Susunan Acara Lamaran Sederhana yang Wajib Kamu Tahu

Contoh susunan acara lamaran, – Sebelum melangsungkan pernikahan, ada prosesi penting yang tentunya tidak boleh terlewatkan, yaitu susunan acara lamaran.

Pasalnya, lamaran merupakan ajang pertemuan dan pinangan resmi dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

Biasanya lamaran berlangsung selama 3 bulan sampai 6 bulan. Momen spesial ini  menjadi hari yang ditunggu-tunggu dan mendebarkan kedua belah pihak.

Seperti pernikahan, prosesi lamaran juga membutuhkan beberapa tahapan acara. Perbedaan susunan acara dan bagaimana acara tersebut dilakukan seringkali menimbulkan kebingungan.

Susunan acara proses lamaran terlihat sukar jika dikonsep sendiri. Namun anda tidak perlu khawatir. Berikut penjelasan susunan acara untuk lamaran yang cukup sederhana untuk dipahami.

Contoh Susunan Acara Lamaran

1. Kedatangan calon mempelai laki-laki

Prosesi lamaran akan dimulai ketika keluarga dari sang calon mempelai laki-laki tiba di rumah sang calon mempelai wanita.

Biasanya calon mempelai laki-laki akan didampingi oleh rombongan yang membawa seserahan. Setelah disambut dengan hangat dan dipersilakan masuk. Kemudian, akan dilanjutkan dengan susunan acara pernikahan yang pertama yaitu pembukaan.

2. Pembukaan acara lamaran

Setelah calon mempelai laki-laki telah datang, prosesi acara lamaran biasanya akan dibuka oleh pembawa acara atau MC.

Kemudian, MC biasanya akan memberikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada yang hadir dalam acara tersebut.

Setelah itu MC akan menjelaskan susunan acara dari awal sampai akhir dan dilengkapi doa serta harapan.

3. Menjelaskan maksud kedatangan dari mempelai laki-laki

Masuk ke dalam inti acara, perwakilan keluarga dari calon mempelai laki-laki akan mengutarakan maksud kedatangannya.

Lalu, mereka juga tentu akan bertanya pada keluarga calon mempelai wanita, apa mereka bersedia untuk menerima tawaran lamaran tersebut.

Jika lamaran itu telah diterima artinya pernikahan akan bisa dilangsungkan atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Jawaban dari keluarga calon mempelai wanita

MC akan mempersilahkan keluarga dari calon mempelai wanita untuk memberi jawaban tawaran lamaran dari keluarga calon mempelai pria tersebut.

Apakah akan diterima atau ditolak. Jika diterima acara akan di lanjutkan sampai tukar cincin dan seserahan selesai. Jika tidak acara akan diberhentikan saat itu juga. Semoga sambutan baik yang akan diberikan.

5. Pemberian seserahan

Jika tawaran lamaran itu diterima oleh keluarga calon mempelai wanita, maka, pihak mempelai laki-laki akan memberi seserahan terhadap pihak calon mempelai wanita.

Yaitu sebagai simbol bentuk keseriusan keluarga laki-laki untuk meminang calon mempelai wanita. Setelah itu, akan di lanjutkan pada prosesi selanjutnya dari susunan acara yaitu saling tukar cincin.

6. Tukar cincin dan perkenalan antar keluarga

Setelah menyerahkan seserahan, dilanjutkan dengan saling tukar cincin. Biasanya ibu mempelai laki-laki yang akan memasangkan ke jari mempelai wanita, begitu juga sebaliknya.

Dilanjutkan dengan sesi perkenalan antar keluarga calon mempelai. Anggota keluarga yang hadir akan saling mengenal dan mengobrol dengan ramah, serta diiringi canda tawa agar suasana semakin hangat.

7. Penutupan acara lamaran

Sesi perkenalan telah usai, maka MC akan menutup prosesi acara lamaran dengan baca doa. Doa dilakukan agar rencana pernikahan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan foto bersama. Pihak keluarga calon mempelai wanita akan mempersilakan tamu seluruh tamu dan anggota  keluarga yang hadir untuk menyantap makanan yang tentu telah tersedia.

8. Balasan seserahan

Selesai makan bersama, keluarga dari sang calon mempelai wanita akan memberikan balasan seserahan kepada pihak mempelai laki-laki.

Pada umumnya, balasan seserahan ini berisi makanan dan kebutuhan sehari-hari untuk sang mempelai laki-laki. Dengan demikian, prosesi acara lamaran pun telah usai dilakukan. Dan acara pernikahan bisa direncanakan kedua pihak.

Akhir-akhir ini acara lamaran kerap di gelar bukan di rumah, namun di gedung, restoran dan lain sebagainya.

Sehingga anda bisa menyesuaikan susunan acara lamaran atau urutan prosesi acara lamarannya sesuai dengan kondisi dan situasi. Segera  atur jadwal lamaran anda! Semoga membantu.

Baca juga: Contoh Susunan Acara Pernikahan

Tinggalkan komentar