Contoh Contoh Kata Pengantar Lengkap dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Kata Pengantar

Bagi kamu yang sedang bingung mencari bagaimana cara membuat kata pengantar yang baik dan benar, serta sesuai dengan kebutuhan yang kamu cari.

Kamu benar berada di artikel ini, simak semua penjelasan mengenai kata pengantar, unsur-unsur kata pengantar, dan jenis-jenis kata pengantar, sehingga kamu akan mudah membuat kata pengantar sendiri dengan baik dan benar.

Cara Membuat CV
Menyusun Kata Pengantar

Sebelum ke pembahasan lebih lanjut, kamu harus tahu terlebih dahulu, kata pengantar merupakan satu hal yang sangat penting, yang harus ada dalam karya tulis, baik ilmiah maupun non-ilmiah, biasanya karya ilmiah terletak di awal karya tersebut, dan hal ini harusnya sudah sangat lumrah bagi kamu yang sudah atau terbiasa dalam membuat karya tulis.

Bagian – Bagian Utama dalam Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan halaman yang berisi ucapan-ucapan dari penulis atas selesainya penulisan karya tulis ilmiah tersebut, baik tentang ucapan rasa syukur, ucapan rasa terima kasih, tujuan dan manfaat penulisan, serta kritik saran yang membangun karya tulis tersebut.

Kata pengantar terdiri dari 3 bagian yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

  • Pembukaan Kata Pengantar

Pembukaan kata pengantar terdiri dari ucapan rasa syukur penulis kepada semua yang terlibat dalam penyelesaian karya tulis. Di awali dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dilanjutkan untuk keluarga, sahabat, dan orang-orang yang terlibat dalam membantu dalam proses penyusunan karya tulis tersebut.

  • Isi Kata Pengantar

Isi dari kata pengantar berisi gambaran umum dari hasil karya tulis yang telah selesai disusun. Kalimat awal di mulai dengan menjelaskan permasalahan yang diangkat dalam karya tulis tersebut, atau biasa kita sebut dengan latar belakang, dan kemudian dilanjutkan dengan kalimat yang berisi solusi umum yang akan dibahas pada karya tulis tersebut.

  • Penutup Kata Pengantar

Tentu setiap karya tulis tidak ada yang sempurna, dan pasti memiliki kekurangan dari berbagai sisi, baik dari pemaparan materi yang diberikan, atau dari teks penulisan. Bagian penutup kata pengantar menjadi bagian permohonan maaf penulis dan harapan penulis tentang karya tulis yang telah disusun.

Meskipun kata pengantar jarang diperhatikan oleh pembaca, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjukkan profesionalitas dan kredibilitas dalam pembuatan makalah karya tulis yang telah diselesaikan.

Selain itu, adanya kata pengantar merupakan salah satu wujud rasa penghormatan penulis kepada pembacanya. Penyusunan kata pengantar memerlukan rangkaian kalimat penulis dengan bahasa yang baku dan efektif, sehingga mudah dimengerti oleh pembaca.

Jadi tiga poin yang sudah dibahas di atas, menjadi acuan dasar yang harus diperhatikan dalam menyusun kata pengantar, agar kata pengantar yang dibuat memiliki bobot dan kualifikasi yang baik di mata pembaca. Selebihnya bisa kamu kembangkan lebih lanjut, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan konteks yang kamu buat.

Contoh Contoh Kata Pengantar Lengkap

Berikut ini kami sampaikan beberapa contoh kata pengantar yang bisa digunakan sebagai acuan dalam membuat kata pengantar.

1. Kata Pengantar Makalah Pendidikan Agama Islam

Kata Pengantar

 

Segala puji bagi Allah SWT, yang senantiasa melimpahkan rahmat serta karunia-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah dengan judul “Tafsir dan Hikmah dari Surat An-Naba”. Shalawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia kepada zaman yang terang benderang.

 

Terima kasih penulis sampaikan kepada Bapak Hilman Wijaya, LC. MA, selaku dosen pembimbing dalam penulisan tugas ini. Ucapan terima kasih selanjutnya penulis sampaikan kepada kedua orang tua penulis, Bapak Saepudin, dan Ibu Osah, yang selalu memberikan dukungan berupa material, dan moril, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik, benar dan tepat waktu.

 

Tidak lupa juga kepada teman-teman seangkatan yang selalu memberikan inspirasi, dan semangat juang kepada penulis, hingga karya tulis ini dapat selesai. Karya tulis ilmiah ini memberikan gambaran secara detail terkait hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil dari surat-surat yang ada di Al-Quran, khususnya dalam karya tulis ini adalah terkait dengan tafsir surat An-Naba, yang bisa diaplikasikan untuk kehidupan sehari-hari.

 

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan karya tulis ini masih banyak sekali pekarangan dari berbagai sisi, maka penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk karya tulis ini, agar ke depannya bisa menjadikan karya tulis yang lebih bagus, dan lebih bermanfaat lagi.

 

Tangerang, 4 April 2018

 

Nang Nurkosim

***

Demikianlah contoh kata pengantar makalah agama yang berupa karya tulis tugas pendidikan agama. Selanjutnya kamu bisa kembangkan sendiri redaksinya sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

Contoh Kata Pengantar
Contoh Kata Pengantar

 

2. Kata Pengantar Makalah PPKn

Kata Pengantar

 

Pertama-tama kami ucapkan puja dan puji syukur kehadiran Allah SWT, atas berkat nikmat, hidayah, dan rahmat-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas pendidikan karya tulis ilmiah kewarganegaraan ini dengan tepat waktu. Karya tulis yang berjudul “Nilai-nilai Pancasila sebagai Falsafah Ideologi Indonesia” disusun untuk memenuhi tugas karya tulis ilmiah PPKN yang diampu oleh Bapak Kosim, S.Sos.

 

Karya tulis ilmiah kami susun dengan baik dan bijaksana, yang bersumber dari beberapa buku, penelitian, dan beberapa kutipan para tokoh yang mumpuni di dalam bidang yang dibahas. Landasan teori dan pemaparan hasil penelitian disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, terstruktur, dan sistematis, sehingga pembaca yang awam pun bisa memahaminya dengan baik, sehingga karya tulis ilmiah ini akan menjadi referensi yang bermanfaat bagi para pemula yang ingin belajar lebih dalam terkait nilai-nilai Pancasila dan Ideologi bangsa Indonesia.

 

Kami sebagai tim penyusun karya tulis ilmiah ini menyadari ada beberapa kekurangan yang tidak dapat kami hindarkan, karena keterbatasan kami, sehingga kritik dan saran dari pembaca kami harapkan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam karya tulis ini. Besar harapan kami agar karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya, dan dapat menjadi sumber kontribusi pengetahuan bagi nilai-nilai Pancasila dan Ideologi, yang saat ini sedang mengalami krisis.

 

Kami sebagai penyusun dari karya tulis ini menyadari bahwa terdapat beberapa kesalahan dan kekurangan dalam karya tulis ini, baik dari segi redaksi maupun substansi, maka kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca, untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada, sehingga pada akhirnya nanti karya tulis ini menjadi lebih baik, dan semakin bermanfaat.

 

 

Tangerang, 2 April 2018

 

Penyusun

***

Itulah salah satu contoh kata pengantar untuk karya tulis ilmiah pendidikan kewarganegaraan tentang Pancasila. Silahkan kamu bisa kembangkan dan modifikasi kata pengantar tersebut sesuai dengan yang kamu butuhkan.

 

3. Kata Pengantar Laporan Karya Ilmiah

Kata Pengantar

 

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan laporan karya ilmiah yang merupakan salah satu syarat wajib guna mendapatkan beasiswa penelitian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta.

 

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah berhasil membawa risalah Islam yang penuh dengan ilmu pengetahuan, tidak hanya tentang ilmu-ilmu keislaman tetapi juga ilmu-ilmu lainnya. Sehingga dapat menjadi bekal untuk kita menjalani kehidupan di dunia, dan persiapan untuk ke akhirat kelak.

 

Menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bagi seorang peneliti yang berhasil menyelesaikan riset yang telah dia lakukan dengan baik. Bagi penulis, penyusunan laporan karya ilmiah ini merupakan tugas yang tidak ringan. Penulis mengakui banyak hambatan yang menghadang dalam proses penyusunan laporan ini, dikarenakan salah satunya adalah keterbatasan penulis itu sendiri.

 

Kalaupun akhirnya laporan karya tulis ilmiah ini dapat terselesaikan tentulah karena beberapa pihak yang telah membantu dalam proses laporan ini. Untuk itu,  penulis sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuannya, utamanya kepada yang terhormat :

 

  • H. Bambang Wijayanto, M.Kom., selaku rektor Universitas Amikom Yogyakarta
  • Krisnawati, M.Kom., selaku pembimbing yang telah banyak meluangkan waktunya dan memberikan berbagai masukan dan pertimbangan, sehingga laporan ini bisa diselesaikan dengan tepat waktu, baik.
  • Bapak dan Ibu yang tidak pernah lelah memberikan semangat moral dan moril, sehingga penulis selalu semangat dalam menulis laporan ini.
  • Sahabat-sahabat yang telah mewarnai, dan selalu siap diajak diskusi bertukar pendapat tentang laporan ini, dan akhirnya laporan ini pun menjadi lebih hidup.

 

Tidak ada yang dapat penulis berikan kepada mereka selain iringan doa  yang tulus dan ikhlas semoga amal baik mereka dapat diterima di sisi Allah SWT. Sebagai penulis yang memiliki banyak kekurangan, penulis memerlukan kritik dan saran yang konstruktif, supaya laporan ini lebih baik, dan semakin bermanfaat bagi banyak orang.

 

Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan, dan bagi pembaca pada umumnya.

 

 

Tangerang, 12 Maret 2017

 

Deni Azharudin

***

4. Kata Pengantar Skripsi dan Proposal Penelitian

Kata Pengantar

 

Segala puji bagi Allah SWT, Allah semesta alam, yang Maha Kuasa, dan Maha Esa, atas segala limpahan nikmat-Nya yang begitu banyak, dan atas nikmat itulah penulis mampu menyusun proposal penelitian ini dengan judul Sistem Informasi Akademik Berbasis WEB di Perguruan Mathlaul Anwar Putat.

 

Tujuan penyusunan laporan ini adalah sebagai salah satu syarat wajib dalam pengajuan penyusunan tugas akhir program studi S1 Teknik Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Sistem informasi akademik ini diambil sebagai salah satu solusi yang sangat relevan di perguruan Mathlaul Anwar Putat, pasalnya era dewasa ini semua hal membutuh proses yang sangat cepat, dan tetap akurat.

 

Maka dari itu, penulis membuat sistem informasi akademik berbasis website. Mudah-mudahan dengan laporan penelitian ini dapat meningkatkan pelayanan yang ada di perguruan Mathlaul Anwar Putat. Penulis banyak mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung, dan membimbing penulis, agar penulis dapat menyelesaikan proposal laporan peneilitan ini. Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terimakasih kepada :

 

  • Bapak Dr. Sudarmawan, M.Cs., selaku dekan fakultas Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta
  • Ibu Sri Ngudi Wahyuni, M.Kom., selaku dosen pembimbing, yang tak pernah lelah memberikan masukan, dan meluangkan waktunya untuk menyelesaikan proposal laporan ini.
  • Orangtua, yang selalu memberikan dukungan moral dan moril
  • Sahabat yang selalu mengingatkan agar cepat tugas ini segera diselesaikan

 

Penulis menyadari akan banyaknya kekurangan yang ada di proposal penelitian ini. Oleh karenanya, penulis mengharapkan saran dan kritiknya dari semua pihak guna menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan proposal penelitian ke depannya.

 

Semoga proposal penelitian ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membaca. Amin

 

 

Yogyakarta, 12 Maret 2017

Ansorullah

Download contoh file Doc – Contoh Kata Pengantar Skripsi

Download (DOCX, Unknown)

***

5. Kata Pengantar Laporan PKL

 

Kata Pengantar

 

Pertama dan yang paling utama penulis memanjatkan puja dan puji syukur kehadiran Allah SWT, yang telah memberikan banyak nikmat, yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu, terutama nikmat sehat, dan nikmat kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan laporan Penelitian Kerja Lapangan (PKL) ini di CV Agung Makmur sesuai dengan waktu yang telah ditentukan bersama.

Laporan akhir ini disusun berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan praktek kerja dilaksanakan. Penyusunan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini adalah salah satu syarat wajib untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) dan laporan akhir ini sebagai bukti bahwa penyusun telah melaksanakan dan menyelesaikan praktek kerja lapangan sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya di CV Agung Makmur, Jakarta.

Tidak lupa, bahwa laporan akhir praktek kerja lapangan ini disusun sebagai bahan pertanggung jawaban atas semua kegiatan selama dilaksanakannya praktek kerja lapangan di dunia usaha dan dunia industri. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang tela membantu selama kegiatan PKL ini dilaksanakan, sampai pada penyusunan laporan akhir ini, yaitu :

  • Bapak Irwansya, selaku Kepala Sekolah SMK Tunas Pemuda Rajeg
  • Ibu Hindun Maryunah, selaku pimpinan CV Agung Makmur
  • Bapak Dana Sudarmaji, selaku wakil ketua kepala sekolah bidang Humas
  • Ibu Rinawati, selaku pembimbing sekolah I
  • Bapak Taufik Hamdani, selaku pembimbing sekolah II
  • Bapak Ubaydillah, selaku pembimbing di CV
  • Guru-guru SMK Tunas Pemuda Rajeg, yang telah membantu dalam menyusun laporan praktek kerja lapangan.
  • Orang tua, yang selalu mendukung baik dengan moral maupun moril
  • Sahabat-sahabat satu angkatan selalu memberikan kritik dan saran

Penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kesalahan pada penyusunan laporan praktek kerja lapangan ini. Oleh karena itu, demi kesempurnaan penyusunan laporan kerja lapangan berikutnya, kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan oleh penulis.

Kami sebagai penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya atas berbagai kesalahan dan kekurangan tersebut. Semoga laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membaca.

 

Pasarkemis, 12 Desember 2017

 

Penulis

***

Cara Mudah untuk Menulis Kata Pengantar

Kamu pasti memiliki cara tersendiri untuk menyusun kata pengantar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter penulisan yang kamu bisa. Akan tetapi ada cara yang umum digunakan ketika akan mulai menulis, tidak terkecuali menulis kata pengantar meskipun dengan berbagai macam tujuan dari makalah atau kera ilmiah itu disusun. Berikut adalah caranya:

  1. Buatlah daftar tentang hal apa saja yang ingin ditulis dalam kata pengantar
  2. Setelah menulis hal utama, selanjutnya buatlah kerangka kata pengantar berdasarkan poin pertama.
  3. Baca kembali kata pengantar yang telah disusun, dan periksalah setiap kata dan kalimat, apakah sudah enak dibaca, atau belum, dan pastikan tidak ada salah tulis.
  4. Kembangkanlah sesuai kebutuhan kamu.
cara menulis kata pengantar
cara menulis kata pengantar

 

Kesimpulan

Pada intinya contoh kata pengantar itu beraneka ragam, tergantung pada kebutuhan dan tema yang diambil dalam penyusunan karya ilmiah, proposal, atau laporan kegiatan yang lainnya.

Penulisan kata pengantar secara umum, memiliki maksud dan tujuan yang sama, yaitu ungkapan rasa syukur, dan terima kasih dari penulis tentang karyanya, kemudian dilanjutkan dengan gambaran umum isi dari tulisan yang dibuat.

Di akhir disertakan harapan dan masukan untuk pengembangan kepenulisan selanjutnya.

Leave a Comment