Ingin Tau Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Pemerintahan? Temukan Jawabannya Disini!

Apa itu jurusan Ilmu Pemerintahan? Ilmu Pemerintahan adalah salah satu jurusan di perguruan tinggi yang dalam pembelajarannya akan membahas yang berhubungan dengan pemerintahan.

Contohnya disini adalah administrasi, peraturan perundang-undangan, manajemen, masalah organisasi dan sejenisnya.

Prospek lulusan jurusan ini tidak main-main dan berpeluang tinggi terlibat dalam pemerintahan ataupun dunia politik.

Jabatan Kerja (Profesi) Lulusan Ilmu Pemerintahan

1. Konsultan Pemerintahan

Dalam pembangunan negeri, pemerintah tentunya akan menemukan hambatan di project yang akan dikerjakan.

Oleh karena itu, agar hambatan tersebut dapat terpecahkan dan proyek pembangunan dapat berjalan lancar, tentunya dibutuhkan seorang konsultan. Konsultan ini tentunya harus paham tentang jalan pemerintahan.

Tugasnya tidak lain adalah memberikan saran ataupun solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh pemerintah agar pemerintahan dapat berjalan dengan lancar.

Perjalanan untuk menjadi seorang konsultan pemerintahan bukan hal yang mudah, namun anda bisa memulainya dari bawah dan perlahan sampai ke tangga tujuan.

2. General Affairs

Dalam suatu perusahaan, General Affairs atau sering dikenal sebagai GA sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan sesuai dengan rencana awal.

Adapun tugas GA adalah melakukan arahan, bimbingan serta koordinasi dengan tim terkait agar operasional saling mendukung dan berjalan dengan lancar.

Selain itu, GA juga akan melakukan pengawasan terhadap fasilitas yang sudah untuk memastikan bahwa fasilitas tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika sistem dalam sebuah organisasi bekerja dengan baik, maka hasil akhirnya akan sebanding dengan kerja keras seluruh tim.

3. Anggota Pemerintahan

Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan ilmu pemerintahan dapat ikut serta membantu pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Anda dapat bekerja menetapkan kebijakan pemerintah, membantu menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi serta memastikan bahwa semuanya berjalan dengan baik.

Menjadi anggota pemerintahan tidak harus ke pemerintahan pusat, namun bisa juga di ruang lingkup yang kecil.

Contohnya disini adalah pegawai tingkat kota, kabupaten, kecamatan, kelurahan dan lain sebagainya. Dengan bekerja di pemerintahan, dapat dipastikan jenjang karirnya bagus dan sangat menjanjikan.

4. Public Relations

Bukan hanya jurusan komunikasi saja yang memiliki prospek bekerja sebagai public relations atau bagian hubungan masyarakat.

Lulusan limu pemerintahan juga memiliki peluang untuk menjadi humas dan akan memiliki peran penting dalam menjaga hubungan kerja. Baik itu hubungan antar pejabat, awak media dan lain sebagainya.

Seorang humas juga akan melakukan perencanaan serta melakukan koordinasi dengan tim terkait dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness dan menjaga citra publik. B

ekerja sebagai humas memiliki prospek masa depan yang baik jika pintar dalam mengambil keputusan dan menjaga hubungan bisnis.

5. Konsultan Publik

Dalam pemerintahan, seorang yang menjabat sebagai pimpinan tentunya tidak terlepas dari seorang penasihat.

Disini peran lulusan ilmu pemerintahan dibutuhkan untuk membantu pimpinan dalam melakukan strategi kampanye politik dan lain sebagainya.

Tugas yang tanggung juga sangat besar, yaitu melakukan analisa kekuatan, kelemahan hingga peluang yang akan dihadapi kedepannya.

6. Anggota atau Staff Legislatif

Menjadi salah satu staff ataupun anggota legislatif mungkin menjadi impian beberapa orang. Dengan kemampuan berpikir kritis yang telah diterapkan ketika kuliah, ilmu tersebut tentunya dapat digunakan ketika resmi menjadi staff legislatif.

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam menjalankan tugasnya harus membentuk strategi agar masyarakat lebih sejahtera.

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan berkuliah di jurusan ilmu pemerintahan. Beberapa diantaranya adalah kemampuan untuk berpikir kritis, logis, analisa hingga menemukan problem solving yang tepat.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Jurusan Ilmu Politik

Loading...

Tinggalkan komentar