Penasaran Dengan Makul di Jurusan Ilmu Gizi? Temukan Jawabannya Disini!

Siapa sangka jurusan ilmu gizi nantinya akan memberikan prospek kerja yang bagus, salah satunya bisa menjadi ahli gizi.

Namun, untuk sampai ke tahap tersebut tentunya dibutuhkan waktu yang tidak sebentar dan banyak materi kuliah yang harus dipelajari. Disini anda belajar tentang mata kuliah wajib dan pilihan.

Mata Kuliah di Jurusan Ilmu Gizi Yang Akan Dipelajari

1. Prinsip Dasar Ilmu Gizi

Di awal pembelajaran, anda akan belajar prinsip prinsip ilmu gizi terlebih dahulu sebagai bekal utama untuk pembelajaran selanjutnya.

Beberapa yang akan dipelajari disini diantaranya adalah istilah yang berkaitan dengan gizi, sejarah perkembangan, pengelompokkan, fungsi hingga ruang lingkup ilmu gizi.

2. Bahan Pangan

Sesuai dengan namanya, jurusan ini tentunya tidak lepas dari topik pembahasan bahan pangan. Ini dikarenakan gizi yang didapatkan sehari-hari merupakan hasil dari makanan yang dikonsumsi.

Dari sini dapat belajar tentang biologi, sifat bahan pangan, hal yang menyebabkan kualitas bahan pangan menurun dan lain sebagainya.

Dapat disimpulkan bahwa di mata kuliah ini anda akan mempelajari tentang teknik dan penerapan ilmu untuk belajar tentang sifat kimia, fisik hingga biokimia suatu pangan.

Selain itu, ada juga pembelajaran tentang prinsip pemrosesan pangan yang baik dan aman untuk dikonsumsi.

3. Biokimia Gizi

Pelajaran selanjutnya adalah tentang biokimia gizi. Pada mata pelajaran ini akan belajar tentang bagaimana asupan gizi manusia dapat dipenuhi dengan adanya reaksi kimia yang ada dalam tubuh.

Keduanya saling berhubungan satu sama lain untuk menciptakan energi dalam tubuh untuk aktivitas sehari-hari.

Adapun contoh peran biokimia gizi dalam kehidupan sehari-hari adalah memecahkan masalah gizi yang diderita oleh beberapa anak.

Misalkan ada anak kekurangan gizi A, dari situ mencari solusi dengan mengetahui kandungan apa yang terdapat pada pangan B.

Jika kandungan pangan B memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan sang anak, maka sang anak disarankan untuk mengkonsumsinya.

4. Pengembangan Produk Pangan

Pada materi ini, mahasiswa akan belajar tentang proses pengembangan suatu produk pangan.

Pengembangan tersebut bukan hanya menciptakan produk pangan baru saja, namun tetap menjaga kandungan gizi yang terkandung di dalamnya.

Dalam prosesnya dibutuhkan penelitian terlebih dahulu dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan atau minat pasar.

5. Metabolisme Zat Gizi

Sesuai dengan namanya, makul ini akan membahas tentang metabolisme zat gizi yang didapatkan dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Proses pembelajarannya akan membahas tentang bagaimana suatu zat gizi dari makanan dicerna dan menghasilkan gizi bagi tubuh. Dari sini juga akan mempelajari dari mana sumber zat gizi tersebut dan dalam bentuk seperti apa.

6. Teknologi Pengolahan Pangan

Dalam ilmu gizi juga belajar tentang teknologi yang digunakan dalam pengolahan makanan untuk dijadikan sebagai sumber pangan.

Pemilihan teknologi ini haruslah tepat dan tanpa mengurangi kandungan gizi yang akan diolah menjadi bahan pangan baru.

Adapun yang termasuk teknologi pengolahan pangan diantaranya adalah pengawetan makanan, pemisahan bahan pangan hingga pengeringan bahan pangan.

7. Mengevaluasi Gizi

Proses evaluasi gizi berkaitan dengan kemampuan analis tentang kebutuhan gizi seseorang ataupun makanan yang dikonsumsi.

Dari sini akan terlihat apakah gizinya sudah terpenuhi jika mengkonsumsi menu A atau belum. Dari situ akan menghasilkan data baru untuk pengolahan pangan selanjutnya.

Bagi anda yang ingin masuk di jurusan ilmu gizi, maka persiapkan mental dan tenaga karena akan membahas banyak sekali. Jurusan ini juga memungkinkan untuk lebih sering praktik dibandingkan teorinya.

Penting untuk kamu perhatikan, Ijazah kuliah tidak pernah menjamin kesuksesanmu, akan tetapi skill yang kamu kuasai di bidang keilmuanmu yang akan membantumu.

Jadilah ahli di bidang yang kamu sukai, kamu akan menjadi istimewa. Dengan begitu pekerjaan dan uang yang akan mendatangimu.

Semoga, jurusan kuliah yang ingin kamu pilih sesuai dengan dirimu yaa. Salam pembelajar 😁

Baca juga: Jurusan Ilmu Perpustakaan

Loading...

Tinggalkan komentar