Jenis Iklan Beserta Unsur, Ciri-Ciri Iklan

Jenis Iklan – Untuk mengembangkan usaha atau bisnis agar menjadi semakin maju maka diperlukan berbagai strategi, salah satunya melalui promosi.

Bagian dari strategi promosi tersebut salah satunya dapat dilakukan dengan menyebarkan iklan, cara ini dianggap paling efektif untuk menarik pelanggan. Ada beragam contoh iklan yang dibedakan sesuai jenis dan hal lainnya.

Pengertian Iklan

Sebelum mengetahui teknik untuk membuat iklan yang sempurna dan menarik bagi para pembacanya, anda perlu memahami pengertian iklan terlebih dahulu.

Iklan seringkali dikenal sebagai sebuah pesan yang informatif, isinya bertujuan untuk menarik para pembacanya. Agar membeli atau menyewa segala sesuatu yang dipromosikan sesuai dengan jenis usahanya.

Baca juga: Pengertian Iklan dari berbagai sudut pandang

Unsur-Unsur Penting dalam Iklan

Iklan juga tidak dibuat secara asal-asalan, ada beberapa tahap atau teknik agar iklan tersebut dapat dibuat dengan sempurna.

Anda harus memahami terlebih dahulu bagian dari unsur iklan agar informasi yang dikemas dapat tersampaikan dengan baik kepada para audiens. Berikut ini beberapa unsur-unsur penting yang harus ada dalam pesan iklan.

1. Kalimat Deskriptif

Iklan setidaknya memiliki unsur pesan yang dituliskan menggunakan kalimat secara deskriptif.

Karena bertujuan untuk memberikan informasi yang jelas sekaligus menguraikan suatu iklan dari layanan atau produk tertentu.

2. Kalimat Persuasif

Selanjutnya harus mencantumkan beberapa kalimat yang sifatnya persuasif dengan tujuan agar para pembaca tertarik pada suatu produk.

Bahasa dari kalimat persuasif cukup unik, berisi tentang suatu ajakan yang mengarahkan agar produk terlihat memukau dan membuat para pembaca mencoba untuk menggunakan berbaagi jasa atau produk tertentu.

Ciri-Ciri Penting Pada Iklan

Agar Anda dapat membedakan teks iklan dengan berbagai pilihan teks lainnya, maka perlu memahami ciri yang menonjol yang terdapat pada pesan informatif.

Berikut ciri-ciri yang bisa anda gunakan sebagai penanda bahwa sebuah teks tergolong sebagai iklan.

  • Kata pada kalimat iklan dibuat lebih menarik, sopan sesuai dengan etika, dan aturan tata bahasa yang tepat.
  • Iklan biasanya juga dilengkapi dengan pencantuman gambar dari sebuah jasa atau produk yang sedang dipromosikan.
  • Kandungan kalimat iklan harus terdapat sebuah sugesti agar para pembaca benar-benar tertarik.
  • Informasi tentang produk harus ditonjolkan sebagai hal utama dalam pemilihan kata dan kalimat yang dituliskan, dan sesuai produk yang diunggulkan.
  • Pemilihan kata yang tepat secara langsung digunakan pada sasaran audiens.

Contoh Jenis Iklan

Setelah berbagai hal di atas anda pahami dengan baik, selanjutnya anda masih memerlukan tahap lagi sebelum benar-benar membuatnya. Perhatikan beberapa contoh iklan yang umum bisa ditemui di berbagai tempat berikut ini.

1. Contoh Iklan Baris

Iklan jenis ini biasanya terdapat pada kolom media cetak seperti koran. Isi yang sering ditemui yakni membahas tentang informasi lowongan pekerjaan atau lainnya. Berikut contoh gambarnya.

2. Contoh Iklan Jasa

Iklan jasa memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan iklan produk, namun di dalamnya hanya memuat sebuah jasa untuk aktivitas tertentu. Berikut contoh gambar dari iklan jasa.

3. Contoh Iklan Produk

Iklan ini berisi tentang produk, pesan yang disampaikan ada yang ditulis sangat singkat ada juga yang cukup panjang. Tetapi lebih menarik jika singkat seperti pada gambar berikut ini.

Sebelum mengetahui contoh iklan untuk dipraktekkan dan dibuat secara nyata, penting bagi anda memahami detail pada poin paragraf di atas tentang pengertian dan unsurnya.

Ketika anda telah menguasai pemahaman tersebut, maka iklan bisa dibuat dengan mudah dan dalam waktu yang singkat.

Tinggalkan komentar