Kuliah dengan Prospek Kerja Bergaji Tinggi? Jurusan Teknik Informatika Jawabannya!

Di zaman teknologi yang semakin maju ini, banyak sekali pekerjaan yang berkaitan dengan dunia teknologi.

Tidak heran jika beberapa jurusan yang berhubungan dengan teknologi menjadi incaran kaum milenial dalam tingkat perguruan tinggi.

Salah satu jurusan yang selalu konsisten menarik minat para calon sarjana adalah jurusan teknik informatika.

Teknik informatika adalah penerapan prinsip ilmu komputer yang dipelajari secara matematis dan analisis mulai dari rancangan, pengujian, pengembangan dan evaluasi, kinerja komputer serta software komputer.

Pada prinsipnya teknik informatika digunakan untuk mengolah data dengan teknologi komputer.

Mengapa Harus Jurusan Teknik Informatika ?

1. Meningkatnya Kebutuhan Industri

Zaman yang saat ini serba memanfaatkan internet dan aplikasi memaksa tenaga ahli IT yang lebih banyak lagi.

Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menjadi tenaga IT yang expert dan professional sehingga bisa masuk di berbagai bidang pekerjaan.

Kecanggihan teknologi yang ada kedepannya dipastikan akan semakin krusial sehingga tidak salah jika anda memilih jurusan ini.

2. Dipengaruhi Film

Ada beberapa calon mahasiswa yang memilih jurusan perkuliahannya karena pengaruhi menonton film.

Hal ini bisa dilihat jika anda menonton film action dengan cerita tentang sosok hacker yang dapat meretas situs pemerintahan hingga kacau balau. Bayangan inilah yang akan menarik minat anda untuk memilih jurusan yang satu ini.

3. Mampu Bekerja Secara Independen

Prospek kerja yang menjanjikan setelah anda lulus teknik informatika sangat terbuka lebar. Tidak hanya banyak dibutuhkan di perusahan besar atau instansi saja, anda bisa bisa bekerja secara independen dengan waktu yang lebih fleksibel.

Usaha independen sebagai ahli IT bisa diawali dari konsultan IT, membuka software house hingga membuat startup.

4. Tertarik pada bidang IT

Alasan keempat anda lebih memilih teknik informatika adalah karena sudah tertarik di bidang IT atau memiliki bakat sejak kecil.

Anda yang ingin mengembangkan ilmu IT lebih dalam lagi bisa memilih jurusan ini karena tidak sekedar teori saja namun juga dituntut untuk menguasai praktek dari teori tersebut.

5. Gaji Besar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan teknik informatika sangat memiliki prospek pekerjaan bagus karena hampir di setiap instansi atau perusaahan pasti membutuhkan ahli ini.

Pekerjaan dibidang IT juga dikenal memiliki gaji yang cukup besar dibandingkan dengan ahli bidang studi lainnya. Maka tidak heran jika banyak yang memilih jurusan ini agar karir bisa melejit.

Mengenal Bedanya Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Jika mendengar mengenai teknik informatika, sistem informasi dan teknik komputer mungkin saja anda berpikir bahwa 3 bidang studi tersebut sama saja.

Meskipun sama dalam dunia teknologi, namun konsentrasi ilmu yang dipelajari sangat berbeda. Teknik informatika sendiri akan menghasilkan ahli IT dibidang programmer atau pengolah data melalui komputer.

Pada bidang sistem informasi akan lebih fokus dalam hal manajemen dan teknis ilmu komputer sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai bidang pekerjaan sosial.

Sedangkan mahasiswa jurusan teknik komputer akan mempelajari segala hal mengenai perangkat keras komputer atau bisa dikatakan ahi otak komputer sehingga akan menguasai bahasa mesin komputer.

Ulasan seputar bidang ilmu teknik informatika diatas adalah sebagian kecil informasi mengenai jurusan tersebut.

Baca juga: Mata kuliah Jurusan Teknik Informatika

Bagi anda yang menyukai bidang keilmuan ini dan melihat prospek bagus kedepannya, harus benar-benar pintar dalam memilih universitas yang berpeluang besar akan diterima dan tentunya disesuaikan dengan kemampuan. Sudah siapkah menjadi mahasiswa IT?

Loading...

Tinggalkan komentar