Kemampuan Jurusan Ilmu Politik Dan Prospek Kerjanya

Saat ini sudah ada banyak sekali jurusan di berbagai universitas di Indonesia, salah satunya adalah jurusan ilmu politik.

Apa itu ilmu politik? Ilmu politik merupakan bidang pengetahuan yang nantinya akan menelaah, mengamati seluruh fenomena politik yang terjadi di dunia.

Proses pembelajarannya akan menerapkan teori ilmu politik serta menghadirkan solusi dari permasalahan yang muncul.

Kemampuan Mahasiswa Ilmu Politik

1. Observasi

Dalam pembelajaran ilmu politik tentunya tidak terlepas dari kemampuan observasi yang cukup mendalam terhadap suatu kasus politik yang terjadi.

Orang-orang yang belajar ilmu politik ataupun yang sudah lulus akan memiliki kemampuan observasi yang baik dalam memandang suatu kasus politik.

Mereka belajar menelaah dari berbagai sudut pandang dan melihat segala kemungkinan yang terjadi.

2. Analisa

Setelah mengobservasi berbagai macam kasus yang terjadi ataupun yang sudah terjadi, disini kemampuan analisis muncul.

Kemampuan analisanya akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan juga tergantung dari kasus politik yang sedang diobservasi.

Agar hasil analisanya bagus, seseorang biasanya mengobservasi banyak tulisan ataupun sumber lain yang mendukung.

3. Mampu Berpikir Rasional

Salah satu kemampuan berpikir rasional tidak hanya dimiliki oleh mahasiswa ilmu politik saja, namun setiap orang memang harus memiliki kemampuan ini.

Seseorang yang dapat berpikir rasional akan memiliki kelebihan dalam memecahkan masalah secara rasional berdasarkan data dan fakta yang ada. Selain itu, kemampuan ini juga dapat berdampak baik bagi kehidupan.

Jurusan Ilmu Politik Dapat Bekerja Sebagai Apa Saja?

1. Jurnalis

Untuk menjadi seorang jurnalis, seseorang tidak harus lulusan jurnalistik, akan tetapi bisa juga lulusan ilmu politik.

Perlu dicatat juga bahwa jurnalis yang dimaksudkan disini adalah jurnalis politik. Dengan wawasan yang luas serta kemampuan yang mendukung, tidak menutup kemungkinan seorang lulusan ilmu politik dapat berkarir menjadi jurnalis.

2. Pegawai Pemerintahan

Dengan kemampuan yang telah dibahas sebelumnya, bukan tidak mungkin jika lulusan ilmu politik juga memiliki peluang untuk tergabung dalam pegawai pemerintahan.

Gaji yang ditawarkan juga menarik, namun perlu diingat bahwa besar kecilnya gaji tergantung dari posisi jabatan yang anda duduki. Tidak hanya gaji yang menarik saja, namun ada beberapa tunjangan yang siap menanti anda.

3. Pengamat Politik

Pengamat politik kini semakin terlihat seiring dengan perkembangan politik di Indonesia yang cukup ramai dalam beberapa dekade terakhir ini.

Para pengamat politik sangat dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan. Adanya pengamat politik ini akan membantu dalam urusan parpol, calon pemda, anggota legislatif dan sejenisnya.

4. Dosen

Jika ingin mengajarkan ilmu politik lebih mendalam ke mahasiswanya juga bisa, namun setidaknya haruslah lulusan S2 Ilmu Politik.

Berbicara soal gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi untuk dosen yang mengajar di universitas negeri ataupun swasta.

Menjadi dosen merupakan sebuah pencapaian yang cukup tinggi dan tentunya bukan hal yang mudah akan tanggung jawab yang dipikul.

5. Anggota Legilslatif

Seorang yang ingin berkecimpung dalam dunia politik bisa ikut dalam pemilihan caleg. Dengan bekal ilmu politik dan kemampuan yang dimiliki, bukan tidak mungkin jika suatu saat nanti bisa menjadi anggota legislatif.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa anggota legislatif juga memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang tidak mudah.

Bagi anda yang kuliah ataupun sudah lulus dari jurusan ilmu politik tidak perlu cemas untuk prospek kedepannya.

Ini dikarenakan ada banyak sekali prospek kerja jika anda dapat melihat peluang dan memanfaatkannya dengan baik.

Baca juga: Jurusan Ilmu Hukum

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Tinggalkan komentar