10 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Beserta Panduan Membuatnya

Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja – Surat yang begitu penting bagi kamu yang baru saja lulus SMA, atau bahkan telah menjadi Sarjana, pun juga untuk siapapun yang masih menjadi pengangguran. Mencari pekerjaan adalah salah satu kegiatan yang perlu untuk dilakukan.

Pasalnya karena sampai sekarang ini menjadi karyawan atau pekerja menjadi mata pencarian favorit di Indonesia, dengan penghasilan yang tetap, dan tunjangan asuransi yang pasti, dan tidak banyak resiko, kecuali perusahaan bangkrut.

Contoh surat lamaran kerja pada artikel ini semoga bisa membantu kamu dalam membuat surat lamaran kerja.

Tahapan awal yang harus dilalui bagi pencari kerja adalah mencari pekerjaan yang cocok dan kamu memenuhi kualifikasi yang dicari oleh perusahaan. Persyaratan administrasi menjadi faktor terpenting yang harus kamu siapkan sebelum ke proses panggilan kerja, salah satunya adalah surat lamaran kerja.

Dan ketika sudah mendapatkan panggilan kerja, selanjutnya adalah tes kemampuan (tergantung perusahaan dan posisi yang kamu lamar), penandatanganan kontrak kerja, masuk ke masa training, dan akhirnya kamu diterima kerja.

Surat lamaran yang baik, akan mudah mengantarkan kamu ke proses-proses tersebut, karena pihak HRD akan menentukan memanggil kamu atau tidak dari surat lamaran yang kamu sampaikan ke mereka. Banyak pihak HRD perusahaan tidak memanggil kita, karena surat lamaran yang diberikan tidak sesuai atau kurang baik.

Maka di bawah ini kami akan membuat beberapa Contoh Surat Lamaran yang baik, tapi sebelum ke sana, ada baiknya kamu harus tahu beberapa hal penting dalam membuat surat lamaran kerja, untuk memudahkan kamu dalam mengubah sesuai dengan yang kebutuhan.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Secara garis besar ada 3 bagian yang harus ada dalam surat lamaran kerja yaitu bagian pembukaan, bagian isi, dan bagian penutup, secara detail adalah sebagai berikut :

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat (biasanya ada di sebelah kanan atas surat lamaran).
  2. Tujuan surat, yang biasanya ditulis ditunjukkan untuk siapa (nama orang beserta gelar dan jabatan), nama perusahaan yang dituju beserta alamat.
  3. Kata-kata salam hormat untuk memberikan kesan sopan kepada yang akan memproses surat lamaran kerja kamu.
  4. Kata pengantar dan pembukaan, yang biasanya berisi tentang dari mana kamu mendapatkan informasi pekerjaan tersebut, dan posisi apa yang akan kamu lamar.
  5. Biodata pribadi. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, nomor handphone, email, dan alamat.
  6. Pengalaman kerja dan kemampuan kamu. Berikan penjelasan tentang pengalaman kerja kamu sebelumnya, atau pengalaman kamu dalam mengurus kegiatan atau tanggung jawab yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar. Tambahkan kelebihan yang kamu miliki, dan kelemahan-kelemahan kamu yang sudah kamu lewati, untuk memberikan kesan bahwa kamu bisa keluar dari kelemahan itu.
  7. Penutup. Pada bagian ini tuliskan kalimat singkat dan jelas bahwa kamu sangat berminat dan mampu dalam pekerjaan tersebut, berikan juga ucapan terimakasih.
  8. Lampiran-lampiran. Biasanya surat lamaran juga diberikan beberapa lampiran, sebagai dokumen pendukung administrasi dalam proses melamar kerja. Beberapa berkas yang dilampirkan biasanya sebagai berikut:
    – Pas foto formal terbaru
    – Fotocopy e-KTP
    – Daftar riwayat hidup
    – Fotocopy ijazah terakhir yang sudah dilegalisir
    – Fotocopy sertfikat-sertifikat yang ada kaitannya dengan kompetensi kerja yang dibutuhkan
  9. Hormat saya. Berikan nama lengkap, dan tanda tangan kamu, biasanya posisinya berada di pojok kanan akhir surat.

Hal-hal yang Perlu diperhatikan dalam Menyusun Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja yang ada dalam surat lamaran kerja, apa yang tidak boleh ada dalam surat lamaran kerja, dan bagaimana menyusun setiap kalimatnya agar sesuai dengan keinginan pihak pimpinan yang nantinya akan menjadi pintu gerbang kamu untuk proses selanjutnya.

Banyak sekali yang gagal ke tahap berikutnya, hanya gara-gara dalam menyusun surat lamaran kerja yang tidak sesuai dengan kriteria yang ada. Berikut saya sampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun surat lamaran kerja:

1. Gunakan bahasa yang sopan

Karena surat lamaran kerja merupakan salah satu jenis-jenis surat resmi, yang memiliki aturan-aturan sistematika penulisan.Maka dalam proses penyusunannya haruslah menggunakan kalimat-kalimat yang sopan baik dan benar, selain itu kalimat yang ditulis harus sesuai dengan ejaan yang telah disempurnakan (EYD).

Gunakanlah kalimat-kalimat yang sopan dan resmi dalam membuat surat lamaran kerja, pastikan kalimat yang digunakan kalimat formal yang bisa menjelaskan siapa kamu, dan kenapa perusahaan tersebut harus terima kamu sebagai karyawan di perusahaannya.

2. Penggunaan kalimat efektif

Hindarilah kalimat yang bertele-tele atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan lamaran yang akan kamu tuju. Gunakan lah kalimat-kalimat yang singkat dan jelas namun padat, sesuai dengan lamaran yang dibutuhkan.

Menggunakan kalimat-kalimat yang efektif sangat di sarankan demi kelancaran proses lamaran kerja.Artinya, kamu harus menggunakan kalimat se-efektif mungkin saat lamaran kerja, seperti :

“Berdasarkan informasi lowongan kerja di surat kabar harian Kompas pada tanggal  9 Maret 2013, saya bermaksud melamar sebagai Sistem Konsultan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin”.

Kalimat efektif memberikan kemudahan pimpinan perusahaan dalam memahami isi surat sehingga tidak ada kata yang tidak ada hubungannya dengan lamaran kerja.

3. Hindari Perkataan Berlebihan (Hiperbol)

Penggunaan kata hiperbol ini sering kali terjadi pada penulisan surat lamaran, biasanya terjadi pada akhir surat lamaran, atau pada bagian penutup lamaran, seperti penggunaan kata “sebanyak-banyaknya”, “banyak-banyak”.

Kamu bisa gunakan kata “atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih”, kalimat itu lebih baik digunakan dan tidak berlebihan.

Hindari kata-kata berlebihan lainnya, ada baiknya kamu harus tahu Ejaan Yang Ditetapkan (EYD) dalam bahasa Indonesia, untuk menghindari kata-kata berlebihan (hiperbol) dalam surat lamaran yang kamu tulis.

4. Sistematika Penulisan

Surat lamaran kerja merupakan salah satu kategori surat resmi, yang artinya memiliki aturan tersendiri dalam penyusunannya. Selain hal-hal di atas yang telah dikemukakan di atas, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam penulisan surat lamaran.

Seperti menuliskan tanggal surat (biasanya ada pada pojok kanan atas surat), kepala surat hingga akhir surat, kamu menuliskannya dengan rata kiri. Sehingga tulisan kamu terlihat lebih rapi, dengan tulisan rapi akan memudahkan pembaca memahami kata-kata yang kamu tuliskan.

Bila tulisanmu bisa dipahami dan diterima dengan baik oleh penerima tentang kata-kata yang kamu tuliskan, kemungkinan besar kamu bisa melanjutkan proses selanjutnya. Itulah pentingnya kamu harus benar-benar memahami sistematika penulisan surat lamaran kerja.

Tuliskan surat lamaran kerja dengan mencantumkan unsur-unsur yang terkandung dalam surat lamaran pekerjaan.

5. Bersih

Hal yang sederhana tapi sangat penting adalah masalah kebersihan surat lamaran, hal ini sering menjadi pusat perhatian pertama oleh pimpinan perusahaan. Apalagi surat lamaran yang dibuat dengan tulisan tangan, pastikan surat yang kamu tulis bersih dari coretan atau bekas penghapus.

6. Lampiran

Ada beberapa lampiran yang harus kamu lampirkan sebagai salah satu persyaratan administrasi pelengkap dalam mengajukan proses lamaran. Kamu bisa melampirkan beberapa berkas pendukung lain yang ada hubungannya dengan kerjaan yang kamu lamar.

Seperti surat pengalaman kerja, sertifikat-sertifikat yang berhubungan, dan jangan lupa berkas-berkas yang diwajibkan dalam proses lamaran kerja, seperti daftar riwayat hidup, foto copy KTP, foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), surat keterangan sehat jasmani dan rohani, atau surat kuning dari dinas ketenagakerjaan.

Kelengkapan berkas lampiran di atas akan menjadi poin tambahan profil kamu, untuk dijadikan bahan pertimbangan pimpinan perusahaan, sehingga bisa saja pimpinan perusahaan tertarik untuk merekrut kamu menjadi bagian dari perusahannya. Untuk itu pastikan semua berkas yang diminta kamu lengkapi.

Setelah kamu tahu bagaimana menyusun surat lamaran kerja secara teknis, sekarang perhatikan salatu satu contoh surat lamaran kerja di bawah ini :

Contoh Surat Lamaran Kerja File Doc

Download (DOCX, Unknown)

Kamu bisa download juga file diatas di sini.

***

Perlu kamu ketahui surat lamaran di atas adalah surat lamaran yang bersifat umum, kadang ada beberapa perusahaan yang akan berbeda dalam masalah teknis penulisan surat lamaran, tergantung jenis perusahaan.

Jenis-jenis Surat Lamaran Kerja

Mengetahui jenis-jenis surat lamar pekerjaan sangatlah penting, supaya kamu bisa menulis surat lamaran kerja sesuai dengan kriteria perusahaan dan persyaratan lainnya.

Jenis-jenis suarat lamaran kerja
Jenis-jenis suarat lamaran kerja

1. Surat lamaran kerja gabungan

Jenis lamaran kerja yang digabung dengan daftar riwayat hidup atau CV (curriculum vitae). Surat jenis ini sangat jarang ditemui, karena dalam proses membuatnya membutuhkan waktu yang relatif lama, apalagi jika surat tersebut ditulis dengan tulisan tangan.

Informasi yang diberikan juga akan memberatkan pimpinan perusahaan, karena terlalu panjang biasanya hal ini justru berakibat surat lamaran akan terasa berbelit-belit. Tapi hal ini kembali lagi tergantung dengan jenis perusahaan yang akan kamu lamar.

2. Surat lamaran kerja terpisah

Surat lamaran kerja yang terpisah berarti, surat lamaran tersebut terpisah dari daftar riwayat hidup. Jenis surat lamaran seperti ini, pada dewasa ini mudah dan sering kali kita temui.

Kelebihan dari jenis surat lamaran terpisah yaitu informasi yang diberikan terkait kemampuan kamu, kepribadian kamu, dan cara kamu menyampaikan harapan kamu untuk diterima sebagai pekerja, akan tersampaikan dengan rapi dan fokus, karena praktis dan tidak terlalu panjang.

Tetapi, kamu harus ekstra teliti dan pandai memilih kata-kata yang cocok untuk ada pada surat lamaran tersebut.

Hindari kata-kata yang tidak perlu atau berlebihan, gunakan bahasa yang sopan, dan kamu perlu mendeskripsikan secara singkat kepribadian kamu, mulai dari kelebihan, kekurangan, cara kamu mengatasi kekurangan, dan pengalaman kerja kamu.

Contoh-Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap

Setelah dijelaskan di atas mengenai beberapa hal dalam menulis surat lamaran kerja, berikut ini kami sampaikan beberapa contoh surat lamaran kerja untuk beberapa jenis lowongan kerja tertentu.

Contoh surat lamaran kerja
Contoh surat lamaran kerja

 

1. Surat lamaran kerja untuk bagian admin keuangan

Tangerang, 21 Maret 2018

Yth. Manager HRD
PT.  Sinar Mentari
Jl. Pasarkemis, Tangerang nomor 11

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi lowongan pekerjaan di surat kabar harian Kompas tertanggal 1 Maret 2018, saya bermaksud melamar sebagai Admin Keungan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama                              : Nindi Hidayati
Tempat, Tanggal Lahir    : Tangerang, 21 Oktober 1995
Alamat                            : Perum Permata Tangerang, nomor 136
Pendidikan Terakhir        : S1 Akutansi
Telepon                           : 0828827289

Sebagai bahan pertimbangan, saya dapat bekerja sesuai dengan deadline, saya jujur, saya dapat bekerja di bawah tekanan, baik individu, maupun dalam kelompok. Sebagai referensi, saya melampirkan daftar riwayat hidup bersama surat ini.

Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Saya siap untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya

Nindi Hidayati, S.E

 

2. Surat lamaran kerja untuk umum

Semarang, 1 Januari 2018

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Personalia
PT. Time Excelindo
Sleman, Yogyakarta

Perihal : Permohonan Kerja

Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                             : Bambang Hidayat
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 17 Agustus 1995
Pendidikan Terakhir       : S1 Teknik Informatika
Nomor Handphone        : 08127878377

Mengajukan surat lamaran kerja pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan data diri dan berkas sebagai berikut :

– FC Daftar Riwayat Hidup
– FC KTP
– FC Ijazah Terakhir
– FC SKCK
– FC Surat Keterangan Kerja
– Pas photo terbaru 3×4 (4 lembar)

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Bambang Hidayat, S.Kom

 

3. Surat Lamaran Kerja di Bank

Jakarta, 2 Januari 2018

Kepada
Yth. HRD Bank Central Asia
Cabang Pasarkemis Tangerang
Jl. Puri Jaya nomor 167

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang dimuat media online bahwa PT. Time Excelindo cabang Pasakemis Tangerang, sedang membuka lowongan kerja untuk bagian IT. Maka dengan ini saya :

Nama                             : Bambang Hidayat
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 17 Agustus 1995
Pendidikan Terakhir       : S1 Teknik Informatika
Nomor Handphone        : 08127878377

Bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

– FC Daftar Riwayat Hidup
– FC KTP
– FC Ijazah Terakhir
– FC SKCK
– FC Surat Keterangan Kerja
– Pas photo terbaru 3×4 (4 lembar)

Demikian surat lamaran ini kami bua, besar harapan saya untuk segera bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpinan. Jika diterima saya akan mengabdi dan melakukan yang terbaik baik bagi Bank Central Asia.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih

Hormat Saya

Bambang Hidayat, S.Kom

 

4. Surat lamaran kerja untuk Perawat

Purbalingga, 2 Januari 2017

Kepada
Yth. Manager Personlia
RSU Harapan Ibu
Jl. Patung Knalpot No. 24
Purbalingga

Dengan hormat,
Berdasarkan info di Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Purbalingga bahwa RSU Harapan Ibu sedang membutuhkan banyak perawat, maka dengan ini saya :

Nama                             : Tresna Amalia Hady
Tempat, tanggal lahir     : Tangerang, 26 Juni 1995
Alamat                           : Komplek Selabaya Indah No.17, Purbalingga
Status                             : Belum Menikah
Pendidikan terakhir       : D3 Keperawatan
Telepon                         : 0838 0878 9878

Bermaksud mengajukan permohonan untuk mengisi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

– Daftar riwayat hidup
– Foto Copy ijazah D3 (Legalisir)
– Foto Copy transkrip nilai (legalisir)
– Foto Copy KTP
– Foto Copy SKCK
– Foto Copy Kartu Pencari Kerja
– Pas foto 3×4 (3 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara.
Dengan surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Tresna Amalia Hady

 

5. Surat lamaran kerja Indomaret

Purbalingga, 3 Januari 2017

Kepada
Yth. Kepala Personalia PT. Indomarco Prismatama
Cabang Purbalingga
Jl. Pujowiyoto No. 37 Purbalingga

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang tertulis di website resmi indomaret, yang menyatakan bahwa perusahaan Bapak/Ibu membutuhkan karyawan, dengan ini saya:

Nama                               : Nahromi
Tempat, tanggal lahir       : Purbalingga, 23 Juni 1995
Alamat                             : Desa Majapura, Purbalingga
Status                               : Belum Menikah
Pendidikan terakhir          : SMA
Telepon                            : 0838 0897 8998

Bermaksud untuk melamar pekerjaan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan. Adapun sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas sebagai berikut :

– Daftar riwayat hidup
– Foto Copy Ijazah SMA (legalisir)
– Foto Copy transkrip nilai (legalisir)
– Foto Copy KTP
– Foto Copy SKCK
– Foto Copy Kartu Kuning
– Foto Copy Keterangan Sehat
– Pas Foto 3×4 (3 lembar)

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk melakukan wawancara.

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Nahromi

 

6. Surat lamaran kerja di Alfamart

Tangerang, 28 Februari 2018

Kepada
Kepala Personalia PT. Sumber Alfaria Trijaya
Cabang Tangerang
Jl. Jati Uwung, Nomor 45, Tangerang

Dengan hormat,

Setelah membaca surat kabar Tangerang Post yang menerangkan bahwa PT. Sumber Alfaria Trijaya cabang Tangerang sedang membutuhkan kasih, maka dengan ini saya:

Nama                         : Heni Setiawati
Tempat, tanggal lahir : Tangerang, 19 Februari 1997
Alamat                       : Kp. Putat, Pasarkemis, Tangerang
Status                         : Belum Menikah
Pendidikan terakhir    : SMK
Telepon                      : 0898 7898 7373

Bermaksud mengajukan permohonan kerja sesuai dengan posisi tersebut. Sebagai bahan seleksi, berikut ini saya lampirkan beberapa berkas:

– Daftar riwayat hidup
– Foto copy ijazah SMK (legalisir)
– Foto copy transkrip nilai (legalisir)
– Foto copy KTP
– Foto copy SKCK
– Foto copy Kartu Kuning
– Surat keterangan sehat
– Pas foto 3×4 (2 lembar)

Besar harapan dan keinginan saya untuk segera bergabung  dengan PT. Alfaria Trijaya. Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Heni Setiawati

 

7. Surat lamaran kerja di perusahaan

Jakarta, 15 November 2017

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Personalia
PT. Harapan Nyata
Jl. Gatot Subroto, nomor 45-47, Jakarta

Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi lowongan yang saya dapat dari iklan media cetak Kompas yang dimuat pada tanggal 10 September 2017. Saya bermaksud melamar pekerjaan dengan posisi Sales Manager (SM) sesuai tertera pada informasi tersebut.

Berikut ini data singkat saya:

Nama                          : Heryati Suci Pratiwi
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 12 Juni 1992
Alamat                        : Jl. Kenari nomor 43, Jakarta Barat
Telepon                       : 0877 9889 2728
Status                          : Menikah
Pendidikan terakhir     : S1

Saya mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik, mahir dalam menggunakan semua aplikasi office (Word, Excel, Power Point) dan bisa berbahasa Inggris.
Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini saya lampirkan:

– Daftar riwayat hidup
– Foto copy ijazah S1 (legalisir)
– Foto copy transkrip nilai (legalisir)
– Foto copy KTP
– Foto copy SKCK
– Foto copy Kartu Kuning
– Surat keterangan sehat
– Pas foto 3×4 (2 lembar)
– Surat pengalaman kerja

Saya sangat berharap untuk diberi kesempatan wawancara agar bisa menjelaskan lebih detail tentang potensi kemampuan saya.

Demikian surat lamaran ini saya buat, atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Heryati Suci Pratiwi

 

8. Surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris

Ada beberapa instansi perusahaan yang mengharuskan kamu memberikan surat lamaran kerja dalam bahasa inggris sebagai salah satu syarat dari seleksi. Biasanya perusahaan atau instansi multinasional atau BUMN.

Hal tersebut juga menjadi indikasi bagi calon karyawan dapat menulis dan berbicara dalam bahasa inggris dengan baik dan benar. Berikut contoh surat lamaran kerja yang ditulis dengan bahasa inggris.

 

Based on your ads on Bussiness Magazine January 13 2017, I would like to apply job position required.
My name is Antoni, and I am 23 years old. I was graduated from UGM Unviversity, Yogyakarta in 2012. I am good in Coding, Java Script, and also Computer Network System. I won several hackaton competitions before I graduated.
Now, I am working as engineer in X company. I am willing to learn and excited to be a part  of IT Staff in your company. Enclosed is my resume and certificate for your review and considerations.
I hope that you will give me a chance to meet in personal and tell the details about myself.

Your faithfully,

 

9. Surat lamaran kerja untuk guru honorer

Tangerang, 27 Agustus 2017
Kepada,
Kepala sekolah MTs Mathlaul Anwar Putat
Di Tempat

Dengan hormat,

Dengan ini saya sampaikan surat permohonan lamaran pekerjaan untuk posisi Guru Honorer Matematika di sekolah yang Bapak/Ibu pimpin. Dengan ini, saya :

Nama                               :
Tempat, tanggal lahir       :
Alamat                             :
Pendidikan terakhir          :
Telepon                            :

Bermaksud mengikuti seleksi Guru Honorer yang sedang diadakan. Bersama ini, saya lampirkan daftar riwayat hidup, foto copy ijazah, foto copy KTP, foto copy SKCK, dan foto berukuran 3×4, dan data yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat ini  buat dengan data yang sebenarnya. Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

___________________

 

10. Surat lamaran kerja di Hotel

Yogyarakta, 17 Mei 2017

kepada Yth. HRD Hotel Singgah
Di Tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya :

Nama                          :
Tempat, Tanggal lahir :
Alamat                        :
Pendidikan terakhir     :

Berniat untuk melamar pekerjaan di Hotel yang Bapak/Ibu pimpin untuk bergabung sebagai Cleaning Service. Saya lampirkan Pelatihan, Foto copy E-KTP, Foto terbaru, dan data yang lain yang diperlukan.

Besar harapan saya untuk diterima di Hotel yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimkasih

Hormat saya,

_______________

Setelah surat lamaran kerja disiapkan dengan baik, sesuai dengan tata aturan seperti yang diterangkan di atas, berikut kamu sampaikan juga beberapa sumber untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan surat lamaran kerja yang kamu buat.

Sumber Lamaran Pekerjaan

  • Referensi Pihak Tertentu

Sumber ini dicantumkan saat kamu mengetahui lowongan pekerjaan dari pihak-pihak tertentu, mulai dari pekerja yang ada di instansi tersebut, maupun orang lain yang memiliki kepentingan. Ketika membuat surat lamaran kerja dari pihak tertentu ini biasanya menyebutkan info lowongan kerja dengan cara menuliskan “referensi dari sesorang”

  • Dari Media

Ada banyak perusahaan yang sudah terkenal atau bahkan BUMN yang mencari calon karyawan mereka dengan cara mengiklankan lowongan di beberapa media, baik media eletronik seperti televisi, radio, atau internet, maupun juga melalui media cetak seperti koran harian, majalah, atau pamplet-pamplet yang biasanya dipasang di pinggir-pinggir jalan.

Penting bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan untuk mencari informasi dari mana info lowongan kerja tersebut, dan untuk dicantumkan di surat lamaran kerja yang kamu buat. Karena sering kali terjadi ada informasi yang tidak benar, terkait lowongan kerja, yang akhirnya bisa jadi merugikan diri kamu sendiri.

Jadi, pastikan informasi lowongan kerja yang kamu dapat dari media itu adalah informasi yang benar.

  • Tanpa Sumber Tertentu

Terdapat beberapa contoh surat lamaran kerja yang tidak mencantumkan informasi lowongan kerja yang dia dapatkan, biasanya surat ini ditulis karena inisiatif sendiri atau ditulis berdasarkan keinginannya sendiri untuk melakukan lamaran kerja tersebut.

Beberapa orang menulis surat lamaran ini karena ingin mencoba peruntungan nya mendapatkan pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan tertentu.

  • Dari Website Pencari Kerja

Saat ini kemajuan teknologi sangat berkembang dengan pesat, dan tentunya hampir semua aspek proses bisnis kehidupan sehari-hari bisa dilakukan dengan mudah, dan cepat, dan tentu akan menghemat waktu, dan biaya.

Begitu juga dengan proses mencari kerja, kamu bisa manfaatkan situs-situs untuk mencari kerja, seperti jobstreet.com, atau jobstreet.com.

Kamu hanya perlu mengunggah surat lamaran, isi profil  yang ada di sana, dan berikan data keterangan lainnya. Kamu bisa mencari pekerjaan dengan mudah yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

Sumber-sumber Lowongan Kerja
Sumber-sumber Lowongan Kerja

Itulah beberapa hal penting dalam menyusun surat lamaran kerja yang menjadi hal yang wajib dalam proses mencari kerja, mulai dari hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun surat lamaran kerja, bagian dari surat lamaran kerja, apa saja yang harus ada dalam surat lamaran kerja, dan hal apa saja yang harus dihindari dalam menyusun lamaran kerja.

Sehingga kamu bisa menyusun lamaran kerja yang sesuai dengan kriteria perusahaan yang kamu inginkan. Perhatikan setiap kualifikasi dan persyaratan khusus yang dibutuhkan perusahaan, jika itu memang sesuai diri kamu, kamu bisa langsung melamar kerja disana, tentu dengan surat lamaran kerja yang telah disiapkan sebelumnya.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah sesuaikan dengan keinginan perusahaan apakah dengan tulisan tangan, atau dengan di ketik komputer. Karena ada perusahaan yang ingin melihat kepribadian seseorang melalui tulisan tangan kamu.

Ini point penting agar kamu jika diminta untuk menulis surat lamaran, maka tuliskan dengan baik, bersih, dan menggunakan kalimat-kalimat yang jelas, lugas, dan efektif, yang akhirnya itu akan menjadi nilai tambah bagi surat lamaran kerja yang kamu buat.

Pastikan juga kamu akan membuat surat lamaran yang terpisah atau digabung dengan biodata singkat kamu. Keuntungan menulis surat lamaran terpisah adalah informasi yang diberikan tidak tumpang tindih dan mempermudah pihak HRD atau pimpinan perusahaan dalam melihat data diri kamu dengan lengkap.

Namun, hal ini tentu saja akan memakan banyak kertas, karena informasi yang diberikan akan terpisah-pisah. Untuk lebih memudahkan kamu dalam menentukannya, baca lagi persyaratan dalam melamar kerja tersebut.

Nah, itu beberapa kriteria, tips, dan trik dalam membuat surat lamaran kerja, beserta contohnya yang disesuaikan dengan lowongan kerja yang ingin kamu lamar. Pastikan surat lamaran kerja yang kamu buat sudah sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan perusahaan, dan tidak kalah penting juga

Kamu harus persiapkan berkas yang lain seperti KTP Elektronik, Surat Tanda Keterangan Catatan Kelakuan (SKCK) dari polsek, Surat Pencari Kerja (surat kuning), dari Dinas Ketenagakerjaan, Surat Keterngan Sehat Jasmani Rohani (bisa dari puskesmas terdekat, dari klinik, atau dari rumah sakit) tergantung permintaan perusahaan

Dan bagi kamu yang ingin melamar kerja di bagian teknik biasanya ada syarat berkas tambahan yaitu Surat Keterangan Tidak Buta Warna, dan bebas dari Narkoba. Pastikan semua persyaratan berkas di atas kamu siapkan, untuk kelancaran dalam melamar pekerjaan.

Hingga akhirnya kamu benar-benar siap dengan proses lebih lanjut dalam melamar kerja, wawancara, tes akademik dasar, tes potensial, tes psikologi, dan tes pengguna (beda-beda tes tergantung perusahaan, dan jenis lamaran kerja yang kamu lamar).

Ketika semua tahapan kamu selesai, tahapan selanjutnya adalah pembicaraan masalah negosiasi gaji, bahasan tentang kontrak kerja, jika semuanya sesuai, selanjutnya adalah memasuki masa training kerja basanya 3 bulan, hingga pada akhirnya kamu resmi jadi karyawan di perusahaan.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara menyusun lamaran kerja, yang dilengkapi dengan contoh terbaru, yang sesuai dengan lowongan kerja yang kamu butuhkan.

Semoga bermanfaat dan membantu kamu dalam proses menyusun surat lamaran kerja hingga akhirnya kamu bisa diterima di perusahaan impian kamu, dengan bidang yang memang kamu mampu melakukannya. Mohon maaf apabila masih terdapat banyak kesalahan, dan kekeliruan, mudah-mudahan kami bisa memperbaiki lagi pada tulisan yang lain.

Informasi artikel menarik lainnya kamu bisa kunjungi bataswaktu.com

Leave a Comment