Ingin Pintar Public Speaking? Jurusan Ilmu Komunikasi Jawabannya

Jurusan Ilmu Komunikasi – Di era milenial seperi sekarang ini, semangat para generasi muda dalam dunia pendidikan sangat tinggi. Tidak hanya lulusan SMA saja yang berminat untuk berkuliah, lulusan SMK pun juga ingin mendapatkan gelar sarjana.

Bagi anda yang ingin mengasah kemampuan public speaking, anda bisa memlih jurusan ilmu komputer di perguruan tinggi yang diinginkan.

Jurusan ilmu komputer memang tidak hanya membahas mengenai public speaking saja, namun banyak materi yang harus dikuasi oleh lulusan ilmu komunikasi.

Sebenarnya bagaimana jurusan public speaking itu? Apa saja prospek kerja yang bisa anda pilih? Mari simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Apa Ilmu Komunikasi Itu?

Ilmu komunikasi adalah bidang keilmuan yang membahas mengenai dunia komunikasi. Bidang keilmuan ini dijadikan sebagai jurusan di perguruan tinggi karena dianggap penting dalam bagian sebuah instansi, perusahaan hingga individu.

Ilmu komunikasi ini menjelaskan tentang tingkatan komunikasi dari individu, iklan, media sosial, interkultural hingga di bidang seni.

Ilmu komunikasi dianggap sangat penting karena merupakan fundamental hubungan bermasyarakat antara individu dengan individu, individu dengan kelompok hingga kelompok dengan kelompok.

Kemampuan yang diasah dalam jurusan ilmu komunikasi meliputi kemampuan dasar desain, fotografi, berbicara di depan umum hingga teamwork.

Mengapa Harus Jurusan Ilmu Komunikasi?

Ilmu komunikasi merupakan salah satu jurusan yang ilmunya tidak pernah lekang oleh waktu karena digunakan dalam sehari-hari sepanjang hidup.

Anda yang memilih jurusan ini akan mendapatkan banyak keuntungan karena akan meningkatkan kemampuan berbicara, menulis dan mendengar.

Prospek kerja atau peluang kerja lulusan ilmu komunikasi juga sangat beragam yakni mulai dari bidang media, sebagai public relations atau marketing di perusahaan hingga menjadi pembicara atau motivator yang handal. Gaji yang akan anda terima juga cukup tinggi sehingga menjanjikan masa depan anda nanti.

Anda yang sudah lulus sarjana dan ingin melanjutkan ke jenjang magister bahkan doktor, bisa memilih universitas terbaik di dalam negeri maupun luar negeri.

Jurusan ini pasti ada di setiap universitas diseluruh dunia sehingga akan memberikan kesempatan Anda untuk belajar di luar negeri.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

Ada banyak profesi yang bisa anda pilih sebagai lulusan ilmu komunikasi, diantaranya yakni:

1. Jurnalis

Bagian dari ilmu komunikasi yang pasti ada dalam mata kuliah adalah jurnalistik. Ilmu jurnalistik yang didapatkan selama masa studi bisa membawa anda menjadi seorang jurnalis yang kritis.

Kemampuan anda dalam mengemas berita yang menarik, ringan dan mudah diterima masyakarat adalah kunci kesuksesan menjadi seorang jurnalis.

2. Penyiar

Peluang kerja bagi lulusan ilmu komunikasi yang bisa anda pilih adalah sebagai penyiar.

Profesi ini jelas berkaitan dengan ilmu komunikasi karena kegiatan siaran merupakan penyampaian pesan melalui media massa dan elektronik. Jika memilih pekerjaan sebagai penyiar, biasanya akan ditempatkan di kantor surat kabar, stasiun radio dan televisi.

3. MC (Master Of Ceremony)

Profesi ini sangat menjanjikan dan terlihat menyenangkan. Fee yang didapatkan juga cukup lumayan jika jam terbang anda sudah banyak.

Public speaking yang diajarkan selama masa studi di ilmu komunikasi sangat bermanfaat untuk anda yang memilih profesi MC. Tidak hanya sekedar berbicara di depan umum saja, anda juga diajarkan mengenai sikap yang baik saat menjadi MC.

Sepenggal ulasan mengenai jurusan ilmu komputer diatas diharapkan memberikan gambaran umum mengenai jurusan tersebut agar anda tidak buta informasi.

Ilmu komunikasi merupakan jurusan yang sangat menjanjikan untuk anda yang ingin memiliki pekerjaan dibidang komunikasi. Apakah tahun ini anda akan memilih jurusan ini?

Baca juga: Jurusan Ilmu Komputer

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Tinggalkan komentar