Susunan Acara Pernikahan Mulai dari Akad Nikah Sampai Resepsi

Contoh susunan acara pernikahan, Acara pernikahan adalah salah satu momen paling bahagia dalam hidup. Tentu wajib dipersiapkan dengan matang.

Selain momen akad nikah atau mengucapkan janji tersebut, banyak calon pasangan pengantin yang ingin merayakan dengan resepsi pernikahan.

Salah satu yang menentukan lancarnya sebuah acara adalah susunan acara pernikahan itu sendiri. Berikut contoh susunannya.

Susunan Acara Pernikahan Akad Nikah

  1. Penyambutan pengantin laki-laki yang dilakukan oleh keluarga dari mempelai perempuan.
  2. Kemudian diawali dengan pemberian seserahan. Setelah itu wakil dari tiap keluarga mempelai memberikan sambutan yang ramah.
  3. Setelah penyambutan kemudian baru akan dilaksanakan akad nikah. Pada prosesi akad nikah, calon pengantin laki-laki dan perempuan didudukkan didepan meja akad nikah bersama dengan wali dari calon pengantin, beserta saksi dan juga penghulu. Prosesi akad nikah ini akan dipimpin oleh penghulu.
  4. Sebelum dilaksanakan akad nikah, penghulu akan memeriksa semua informsi dan termasuk kelengkapan pendukungn lainnya didalam pernikahan tersebut. Jika informasi sudah lengkap prosesi akan dilanjutkan sekaligus memandu wali nikah.
  5. Ketika akad nikah telah selesai dilakukan, maka, kedua pihak pengantin akan diberi buku nikah untuk di tanda-tangani sebagai bukti telah dilaksanakannya akad nikah. Diikuti dengan saling memasangkannya cincin kawin dan menyerahkan mas kawin. Dilanjutkan dengan nasihat perkawinan dan doa.
  6. Untuk yang terakhir adalah acara sungkeman. Sungkeman ini diilakukan oleh pengantin laki-laki dan perempuan untuk menghendaki restu kedua orang tua dari pengantin.

Susunan Acara Pernikahan Resepsi

Acara resepsi umumnya dilakukan beberapa jam setelah akad nikah selesai. Biasanya antara 2-3  jam sestelah akad nikah selesai.

Susunan acara sebuah pernikahan saat resepsi disesuaikan dengan wilayah atau area resepsi berlangsung. Dijelaskan di bawah ini urutan pernikahan secara islami.

  1. Pada umumnya, 30 menit sebelum acara penyambutan pengantin akan diisi dengan hiburan. Dan biasanya akan diisi dengan nasyid atau lagu-lagu islami, wedding singer atau yang lainnya. Sesuai dengan permintaan pengantin beserta rombongannya.
  2. Sesudah itu akan ada acara pembukaan yang dilakukan oleh pembawa acara atau MC. Dan dilanjutkan dengan sambutan kedua pengantin dan keluargannya atau rombongannya.
  3. Setelah itu pengantin laki-laki dan perempuan didudukkan di kursi pelaminan didampingi dengan kedua orang tua mempelai.
  4. Susunan acara nikah sesudah itu dapat dilanjutkan dengan hiburan kembali untuk menghibur para tamu undangan.
  5. Pemberian ucapan selamat kepada pengantin laki-laki dan perempuan sesudah selesai berdoa dan di laksanakan oleh keluarga besar pengantin laki-laki dan perempuan.
  6. Setelah itu, tamu undangan dipersilakan untuk menikmati makanan dan hidangan yang sudah disediakan. Diiringi dengan hiburan dan lagu-lagu, wedding singer atau lainnya.
  7. Setelah semua urutan acara tersebut dilakukan, biasanya akan di lanjutkan dengan sesi foto bersama antara pengantin dan keluarga besar, kemudia, antara pengantin dan teman-temannya, sahabat atau para tamu undangan.
  8. Setelah sesi foto selesai, pembawa acara atau MC akan memberikan penutup pada pesta pernikahan tersebut.
  9. Susunan acara yang terakhir adalah pengantin laki-laki dan perempuan turun dari kursi pelaminan, dan mengadakan ramah tamah bersama dengan keluarga besarnya. Diwaktu inilah keluarga dapat saling bersilaturahim untuk membangun keakraban dan keharmonisan.

Pernikahan adalah sebuah hal yang sangat sakral. Bagaimana menurut anda? Prosesi acara pernikahan benar-benar perlu dipersiapkan secara matang.

Sehinnga proses berjalan dengan lancar dan menjadi momen tak terlupakan. Semoga terlaksana dengan baik dan berkesan.

Baca juga: Contoh susunan Acara Ulang Tahun Anak

Tinggalkan komentar