Pengertian Internet

Deskripsi: Pengertian Internet, Sejarah, Fungsi dan Tujuan Internet, Manfaat dan Dampaknya dalam Kehidupan.


Kata internet memang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun 99% manusia tahu apa dan bagaimana cara menggunakannya, namun faktanya hanya sedikit yang benar-benar paham akan pengertian internet, serta seperti apa rangkaian proses kerja internet tersebut sendiri.

Di era ini, internet dan gadget seolah sudah menjadi kebutuhan hidup manusia, khususnya kaum milenial. Tanpa koneksi internet hidup rasanya hampa dan membosankan.

Meskipun begitu, ada baiknya untuk mencari tahu seluk beluk internet terlebih dahulu di samping hanya menjadi pengguna.

Pengertian Internet

 

Pengertian Internet Secara Umum

Secara sederhana internet dapat dipahami sebagai suatu jaringan komunikasi yang menjadi penghubung antar perangkat media elektronik di berbagai belahan dunia, dengan menggunakan teknologi pendukung bernama Transmission Control Protocol / Internet Protocol Suite.

Internet terdiri atas beberapa jaringan, seperti publik, privat, akademik, pemerintah dalam lingkup lokal maupun global, dan bisnis. Sedangkan proses kerjanya (internetworking) dilakukan dengan berbagai dukungan dari teknologi elektronik, jaringan optik, serta nirkabel.

Sejarah Internet

Internet adalah jaringan komputer yang diciptakan Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 dalam proyek ARPA, dengan mengembangkan jaringan bernama ARPANET.

Setelahnya, cara kerja dan fungsi software serta hardware komputer sistem operasi UNIX mulai diperkenalkan.

Meskipun tujuan awal penciptaannya adalah untuk kebutuhan militer, namun internet berkembang sangat pesat.

Pada tahun 1980 sudah mulai digunakan kalangan terbatas guna menjalankan fungsinya secara lebih efektif, seperti universitas-universitas ternama di Amerika Serikat.

Pada tahun 1982, protokol standar IP/TCP mulai dipublikasikan, dan dua tahun setelahnya domain diluncurkan.

Di tahun 1986, pengembangan National Science Foundation Network dijalankan, dan jaringan tersebutlah yang menggantikan ARPANET sebagai media riset Amerika Serikat.

Meskipun ARPANET sudah dipensiunkan sejak tahun 1990 silam. Namun, hasil riset dan pengembangannya terus berkembang semakin canggih hingga saat ini.

Di masa-masa awal, internet hanya menyajikan informasi dengan basis teks, namun sejak 1990 tampilan grafis diluncurkan.

Kapan internet mulai masuk ke Indonesia? Teknologi internet masuk ke tanah air sekitar tahun 1994, namun hanya bisa diakses oleh pihak-pihak tertentu, seperti pemerintah, dan instansi formal.

Apalagi, komputer merupakan barang langka dan harganya juga mahal pada saat itu.

Fungsi dan Tujuan Internet

Setelah mengetahui pengertian internet, baik secara umum maupun pendapat para ahli, sebaiknya cari tahu juga apa fungsi serta tujuan dari diciptakannya internet.

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat di bawah ini:

1. Mempermudah Akses Informasi

Saat ini semua orang dapat merasakan kemudahan dalam mengakses berbagai macam informasi yang dibutuhkan, hanya dengan bermodal gadget dan kuota internet saja.

Contoh mudahnya adalah saat mencari referensi tugas sekolah, maka tinggal browsing di internet.

2. Komunikasi Kapan dan di Mana Saja

Berbeda dengan tahun-tahun sebelum internet dan smartphone hadir di tengah masyarakat. Zaman dahulu komunikasi hanya mengandalkan surat dan telepon (bagi yang mampu).

Tapi sekarang, semua orang di berbagai belahan dunia dapat terhubung dengan mudah.

3. Mempermudah Proses Menyelesaikan Pekerjaan

Hampir seluruh perusahaan saat ini mengharuskan pekerja menguasai skill menggunakan komputer, termasuk juga internet (online).

Hal tersebut dikarenakan internet mempunyai sistem saling berhubungan, sehingga pekerjaan menjadi lebih praktis dan sistematis.

4. Kemudahan Transaksi

Belanja di toko fisik memang menuntut waktu dan tenaga, dimana tidak semua orang dapat melakukannya.

Namun sejak hadirnya berbagai toko online, semua orang bisa menikmati kemudahan belanja barang-barang yang dibutuhkan hanya bermodal gadget dan internet.

5. Media Bisnis

Sudah bukan rahasia lagi kalau internet bisa dijadikan sebagai alat penghasil uang. Ada berbagai macam bisnis yang dapat dikembangkan via internet. Salah satunya adalah membuat situs website menarik yang berpotensi menarik banyak visitor.

6. Tempat Hiburan

Kemajuan teknologi membuat internet menjadi sebuah tempat yang multifungsi. Semua jenis hiburan yang disukai oleh manusia ada di sana, mulai dari game, video, film, dan lain sebagainya.

Manfaat Internet

Tidak dapat dipungkiri bahwa internet memiliki segudang manfaat bagi semua penggunanya. Berikut ini adalah beberapa manfaat umum dari internet yang wajib diketahui:

1. Manfaat Internet dalam Bisnis

Bagi pelaku bisnis, internet menjadi media untuk memperluas jaringan lebih luas dengan estimasi waktu singkat, namun hasilnya efektif.

Hal ini dapat dilihat dari maraknya aktivitas jual beli online yang sudah pasti mendatangkan keuntungan besar bagi pegiat bisnis.

2. Manfaat Internet dalam Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, internet juga memiliki dampak positif sangat signifikan. Kehadirannya membuat pelajar lebih mudah dalam mencari materi, sehingga terkesan lebih mandiri.

Di samping itu, internet juga dapat dijadikan media mengasah kreativitas.

3. Manfaat Internet Sebagai Hiburan

Selain memberikan kemudahan akses mencari informasi, internet juga menawarkan berbagai macam hiburan gratis hingga berbayar yang bisa diakses oleh publik.

Terutama sejak maraknya penggunaan jejaring sosial, siapapun tidak akan merasa jenuh lagi sekarang.

Dampak Positif & Negatif Internet

Internet memiliki dampak positif serta negatif yang harus diketahui oleh penggunanya, di bawah ini adalah beberapa pengaruh internet dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak positif internet adalah:

  • Media memperluas pengetahuan
  • Alat komunikasi yang praktis, efektif, dan efisien
  • Mempermudah masyarakat dalam menemukan pekerjaan melalui situs lowongan kerja
  • Kemudahan transaksi karena dapat dilakukan secara online
  • Wadah untuk membangun dan memperluas bisnis
  • Akses informasi dan berbagai layanan (kesehatan, dsb) semakin mudah

Dampak negatif internet:

  • Penyebaran informasi palsu atau hoaks yang tidak bisa dibendung
  • Terdapat konten dewasa
  • Beberapa konten menampilkan tindakan kriminalitas berlebihan
  • Rawan penipuan berbasis online
  • Banyak tayangan berupa video tidak mendidik

Selain memahami pengertian internet, sangat penting juga untuk mengetahui manfaat serta dampak positif dan negatif dari penggunaan internet.

Apalagi di era perkembangan teknologi dan informasi saat ini. Setiap individu harus bijaksana dalam menggunakan akses internet yang tidak terbatas.

Loading...

Tinggalkan komentar