Apa Saja Konsentrasi di Jurusan Ilmu Hukum? Simak Ulasannya Di Pembahasan Berikut!

Proses untuk menjadi lawyer di suatu perusahaan bukan perjalanan yang mudah, mengingat anda setidaknya harus lulusan dari jurusan ilmu hukum.

Selain harus lulusan hukum, ada banyak kemampuan yang harus Anda asah dan setidaknya tumbuh menjadi pribadi yang tegas.

Ada berbagai macam mata pelajaran di jurusan hukum yang bisa dipelajari dan diterapkan di pekerjaan nantinya.

Mata Kuliah Jurusan Hukum

1. Hukum Pidana

Pengertian dari hukum pidana adalah hukum yang berisikan tentang peraturan tentang perbuatan yang dilarang dan orang yang melanggarnya akan diberikan sanksi hukum.

Adapun sanksi hukumnya berbeda-beda tergantung dari segi kasus kejahatan yang dilakukan orang tersebut.

Adapun yang termasuk dalam hukum pidana diantaranya adalah pembunuhan, perampokan dan hal-hal yang berbau kriminalitas.

Dalam konsentrasi ini, anda akan belajar tentang kriminologi, penologi, victimologi dan lain sebagainya. Adapun profesi yang memiliki hubungan dengan konsentrasi kuliah ini diantaranya adalah jaksa, advokat hingga polisi.

2. Hukum Perdata

Meskipun namanya hampir sama dengan hukum pidana, namun hukum perdata menangani masalah yang sangat berbeda jauh.

Hukum perdata adalah jenis hukum private yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dengan orang lain.

Adapun contoh hukum perdata disini adalah hukum yang tentang keterikatan kontrak antara pekerja dengan perusahaan dan sejenisnya.

Beberapa konsentrasi yang dapat diambil dari mata kuliah hukum perdata diantaranya adalah hukum pasar modal dan investasi, hukum HAKI, contract drafting dan lain sebagainya.

Disini seseorang akan belajar bagaimana membuat perjanjian dan terikat kontrak dengan suatu perusahaan, instansi dan sejenisnya.

3. Hukum Internasional

Sesuai dengan namanya, hukum internasional berisikan tentang aturan dan kaidah yang berkaitan tentang perlindungan hukum dalam skala internasional.

Ada asas khusus yang digunakan dalam menjalin hubungan antar bangsa, diantaranya adalah asas kebangsaan, asas teritorial dan asas kepentingan umum.

Dalam konsentrasi ini, anda akan belajar tentang studi kasus hukum internasional yang pernah terjadi sebelumnya, hukum udara dan ruang angkasa, hukum laut internasional dan sebagainya.

Adapun subjek hukumnya bisa dari negara itu sendiri, organisasi internasional dan sebagainya.

4. Hukum Ekonomi

Dikenal juga sebagai hukum dagang, hukum ini tidak lain akan mengatur tentang aktivitas perdagangan dan yang berhubungan dengan aktivitas perekonomian.

Anda akan belajar tentang legalitas aktivitas pasar ekonomi, perbankan dan lain sebagainya. Hukum ekonomi disini ada banyak sekali, contohnya adalah ekonomi syariah, pembangunan hingga internasional.

5. Hukum Administrasi Negara

Pengertian dari Hukum Administrasi Negara atau disingkat HAN adalah aturan yang mendukung kinerja dari administrasi negara agar berjalan sesuai dengan fungsinya.

Disisi lain, HAN juga dapat berperan sebagai pelindung warga negaranya sendiri. Adapun contohnya disini adalah hukum tentang orang yang merusak fasilitias publik, penetapan tarif parkir dan sejenisnya.

Beberapa asas yang digunakan dalam HAN diantaranya adalah asas legalitas, diskresi dan yuridikitas.

Sedangkan ruang lingkup pembahasannya mencakup tentang hukum perizinan, sarana prasarana pemerintah, administrasi keuangan negara, kepegawaian dan lain sebagainya.

6. Hukum Tata Negara

Dalam mata pelajaran ini anda akan belajar tentang teori serta praktik dalam penyelenggaraan di berbagai negara. Adapun cakupan pembahasannya akan belajar tentang isu antar negara ataupun warganya.

Sedangkan untuk materi pelajarannya mencakup hukum konstitusi, pembuatan undang-undangan, hukum acara mahkamah konstitusi dan sejenisnya.

Bagi anda yang sedang kuliah jurusan ilmu hukum, pelajari dengan baik setiap materi pelajaran yang diberikan dan ambil konsentrasi mata pelajaran sesuai dengan minat.

Setiap minat konsentrasi nantinya juga akan berguna di pekerjaan ataupun di kehidupan sehari-hari.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Jurusan Ilmu Gizi

Loading...

Tinggalkan komentar