggal makna, tidak multitafsir atau ambigu.
  • Algoritma selalu memiliki awalan serta akhiran.

Contoh Algoritma Sederhana dalam Kehidupan Harian

Anda bisa menerapkan algoritma dengan urutan langkah aktivitas sederhana berikut.

  1. Mempersiapkan sebuah amplop dengan kertas
  2. Kemudian menyiapkan peralatan seperti pena.
  3. Menulis di kertas dan amplop.
  4. Melipat kertas dan memasukkannya ke amplop.
  5. Mengirimkan surat ke tujuan lewat kantor pos.

Seluruh ilmu dan pengetahuan seputar algoritma di atas merupakan hal mendasar yang paling penting untuk anda pelajari jika ingin memanfaatkannya.

Apabila anda telah memahaminya, maka dapat mempraktikkannya secara nyata di bidang pekerjaan anda.

Baca juga: Mata Kuliah Teknik Informatika

Tinggalkan komentar