Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Prospek Pekerjaannya

Jurusan Ilmu Perpustakaan – Mungkin masih banyak yang tidak memilih jurusan ilmu perpustakaan sebagai pilihan jurusan ketika masuk perguruan tinggi nanti.

Jurusan satu ini seringkali dianggap kurang populer karena beberapa menganggap tidak memiliki prospek kerja yang bagus.

Padahal, lulusan ilmu perpustakaan tidak boleh dianggap remeh begitu saja mengingat perannya juga sangat penting di berbagai bidang.

Materi Kuliah di Ilmu Perpustakaan

Salah satu tujuan adanya jurusan ini adalah untuk menciptakan seseorang yang ahli dalam bidang perpustakaan dan berbagai macam informasi.

Jika anda berpikir bahwa di jurusan ini nantinya akan belajar tentang tata susunan buku, maka salah besar.

Seseorang yang telah menempuh studi ilmu perpustakaan pada akhirnya bisa berkesempatan menjadi Pustakawan.

Dalam pembelajarannya, mahasiswa akan diarahkan untuk mengikuti alur perkembangan teknologi dan informasi.

Beberapa bidang studi yang nantinya akan diberikan adalah tentang bagaimana mengolah informasi dan penyimpanan data yang rapi, baik data fisik ataupun dalam bentuk file.

Selain itu ada juga mata pelajaran design database, manajemen sistem perpustakaan, dokumentasi arsip, human perpustakaan dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari berbagai macam mata pelajaran tersebut, seseorang nantinya akan memiliki keterampilan dalam mengorganisasi sumber informasi yang didapatkan.

Informasi tersebut nantinya akan digunakan sebagai pelayanan sesuai dengan perkembangan teknologi.

Salah satu syarat untuk dapat mengikuti studi ilmu perpustakaan adalah seseorang setidaknya tidak gaptek dan memiliki sifat teliti dan rapi dalam mengelola data.

Pekerjaan Lulusan Ilmu Perpustakaan

1. Pustakawan

Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa seorang pustakawan adalah orang yang berkutat dengan banyak dokumen dan berkacamata di depan komputer.

Persepsi tersebut sangatlah salah, pasalnya seorang pustakawan juga memiliki acara di luar. Contohnya disini adalah gerakan literasi membaca, mengingat persentase literasi di Indonesia cukup rendah.

2. Spesialis Informasi

Karena dalam studinya sudah terbiasa mengolah dan mencari berbagai macam informasi, maka bukan tidak mungkin jika nantinya menjadi spesialis informasi.

Adapun informasi yang dicakup juga beragam, mulai dari informasi dari website, database dan lain sebagainya. Lulusan ilmu perpustakaan juga belajar pengolahan database juga, seperti My SQL hingga PHP.

Memang pada dasarnya lulusan ini dituntut untuk ahlis dalam mengolah database, akan juga harus mempelajari ilmu lain yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Adapun yang dimaksud disini adalah analisa sistem, programming sederhana hingga spesialis jaringan dan juga operator di perpustakaan.

3. Bidang Administrasi

Tugas utama dari administrator adalah melakukan input data hingga merekap data perusahaan untuk dijadikan sebagai arsip. Bagi anda yang lulusan ilmu perpustakaan bisa mencoba untuk mendaftar di posisi ini.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan butuh seorang lulusan ilmu perpustakaan, salah satunya adalah karena keahliannya dalam mengolah dan menyimpulkan sebuah informasi.

4. Bidang Kearsipan

Hampir seluruh sektor pekerjaan tentunya memiliki arsip ataupun dokumen yang harus disimpan dan dikelola dengan sebaik-baiknya.

Pengelolaan ini tentunya bertujuan agar memudahkan perusahaan dalam menemukan dokumen atau arsip penting ketika dibutuhkan nanti.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan adalah pembinaan kearsipan, pengelolaan dinamis hingga penyajian menjadi informasi.

5. Instansi Pemerintah

Anda yang sedang menempuh studi ilmu perpustakaan ataupun sudah lulus juga berpeluang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Mengapa pemerintahan membutuhkan seorang lulus ilmu perpustakaan? Ini karena hampir di setiap instansi pemerintah membutuhkan untuk mengelola dan merapikan dokumen-dokumen penting.

Setiap jurusan yang ada di perguruan tinggi tentunya memiliki prospek kerja masing-masing, tidak terkecuali jurusan ilmu perpustakaan yang sering dipandang sebelah mata.

Masalah berkarir di bidangnya masing-masing ataupun tidak, itu merupakan tanggung jawab diri sendiri.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Jurusan Ilmu Komunikasi

Tinggalkan komentar