Sudah Siap Masuk Jurusan Ilmu Psikologi? Ini Bocoran Beberapa Mata Kuliahnya!

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa kuliah di jurusan ilmu psikologi kemudian dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan masalah dan lain sebagainya.

Padahal jurusan psikologi sangatlah luas pembahasannya dan ada berbagai macam konsentrasi mata kuliahnya. Bagi yang ingin tau apa saja yang dipelajari di jurusan ini, temukan jawabannya sebentar lagi.

Mata Kuliah Yang Dipelajari di Jurusan Psikologi

1. Psikometri

Siapa yang tidak menyangka bahwa jurusan psikologi juga mempelajari tentang psikometri. Psikometri sendiri adalah pelajaran tentang pengukuran psikologi menggunakan prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam psikometri sendiri terdapat ilmu statistika yang termasuk ilmu pasti dan tergolong rumit. Jadi jangan salah jika jurusan ini hanya fokus pada literasi saja, tapi juga perhitungan.

Dalam pelajaran ini, anda diwajibkan untuk memahami ilmu matematika terlebih dahulu dan beralih ke ilmu statistika.

Pasalnya jika tidak dapat mengikuti dasar ilmu matematika, maka akan kesulitan di statistika. Tidak hanya itu saja, hal tersebut tentunya akan berdampak pada yang lainnya.

2. Biopsikologi

Mata kuliah ini akan belajar tentang proses mental seseorang, bagaimana mental tersebut terbentuk ataupun digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pelajaran ini anda akan mengenal berbagai macam istilah biologi, kedokteran ataupun psikologi itu sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa disini tidak hanya belajar tentang istilah, tapi juga mengurutkannya dengan benar.

Mengapa diharuskan mengurutkannya? Karena hal tersebut akan berpengaruh dalam memahami manusia yang beragam sekali sifat dan perilakunya.

Apabila sudah berhasil mengurutkan dan memahami mental seseorang dengan baik, secara perlahan akan memahami sifat, perilaku dan bagaimana cara menerimanya di lingkungan sekitar.

3. Psikologi Kepribadian

Di awal pembelajaran anda juga akan belajar tentang psikologi kepribadian, baik itu dari sejarah awal, filosofi dasar hingga pengelompokkannya.

Bahkan dalam mata kuliah ini bisa memungkinkan mahasiswanya untuk mempelajari kepribadiannya masing-masing dan orang disekitarnya.

Materi pembahasan ini sangatlah menarik dan mengasyikkan karena bisa menebak-nebak kepribadian seseorang.

4. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan akan mempelajari tentang perkembangan seseorang dari lahir hingga tua. Dalam makul ini ada beberapa pilihan konsentrasi, diantaranya adalah fokus pada perkembangan anak ataupun perkembangan manula.

Dari ilmu inilah anda bisa mengamati perkembangan seseorang, baik dari tingkah perilaku, mental dan cara berpikirnya.

Ilmu ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik bagi anda ataupun para psikolog dan psikiater.

Dari ilmu inilah seseorang bisa memahami mengapa orang tersebut bisa menjadi seperti ini, faktor apa saja penyebabnya.

Apakah dari lingkungan tempat tinggal ataupun faktor lain yang menyebabkan perkembangannya berbeda dari yang lain.

5. Psikologi Organisasi dan Industri

Lulusan psikologi memang memiliki prospek untuk bekerja sebagai HRD suatu organisasi ataupun perusahaan.

Materi pembelajaran tersebut juga didapatkan pada mata kuliah psikologi industri dan organisasi.

Dalam mata kuliah tersebut akan belajar tentang bagaimana cara kerja seorang HRD, proses perekrutan karyawan dan hal-hal yang berkaitan dengan SDM perusahaan.

Dapat dikatakan pula bahwa makul ini cukup kompleks, mengingat selain harus melakukan rekruitmen karyawan, anda juga harus menangani konflik internal yang terjadi.

Seorang HRD juga akan memiliki tugas lain untuk melakukan movitasi kerja bagi karyawan dan hal lain yang berkaitan dengan dunia pekerjaan.

Baca juga: Ruang Lingkup Psikologi Industri dan Organisasi

6. Kode Etik Psikologi

Di awal pembelajaran, akan diberikan pelajaran tentang kode etik psikologi yang harus ditaati.

Dalam hal ini anda dituntut untuk menghafal berbagai kode etik dan juga hal yang boleh dilakukan ataupun tidak boleh dilakukan oleh lulusan psikologi. Hampir setiap jurusan mata kuliah selalu ada kode etiknya masing-masing.

Bagi anda yang memang ingin masuk jurusan ilmu psikologi, maka bersiaplah untuk mempelajari beberapa mata kuliah yang telah dibahas sebelumnya.

Gunakan pelajaran yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari dan perhatikan juga kode etiknya.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Persiapan Masuk Jurusan Psikologi

Tinggalkan komentar