10+ Contoh CV Menarik di Lengkapi Panduan Membuatnya, untuk Lamaran Kerja

Membuat CV adalah hal yang tidak kalah penting dalam salah satu persyaratan administrasi selama proses melamar kerja. CV singkatan dari Curriculum Vitae atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Daftar Riwayat Hidup, yang tentu harus disusun sebaik mungkin.

Tidak hanya isinya, tetapi juga desain tampilannya, untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar serius dalam menanggapi lowongan kerja tersebut. CV yang baik harus mampu memikat perhatian pihak HRD, ini lah pentingnya bagaimana kita membuat CV harus di konsep secara matang baik dari segi desain, tata bahasa, dan informasi apa saja yang akan kita berikan pada CV tersebut.

Namun yang pasti kamu harus menuliskan kemampuan atau kompetensi yang kamu miliki secara spesifik yang sesuai dengan kebutuhan yang ada di lowongan kerja. Kebanyakan dalam membuat CV lamaran kerja digunakan untuk melamar ke beberapa lowongan kerja dan perusahaan yang berbeda dengan alasan efisiensi. Sehingga CV cenderung datar, monoton, dan tidak menarik.

Apalagi jika HRD yang menerapkan digital screening untuk menyeleksi tahapan awal kerja. Yaitu, dengan cara mencari kata kunci yang berhubungan dengan jenis pekerjaan yang dimaksud, misalnya posisi yang dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan adalah bagian “IT Staff” maka keyword atau kata kunci yang dicari misalnya teknik informatika, hardware-software dan lain-lain.

Jika CV kamu tidak memiliki kata kunci yang dicari, bisa-bisa lamaran kamu tidak terbaca oleh pihak HRD. Maka dari itu penting sekali dalam membuat CV yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan dalam lowongan kerja, jika memang memungkinkan berikan deskripsi diri kamu secara singkat padat dan jelas di dalam CV yang kamu buat.

Contoh Membuat CV Secara Umum

Berikut kami berikan contoh CV yang sangat umum, dengan penulisan yang sangat sederhana.

DATA PRIBADI

Nama: Ansor Hamimi
Tempat, Tanggal Lahir: Magetan, 28 Februari 1992
Alamat: Ds. Hijaz, Kec. Maospati, Magetan, RT.01/RW. 09
No. HP: 082360004070
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobbi: Sepak Bola

PENDIDIKAN FORMAL

  • SDN 01 Pupus
  • SMPN 3 Takeran
  • SMAN 2 Kawedanan
  • Universitas Islam Negeri Malang

PENGALAMAN KERJA

  • Indomart sebagai menejer marketing
  • Bank Permata sebagai Collection
  • Apotik Griya sebagai Marketing

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

 

Hormat saya,

Ansor Hamimi

 

***

Di atas merupakan CV yang sangat sederhana dan mudah ditiru oleh orang lain dalam membuat CV, dan CV seperti ini sangat tidak menarik, dan pihak HRD bisa langsung menyimpulkan bahwa kamu melamar seolah-olah hanya mencoba dan mencari keberuntungan, tidak dengan niat yang sungguh-sungguh.

Cara Membuat CV yang Kreatif dan Menarik

Seperti yang sudah dibahas di atas kenapa kita harus membuat CV se-menarik mungkin, yaitu agar pihak HRD benar-benar memperhatikan CV yang telah kita buat untuk melamar kerja di perusahaan yang mereka pimpin. Berikut kami sampaikan beberapa cara dalam menyusun dan membuat CV kamu menjadi lebih baik, kreatif, dan menarik :

1. Lakukan Job Research

Sebelum kamu membuat CV, langkah pertama tentu saja kamu harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar.

Tentu, carilah lowongan kerja yang sesuai dengan bidang yang kamu kuasai atau yang disukai. Saat ini sudah banyak sekali informasi mengenai lowongan kerja secara online, bahkan kamu juga bisa melamar kerja secara online di situs-situs website pencarian kerja.

Catatlah segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar, dan kualifikasi calon karyawan, keterampilan, keahlian, usia, dan tak jarang perusahaan mencari calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman bekerja untuk periode tertentu.

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu segala informasi yang berkaitan dengan perusahaan tersebut, seperti visi, misi, dan nilai-nilai etos kerja yang ada di perusahaan tersebut, hal ini tentu akan mempermudah kamu untuk memutuskan membuat CV seperti apa, dan akan dikirmkan atau tidak ke perusahaan yang bersangkutan.

Job Research untuk membuat CV Kerja
Job Research untuk membuat CV Kerja

2. Ketahui isi CV Secara Umum

Bagian ini mungkin sebagian orang sudah banyak yang mengetahuinya, namun bari para fresh graduate, informasi ini akan sangat menolong karena memberi gambaran besar akan riwayat hidup dan deskripsi singkat kamu, yang akan kamu cantumkan ketika membuat CV.

Namun, kamu harus tetap perlu berhati-hati dalam menyusun isi yang ada di CV, harus berurut supaya tidak membingungkan pembaca CV kamu, terutama pihak HRD yang akan menilai secara langsung kulitas kamu melalui CV yang kamu kirimkan.

Pada umumnya, konten yang ada dalam CV antara lain sebagai berikut :

  • Identitas diri; nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat email
  • Pendidikan; pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK
  • Keterampilan; Keterampilan yang kamu miliki
  • Proyek dan pengaman kerja; karya atau proyek yang sudah kamu buat sebelumnya, atau penghargaan-penghargaan yang telah kamu terima
  • Training/Pelatihan Baru; Pelatihan yang telah kamu ikuti selama 2-3 tahun terakhir
  • Informasi Lain Tentang Diri Anda; hobi, referensi, atau hal lain tentang diri kamu yang tentunya berhubungan dengan lamaran kerja.
Membaca Kembali Isi CV
Membaca Kembali Isi CV

3. Mulai Membuat CV

Cara membuat curiculum vitae yang menarik adalah relevansi isi dan desain yang menarik. Buatlah desain yang mudah dibaca, minimalis dan layout yang baik dan rapi.

Berbagai desain atau format dalam membuat CV dapat kamu cari di internet, akan banyak sekali desain dan contoh CV yang menarik, tapi hal yang perlu di ingat adalah pilih desain atau format CV yang paling sesuai dengan kriteria atau kemampuan yang kamu ingin cantumkan dalam CV kamu. Pilih desain yang sederhana, muatan isi yang tidak terbelit-belit, dan paduan warna yang tidak terlalu mencolok, agar mudah dibaca.

Ketika desain CV kamu sudah dirasa baik, hal pertama yang perlu kamu tuliskan di dalamnya. Sesuai dengan panduan isi secara garis besar pada point 2 di atas adalah:

Cantumkan Identitas diri. Tuliskan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email (optional), serta jangan lupa cantumkan pas foto terbaru kamu

  • Tulis Jenjang Pendidikan. Biasanya jika kamu melamar ke perusahaan, hany diminta 2 jenjang pendidikan terakhir kamu.
  • Paparkan secara singkat, deskripsi tentang diri kamu, seperti karakter, nilai-nilai kehidupan yang kamu junjung, kelebihan kamu, serta kekurangan kamu. Untuk catatan, jangan terlalu banyak menuliskan kekurangan kamu, dan lebih baik jika kamu ceritakan cara kamu mengatasi kekurangan kamu.
  • Deskripsikan kemampuan kamu, baik hard skill atau soft skill kamu, yang menunjang lamaran kerja yang kamu inginkan.
  • Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja, tuliskan pengalaman kerja kamu, penghargaan yang kamu terima selama bekerja di tempat yang dulu. Hal ini akan memberi nilai tambah bagi kamu, dan sebagai bahan pertimbangan untuk pihak HRD, untuk lamaran kamu diproses ke tahap selanjutnya.
  • Cantumkan juga informasi berbagai pelatihan atau kursus yang pernah kamu lakukan, yang ada hubungannya dengan pekerjaan yang kamu lamar.
  • Cantumkan referensi orang yang kamu kenal di perusahaan yang kamu lamar (opsional) untuk bahan pertimbangan pihak HRD.

4. Baca ulang dan Perbaiki Kesalahan yang ada di CV Kamu.

Langkah selanjutnya adalah, kamu perlu membaca ulang CV yang telah kamu buat tersebut. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kesalahan yang sering terjadi, salah ketik, salah tanda baca, salah format penulisan yang sesuai dengan EYD, dan lain sebagainya. Hal ini penting dilakukan agar CV yang kamu buat tersusun secara baik, rapi, dan benar.

Tentu akan sangat disayangkan, jika kamu sudah bersusah-susah dalam menyusun dan membuat CV, ternyata banyak kesalahan-kesalahan sederhana, karena kesalahan kamu sendiri. Cek kembali tata bahasa dan ejaan yang salah dan menggunakan kalimat yang jelas, singkat, dan efektik.

Karena membuat CV adalah salah satu bagian dari surat resmi, jadi gunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan yang telah Disempurnakan.

membuat cv
membuat cv

5. Analisis CV Kamu

Dalam menganalisis CV yang telah kamu buat, usahakan kamu berperan sebagai pihak penerima CV untuk melamar pekerjaan tersebut, dan akan membaca CV yang telah dibuat.

Agar lebih objektif penilaiannya, kamu harus mengesampingkan diri kamu, dan benar-benar memerankan diri sebagai bagian dari HRD yang sedang melakukan rekrutmen terhadap pelamar.

Langkah berikutnya, kamu dapat meminta bantuan teman atau sahabat untuk menilai CV yang telah kamu buat. Buat perbandingan terhadap CV yang telah kamu buat, nilai dari teman kamu, dan nilai dari diri kamu sendiri.

Setelah kamu mengetahu beberapa langkah cara membuat CV yang baik dan benar, kamu pasti akan membuat CV yang baik dan benar yang menarik, dan efektif, hal ini akan mengantarkan kamu diterima di tempat kerja yang kamu lamar.

Contoh dalam Membuat CV yang Baik

Beriku kami sampaikan beberapa contoh CV yang baik dan menarik, sebagai bahan pertimbangan kamu dalam membuat CV untuk melamar kerja di tempat dan posisi yang kamu impikan. Pilih contoh CV yang paling sesuai dengan kriteria kamu, dan kebutuhan perusahaan yang sedang mencari karyawan.

1. Contoh CV Lamaran Kerja

CURRICULUM VITAE DATA PRIBADI

 

Nama: Shafira Nurlita
Tempat, Tanggal Lahir: Madiun, 18 November 1992
Alamat: Jln. Teratai No. 02, Ds. Milan, Kec Mangunharjo, Madiun
No. HP: 0821 2375 xxxx
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobbi: Menulis dan Travelling

PENDIDIKAN FORMAL

  • SD Milan 1 Madiun
  • SMPN 2 Madiun
  • SMAN 2 Magetan
  • Politehnik Negeri Madiun (PNM)

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • Kursus Bahasa Inggris di “The Eminen” Pare Kediri.
  • Kursus Microsoft Word dan Excel

PENGALAMAN KERJA

  • 2013 – 2016 Bank Permata sebagai Admin
  • 2016 – 2017 Indomart sebagai Menejer Pemasaran

KEMAMPUAN DAN KEAHLIAN

  • Mahir dalam menggunakan Bahasa Inggris secara aktif
  • Mahir menggunakan microsoft word dan excel
  • Mengerti Internet Marketing

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

 

Hormat saya,

Shafira Nurlita

***

Download CV Lamaran Kerja versi Doc

Download (DOCX, 14KB)

***

2. Contoh CV Lamaran Kerja

Contoh CV yang ke-2 ini, CV yang dibuat dengan desain yang sangat sederhana, dan hanya memanfaatkan fasilitas-fasilitas dasar yang ada di Microsoft Word, berikut gambarnya;

Contoh CV Lamaran Kerja Sederhana
Cara membuat CV untuk melamar kerja

3. Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup

Contoh CV Lamaran Kerja yang kurang Baik, karena tidak ada foto identittas diri di dalamnya.

CV Lamaran Kurang Baik

 

Beberapa CV yang kami sebutkan di atas, adalah contoh CV yang digunakan untuk melamar kerja sebagai tenaga pendidik atau pengajar, untuk formal, maupun non-formal.

4. Contoh Membuat CV dengan Bahasa Inggris.

Biasanya ada beberapa perusahaan yang menginginkan kamu mengirimkan Curiculum Vitae dengan menggunakan bahasa Inggris, tentu dengan maksud dan tujuan tertentu dalam proses lamaran, misalnya untuk mengetes langsung kemampuan kamu dalam menulis bahasa Inggris.

Dan bagaimana kamu bisa memaparkan tentang diri kamu dalam gaya penulisan dalam bahasa Inggris, yang memang saat ini banyak dibutuhkan oleh Perusahaan, apalagi dalam persaingan pasar bebas MEA 2 tahun belakangan ini. Berikut contoh Curriculum Vitae bahasa Inggris

CURRICULUM VITAE

PERSONAL DETAILS

Name: John Marley
Address: Menteng Road, No. 25, West Jakarta
Place, Date of Birth: Jakarta, May 7th, 1981
Gender: Female
Marital Status: Married
Nationality: German
Religion: Moslem
Cellphone: 0851 3425 8117
Email[email protected]
Hobby: Swimming

Education

  • SDIT Al-Kautsar
  • SMPN 39 Jakarta
  • SMAN 72 Jakarta
  • Universitas Gajah Mada

Professionnal Experience

  • 1995 – State Elementary School – SDN 3 Lobak Jakarta
  • 2001 – State Junior High School – SMP Negeri 3 Jakarta
  • 2005 – State Senior High School – SMK Negeri 70 Jakarta
  • 20010 – Accounting Degree University of Trisakti

Computer skills

  • Web Development,
  • Photoshop Ilustrator In Design Premiere
  • Office Suite
  • Proficient with Microsoft Office programmes, Outlook, Internet Explorer and Project.

Language Proficiency

  • Indonesian : Native
  • English : Good (Daily Conversation)
  • Arabic : Jayyid

Interests

  • Travels to China, Japan and Europe Country
  • Cycling
  • Photography

This is to state that above information is true and provided here by me, all in good faith.

 

Sincerely,

John Marley

***

5. Contoh bentuk Lain CV dalam Bahasa Inggris

Agar lebih enak dipandangan, dan dibaca, Curriculum Vitae yang kamu buat juga harus memiliki nilai-nilai keindahan seni, tata letak informasi, perpaduan warna, dan substansi dari Curriculum Vitae pun menjadi hal yang sangat krusial atau penting diperhatikan. Berikut contoh Curriculum Vitae dalam bahasa Inggirs, dengan desain yang menarik.

Contoh Cara Membuat CV yang Menarik Bahasa Inggris
Contoh Cara Membuat CV yang Menarik Bahasa Inggris

Perhatikan CV di atas, Curriculum Vitae tersebut memiliki desain yang simple, menarik, dan infromasi yang di tuliskan di dalamnya sangat baik, dan sampel.

Contoh Curriculum Vitae yang Kreatif

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa dalam membuat CV (Curriculum Vitae) kita tidak hanya membuat ala kadarnya, harus dibuat se-kreatif mungkin, untuk menarik perhatian HRD, dan biasanya pihak HRD melihat kesungguhan kamu dalam melamar, dari curriculum vitae yang kamu buat.

Kamu bisa melihat beberapa contoh dalam membuat cv (Curriculum Vitae) yang kreatif dengan desain-desain yang sangat menarik di internet, bahkan jika kamu ingin membuat curriculum vitae dari template yang sudah disediakan, kamu bisa cari, dan kamu hanya perlu mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan untuk membuat CV kamu secara online dari template yang telah disediakan.

1. Contoh Curriculum Vitae yang Simpel, tetapi Kreatif

contoh membuat cv yang kreatif
contoh membuat cv yang kreatif

Curriculum vitae di atas, tidak hanya memberikan profil diri, kemampuan diri, riwayat pendidikan, deskripsi singkat tentang kepribadian, tetapi juga memberikan informasi keahlian dengan bentuk penyajian dalam diagram yang sangat kreatif, hal ini sangat bagus, karena informasi yang diberikan tidak hanya jelas, tetapi juga menarik dan kreatif.

2. Contoh Curriculum Vitae yang Kreatif dengan Perpaduan Warna yang Baik

Contoh Membuat CV dengan Kreatif dan Warna yang Baik
Contoh Membuat CV dengan Kreatif dan Warna yang Baik

Di atas adalah contoh Curriculum Vitae yang sangat kreatif, tatak layout informasi yang diberikan sangat baik, dan proporsional, pemilihan warna yang sangat serasi antara teks, warna gambar, dan beberapa elemen lainnya. Informasi pribadi, pengalaman, kemampuan, dan prestasi sudah dituliskan dengan baik, dan sangat kreatif.

Dua contoh Curriculum Vitae di atas adalah Curriculum Vitae yang sudah pengalaman, dan sudah pernah bekerja sebelumnya. Nah, bagi kamu yang fresh Graduate baru lulus sekolah, atau kuliah, dan belum memiliki pengalam kerja, berikut ini kami berikan beberapa contoh Curriculum Vitae untuk yang belum memiliki pengalama kerja secara profesional.

Contoh Membuat CV untuk Fresh Graduat
Contoh Membuat CV untuk Fresh Graduate

contoh Curriculum Vitae untuk fresh graduate di atas biasanya sangat disukai oleh HRD, karena informasi yang diberikan tidak bertele-tele, enak di baca, dan informasi yang disampaikan sangat jelas, dan menggunakan kalimat yang efektif, perpaduan warna desain, juga membuat kita tidak pusing ketika berlama-lama membaca isinya.

3. Membuat CV Online Beserta Contohnya

Membuat CV secara online, banyak sekali platform yang menyediakannya. Salah satunya adalah visualCV.com dan juga kamu bisa menggunakan Linkedin.com, Linkedin selain untuk menampilkan CV kita, juga bisa sebagai sosial network untuk mencari informasi seputar pekerjaan.

Bahkan melamarnya secara online melalui linkedin, kamu juga bisa menjalin relasi dengan banyak orang-orang profesional melalui linkedin. Disini saya cuma akan memberikan contoh CV online melalui Visual CV.

Cara Membuat CV Online melalui Visual CV.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengunjungi situs resminya di visualCV.com, lalu membuat akun baru / register, setelah itu banyak sekali pilihan template untuk CV Kreatif kamu. Ada template yang gratis dan berbayar, menurut saya yang gratis pun sudha cukup bagus.

Contohnya seperti ini — https://www.visualcv.com/

Download (PDF, 61KB)

***

Itulah pemaparan singkat tentang bagaimana cara membuat Curriculum Vitae yang baik, benar, kreatif. Akhirnya kamu bisa menyusun Curriculum Vitae kamu sendiri yang sesuai dengan keadaan nyata yang ada pada diri kamu, untuk berbagai kepentingan, melamar kerja salah satunya.

Pastikan kamu mengetahui secara detail setiap kepribadian kamu, kelebihan kamu, kekurangan kamu, dan bagaimana cara kamu mengatasi kekurangan kamu.

Sehingga pada saat menuliskan informasi itu di dalam Currivulum Vitae kamu tidak bingung, dan menerka-nerka, karena hal ini biasanya akan di tanyakan langsung pada tahapan selanjutnya dalam proses melamar kerja, yaitu tahapan wawancara.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, dan bisa mengantarkan kamu bisa diterima di perusahaan impian kamu, kamu bisa baca di sini.

Leave a Comment