Mengenal Mata Kuliah Teknik Informatika Yang Harus Anda Ketahui

Dalam jenjang pendidikan perguruan tinggi tentunya sangat berbeda dengan jenjang sekolah menengah. Materi yang disampaikan lebih banyak dan detail karena dituntut untuk menguasai bidang tertentu secara optimal.

Bagi anda yang sedang berkuliah di bidang ilmu teknik informatika, mata kuliah apa saja yang didapatkan? Berikut ulasan mengenai mata kuliah teknik informatika yang harus dikuasai!

Dalam setiap jurusan atau prodi di perguruan tinggi biasanya menggunakan sistem kredit semester atau sks yang dimuat dalam setiap mata kuliah, termasuk juga dalam mata kuliah di jurusan teknik informatika.

Ada beberapa mata kuliah yang wajib dikuasai dan ada pula yang menjadi konsentrasi ilmu yang bisa dipiih sesuai dengan keinginan mahasiswa. Apa sajakah itu?

Mata Kuliah Teknik Informatika Dasar

Mata kuliah dasar merupakan fondasi dalam sebuah bidang keilmuan. Mata kuliah dasar dalam jurusan teknik informatika meliputi beberapa materi yakni struktur data, algoritma dan pemrograman, pengantar teknologi informasi, jaringan komputer, multimedia dan organisasi komputer.

6 mata kuliah ini harus dikuasai dasar ilmu untuk melanjutkan mata kuliah yang lain.

6 mata kuliah dasar dalam teknik informatika berisi mengenai teori yang disertai dengan praktikum sehingga akan membuat skill anda lebih terasah dan terarah.

Diantaranya 6 mata kuliah dasar, struktur data merupakan mata kuliah terpenting karena dalam dunia kerja pasti lebih membutuhkan pengetahuan dan skill pada bidang ini.

Mata Kuliah Wajib Jurusan Teknik Informatika

Mata kuliah wajib jurusan teknik informatika bergantung dari database yang akan digunakan. Biasanya masing-masing perguruan tinggi memiliki fokus mata kuliah yang berbeda sesuai dengan tujuan dan output yang ingin dihasilkan.

Namun, pada umumnya ada 12 mata kuliah yang masuk kedalam mata kuliah wajib di setiap perguruan tinggi yakni:

  1. Sistem operasi
  2. Basis data
  3. Jaringan komputer
  4. Analisis dan desain orientasi objek
  5. Sistem berkas
  6. Grafika komputer
  7. Pemrograman bahasa X
  8. Arsitektur komputer
  9. User interface design
  10. Rekayasa perangkat lunak
  11. Pemrograman jaringan
  12. Pemrograman web

Pada setiap mata kuliah wajib diatas juga memiliki fokus materi sendiri dengan tingkat kesulitan masing-masing. Anda harus mempelajarinya dengan sungguh-sungguh agar ilmu yang diserap bisa maksimal.

Misalnya saja dalam mata kuliah arsitektur komputer memuat tentang berbagai macam desain dan cara kerja prosesor yang berbeda dan harus anda ketahui secara menyeluruh.

Lain halnya dengan mata kuliah basis data yang memuat tentang basis data dasar, database no SQL, perancangan basis data, database lanjutan, enterprise database dan beberapa materi lain yang disesuaikan oleh kampus masing-masing.

Mata Kuliah Konsentrasi Jurusan Teknik Informatika

Setelah mempelajari mata kuliah wajib, anda akan diberikan mata kuliah konsentrasi atau lanjutan yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan.

Ada 15 materi yang masuk dalam mata kuliah konsentrasi atau pilihan yang harus anda kuasai, diantaranya yakni:

  1. Data mining
  2. Cloud computing
  3. Teori bahasa dan otomata
  4. Mobile programming
  5. Cloud programming
  6. Sistem distribusi
  7. Keamanan jaringan
  8. Mesin learning
  9. Sistem pakar
  10. Computer vision
  11. Kecerdasan buatan
  12. Semantic web
  13. Robotika atau mekatronika
  14. Kriptografi
  15. Biometric

Informasi seputar mata kuliah jurusan teknik informatika diatas merupakan gambaran umum mengenai materi apa saja yang akan didapatkan saat anda memilih jurusan tersebut.

Mata kuliah di jurusan ini juga harus melalui 3 tahapan yakni materi dasar, materi wajib hingga materi konsentrasi atau pilihan. Mata kuliah mana yang sekiranya akan menjadi mata kuliah favorit anda?

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Informatika yang Menjanjikan Masa Depan

Loading...

Tinggalkan komentar