Jurusan Ilmu Komputer Beserta Peluang Kerja Yang Bisa Dipilih

Jurusan Ilmu Komputer – Di zaman teknologi yang semakin canggih ini, para milenial banyak yang memilih bidang keilmuan yang berhubungan dengan teknoogi juga.

Salah satu jurusan di perguruan tinggi yang banyak peminatnya adalah jurusan ilmu komputer. Jurusan ini selain tampak keren juga memiliki peluang kerja yang begitu menjanjikan.

Ilmu komputer adalah bidang keilmuan yang fokus pada programming. Dalam jurusan ini, anda harus menguasai mata kuliah dasar, wajib dan mengambil mata kuliah konsentrasi.

Ilmu komunikasi akan membuat anda lebih kreatif karena mengolah sistem informasi dalam komputer sehingga segala macam ide bisa anda tuangkan di era informasi digital saat ini.

Mengapa Harus Jurusan Ilmu Komputer?

Anda yang memilih ilmu komputer sebagai pilihan studi di perguruan tinggi perlu berbangga hati karena ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Lulusan ilmu komputer memiliki pilihan lapangan pekerjaan yang banyak dan beragam.

Era revolusi industry 4.0 saat ini membutuhkan banyak sarjana ilmu komputer baik di instansi swasta dan pemerintah, BUMN dan perusahaan swasta.

Selain menjadi karyawan, anda bisa menjadi pekerja mandiri yakni sebagai pengusaha. Anda pun bisa berbagi ilmu dengan menjadi seorang akademisi atau dosen.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komputer

Ada banyak pilihan untuk anda yang lulus sebagai sarjana ilmu komputer, diantaranya yakni:

1. Akademisi

Jika anda menyukai dunia pendidikan, menjadi seorang dosen ilmu komputer patut diperhitungkan.

Profesi ini tidak hanya sekedar lulusan sarjana saja, tetapi anda sudah harus menempuh pendidikan magister. Gaji yang bisa anda dapatkan dari profesi dosen adalah 3 juta hingga 4 juta rupiah.

2. Programmer freelance

Bagi anda lulusan ilmu komputer dan tidak ingin memiliki pekerjaan yang terikat, anda bisa memilih menjadi programmer freelance.

Profesi ini bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja sesuai dengan waktu luang yang dimiliki. Gaji untuk seorang programmer freelance berkisar 3 juta hingga 4.5 juta rupiah.

3. Jasa Service

Tidak melulu bekerja itu harus di kantor atau perusahaan. Bagi anda yang senang bekerja dirumah atau bekerja mandiri bisa membuka jasa service komputer.

Profesi ini sangat fleksibel dan cocok untuk anda yang suka otak-atik barang. Anda bisa memperoleh pendapatan hingga 5 juta rupiah setiap bulannya.

4. Youtuber

Era informasi digital dan media sosial yang saat ini sangat digandrungi kaum milenial membuat profesi youtuber menjadi pilihan.

Hasil fee yang didapatkan dari setiap video yang di share cukup lumayan apalagi jika ada sponsor yang sudah masuk pada channel anda.

5. Teknisi Jaringan

Selain membuka jasa service komputer, anda bisa menjadi teknisi jaringan. Profesi ini dianggap cukup menjanjikan kesejahteraan masa depan karena setiap bulannya anda bisa mengantongi gaji dari 2 juta hingga 7 juta rupiah.

6. Sistem Integrator

Anda yang merupakan lulusan ilmu komputer bisa memilih profesi sebagai sistem integrator.

Tugas profesi ini adalah melakukan analisis sistem perangkat lunak atau software yang akan anda buat. Gaji yang diterima seorang sistem integrator mulai dari 4 hingga 6 juta rupiah tiap bulan.

7. Game developer

Munculnya sebuah game dikarenakan ada pencipta kreatif yang membuatnya. Salah satu pekerjaan yang bisa anda pilih dari ilmu komputer adalah menjadi game developer. Tugas anda hanyalah melakukan pengembangan dari game yang sudah ada.

Ulasan diatas mengenai jurusan ilmu komputer merupakan sebagian kecil informasi yang diharapkan bisa bermanfaat untuk anda.

Paling tidak, anda mendapatkan gambaran mengenai jurusan tersebut sebelum memilihnya sebagai bidang studi yang akan digeluti. Apakah informasi yang disajikan sudah cukup jelas?

Baca juga: Beda Jurusan Teknik Informatika dan Teknik Komputer

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Loading...

Tinggalkan komentar