CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BAIK DAN BENAR + [DOC]

Surat Pengunduran Diri –  salah satu ciri karakter manusia adalah mudah bosan, tidak suka dengan tekanan, dan ketika tidak kuat dengan tekanan, tidak sesuai dengan ekspektasi maka akan  mudah menyerah atau bahkan frustrasi, tidak kuat dengan keadaan yang seperti itu lagi, baik dalam organisasi, pekerjaan, atau bahkan dalam kepanitiaan dalam sebuah acara.

Terlebih dalam dunia pekerjaan, kadang jika tidak sesuai dengan keinginan kita, kita akan merasa tidak nyaman dengan pekerjaan tersebut, yang akhirnya kita tidak betah lagi dan ingin keluar dari perusahaan tersebut. Bukan hanya masalah lingkungan kerja, bisa juga karena ingin mencari pengalaman baru, gajih yang lebih besar, yang akhirnya kita ingin mengundurkan diri dari tempat kerja yang saat ini.

Proses pengunduran diri, harus sesuai dengan etika dan sopan santun, dan harus perhatikan ketentuan yang ada dalam perusahaan kita, agar ketika kita mengundurkan diri, kita tidak meninggalkan kesan yang kurang baik.

Salah satu yang pasti harus dilakukan ketika mengundurkan diri adalah membuat surat pengunduran diri. Untuk mengetahui apa itu surat pengunduran diri, cara membuatnya, dan beberapa contohnya yang baik dan benar, kamu harus perhatikan ulasan-ulasan di bawah ini.

PENGERTIAN SURAT PENGUNDURAN DIRI

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa dirinya berhenti bekerja dari tempat atau instansi di mana ia bekerja, baik itu bekerja di perusahaan swasta ataupun bekerja di kantor dinas pemerintahan.

Surat pengunduran diri sebaiknya berisi tentang alasan pengunduran diri kamu, dan harus diperhatikan alasan tersebut harus ditulis dengan jujur, sopan, singkat dan ringkas. Tetapi diusahakan alasan utama yang ada dalam surat pengunduran diri tersebut tidak menyinggung perusahaan atas keputusan tersebut, meskipun mungkin sebenarnya keputusan kamu untuk mengundurkan diri adalah tidak cukup gaji, lingkungan yang tidak nyaman, atau hal negatif lainnya.

KENAPA HARUS MEMBUAT SURAT PENGUNDURAN DIRI?

Secara etika, kamu masuk ke dalam perusahaan menggunakan surat lamaran kerja, ketika keluar pun kamu harus menggunakan surat pengunduran diri (pepatah orang timur, datang tampak muka, pergi tampak punggung).

Etika yang baik memang seperti itu. Hal ini merupakan wujud nyata dari penghormatan terhadap perusahaan atau instansi yang telah memberikan kesempatan untuk kita bekerja di sana, menjadi bagian di sana. Selain itu, jika kamu bekerja di sebuah perusahaan besar, dan tidak menggunakan surat pengunduran diri, ini akan berakibat fatal, nama kamu bisa di blacklist dari perusahaan rekanan tersebut.

Di bawah ini beberapa alasan kenapa kamu harus membuat surat pengunduran diri :

  1. Lebih terhormat dan profesional

Setelah kamu memutuskan untuk mengundurkan diri, harus dibarengi dengan adab dan nilai-nilai kesopanan, jangan pergi menghilang begitu saja. Apalagi dalam dunia kerja ada etika yang harus kamu perhatikan dan harus kamu taati.

Ketika kamu mengundurkan diri dengan cara yang baik, dengan cara yang resmi, maka perusahaan akan menilai kamu sebagai pribadi yang bertanggung jawab, dan memiliki etika yang baik, sehingga tidak meninggalkan Citra yang buruk untuk diri kamu. Sedangkan jika kamu pergi begitu saja, maka perusahaan akan menilai kamu sebagai pribadi yang tidak bertanggung jawab, tidak memiliki tata krama dan sopan santun, dan ini tentu akan merugikan diri kamu sendiri.

  1. Perusahaan dapat segera mencari posisi yang kamu tinggalkan

Sebelum kamu memutuskan untuk benar-benar mengundurkan diri, maka kamu harus segera konsultasi ke bagian HRD perusahaan, sehingga pihak perusahaan bisa segera mencari pengganti posisi yang akan kamu tinggalkan. Usahakan surat pengunduran diri kamu, kamu buat sebelum kamu akan pergi meninggalkan perusahaan tersebut, agar tidak merugikan pihak perusahaan. Hal ini akan memberikan kesan yang baik bagi kamu, karena meskipun kamu akan mengundurkan diri, proses bisnis yang ada di perusahaan akan terus berjalan dengan baik.

BEBERAPA CONTOH SURAT PENGUNDURAN DIRI YANG BAIK DAN BENAR

Jika kamu benar-benar sudah memutuskan ingin mengundurkan diri, dan sudah memperhatikan hal-hal di atas ada beberapa hal lagi yang harus kamu perhatikan sebelum kamu akan benar-benar menulis surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri yang kamu susun harus mencakup informasi kapan kamu akan mengundurkan diri dari posisi kamu saat ini. Dengan begitu akan memudahkan pihak perusahaan mencari pengganti mu (seperti yang sudah diterangkan di atas).

Selain itu, surat pengunduran diri harus dibuat dengan sopan dan jelas, misalnya ditulis dengan bahasa yang baik, positif, informatif dan tidak bertele-tele dan disertai dengan alasan mengapa kamu ingin mengundurkan diri. Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, di bawah ini :

  1. Surat Pengunduran Diri Sederhana/Umum/Kerja

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri sederhana, yang bersifat umum, yang bisa kamu gunakan dalam keadaan apapun.

Tangerang, 10 Juni 2018

Kepada

Yth. Manager HRD CV Global Digital Tangerang

Jl. Kiyai Kassa, Sindangsari, Pasarkemis

Dengan hormat,

Melalui surat ini saya Adnan Buyung, bermaksud ingin memundurkan diri dari CV Global Digital Tangerang terhitung sejak tanggal 10 Mei 2018.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan pengalaman berharga yang pernah saya dapatkan selama bekerja di CV Global Digital Tangerang. Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf sedalam-dalamnya kepada seluruh jajaran serta rekan di CV Global Digital Tangerang apabila terdapat kesalahan dan kekeliruan yang pernah saya perbuat selama saya bekerja.

Harapan saya semoga CV Global Digital Tangerang senantiasa dapat terus berkembang ke arah positif dan selalu menjadi yang terbaik.

Hormat Saya

 

Adnan Buyung

surat pengunduran diri umum
surat pengunduran diri umum.

Kamu bisa download file doc nya di sini

  1. Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Ada beberapa posisi khusus yang lebih spesifik dalam sebuah perusahaan, maka surat pengunduran dirinya pun harus dibuat lebih spesifik sesuai dengan posisi yang kamu jabat sebelumnya. Perhatikan contoh berikut ini :

Bandung, 10 Mei 2018

Kepada

Yth. Manager HRD

PT. Global Digital Tangerang

Jl. Kiyai Kassa, Sindangsari, Pasarkemis

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya selaku Project Manager PT. Global Digital Tangerang, berdasarkan Hasil Keputusan Direksi, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                           : Edo Arruji

Departemen                 : Research and Development

Jabatan                         : Project Manager

ID Karyawan                : TI1200028

Bermaksud menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Project Manager, terhitung sejak tanggal 2 April 2018

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan kesempatan yang telah diberikan selama dua tahun terakhir ini. Semua itu membantu saya untuk terus belajar menjadi seorang yang lebih profesional. Tidak lupa saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran direksi PT Global Digital Tangerang dan rekan-rekan di departemen IT jika terdapat kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas dan pengganti tanggung jawab jabatan Project Manager, saya bersedia membantu selama masa transisi, semoga ini menjadi hal yang baik terakhir yang bisa saya berikan untuk perusahaan. Harapan saya ke depannya semoga PT Global Digital Tangerang bisa terus berkembang dan banyak memberikan manfaat untuk hajat orang banyak.

Hormat Saya

 

Edo Arruji

surat pengunduran diri jabatan
surat pengunduran diri jabatan

Kamu bisa download doc nya di sini

  1. Surat Pengunduran Diri dari Perusahaan

Tangerang, 11 Maret 2018

Kepada

Yth. Manager HRD PT Global Digital Tangerang

Jl. Kiyai Kassar, Sindangsari Pasarkemis

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Buyung Adnan, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Technical Support PT Global Digital Tangerang, terhitung mulai 11 Februari 2018.

Saya sampaikan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman yang diberikan selama saya bekerja di perusahaan ini, semoga itu menjadikan saya pribadi yang lebih baik dan lebih profesional dalam melaksanakan tanggung jawab yang diberikan.

Tidak lupa permohonan maaf saya sampaikan kepada seluruh jajaran dan rekan-rekan PT Global Digital, jika ada kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja selama saya bekerja di PT Global Digital Tangerang. Semoga perusahaan ini terus berkembang dan memberikan banyak manfaat.

Hormat saya

 

Buyung Adnan

Surat pengunduran diri perusahaan
Surat pengunduran diri perusahaan

Kamu bisa download file nya di sini

  1. Surat Pengunduran Diri Karyawan

Berikut ini adalah contoh pengunduran diri karyawan di sebuah perusahaan tertentu, dengan posisi yang bersifat umum. Kamu bisa menambahkan posisi kamu di dalamnya.

Tangerang, 12 Desember 2017

Kepada

Yth. Manager HRD

PT Global Digital Tangerang

Jl. Kiyai Kassa, Sindangsari, Pasarkemis. Tangerang

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Hanan Attaki, hendak menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri sebagai Karyawan PT Global Digital Tangerang, terhitung mulai tanggal 12 November 2017.

Saya ucapkan terima kasih banyak atas kesempatan bergabung di PT Global Digital Tangerang, atas bimbingan dan pengalaman yang diberikan kepada saya, semoga dengan pengalaman itu menjadikan saya pribadi yang lebih profesional dalam bekerja.

Permohonan maaf yang sedalam-dalamnya saya ucapkan kepada seluruh rekan dan karyawan yang ada di PT Global Digital Tangerang atas kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Semoga PT Global Digital Tangerang bisa terus berkembang dan banyak memberikan manfaat lebih banyak lagi ke depannya.

Hormat saya,

 

Hanan Attaki

surat pengunduran diri karyawan
surat pengunduran diri karyawan

Kamu bisa download file doc nya di sini

  1. Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Organisasi

Berikut ini adalah contoh membuat surat pengunduran diri dari jabatan sebuah organisasi.

Tangerang, 10 Oktober 2018

Kepada

Yth. Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa

Universitas Amikom Yogyakarta

Condong Catur, Sleman, Yogyakarta

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya sampaikan maksud pengunduran diri saya sebagai Sekretaris Kabinet BEM, dikarenakan alasan Pindah Kampus, terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2018.

Dikarenakan kondisi saya yang sudah tidak lagi kuliah di Universitas Amikom Yogyakarta tidak memungkinkan bagi saya untuk terus melanjutkan menjadi Sekretaris di Kabinet BEM. Saya sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan yang pernah saya buat selama ini dalam mengemban amanah, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja

Semoga BEM Universitas Amikom Yogyakarta terus berkembang, dan banyak memberikan manfaat baik untuk kampus, maupun untuk Indonesia.

Hormat saya

 

Deby Utari

surat pengunduran diri organisasi
surat pengunduran diri organisasi

Kamu bisa download file doc nya di sini

 

  1. Surat Pengunduran Diri Guru

Berikut adalah contoh surat mengundurkan diri dari jabatan seorang guru :

Tangerang, 12 Agustus 2018

 

Kepada

Yth. Ketua Yayasan

Perguruan Mathlaul Anwar Putat

Jl. Kiyai Kassa, Sindangsari, Pasarkemis, Tangerang

Bersama surat ini saya ingin menyampaikan maksud saya untuk mengundurkan diri dari jabatan sebagai Guru Kelas V (lima) di MI Mathlaul Anwar Putat terhitung mulai 1 Agustus 2018.

Pengunduran diri ini dikarenakan pindah domisili, sehingga tidak memungkinkan untuk terus menjadi bagian dari pengajar Perguruan Mathlaul Anwar Putat. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran pimpinan Yayasan, staf pengajar MI Mathlaul Anwar Putat atas semua hal yang telah diajarkan selama di sekolah. Murid-murid telah banyak memberikan inspirasi bagi saya agar terus berusaha menjadi pengajar yang baik untuk mereka.

Harapan saya, semoga MI Mathlaul Anwar terus berkembang dan menjadi garda terdepan untuk perbaikan generasi muda selanjutnya.

Hormat Saya

 

Tri Handayani, S.Pd.I

surat pengunduran diri guru
surat pengunduran diri guru

Kamu bisa download file doc nya di sini

Penutup

Surat pengunduran diri haruslah berisi tentang informasi singkat, informasi jelas, dan tidak memberikan keterangan yang buruk kenapa kamu mengundurkan diri pada posisi tersebut. Informasi yang dicantumkan biasanya hal-hal yang lumrah, dan berikan kesan yang terbaik kepada perusahaan dengan memberikan permohonan maaf, dan doa untuk perusahaan yang kamu tinggalkan.

Leave a Comment