Tata Cara Membuat Origami Kupu Kupu Warna Warni

Cara Membuat Origami Kupu Kupu, – Kupu-kupu adalah hewan yang memiliki sayap dengan berbagai corak dan warna. Sayangnya jumlah populasi kupu-kupu ini sudah mulai punah.

Oleh sebab itu, anda dapat membuat hewan tersebut dengan menggunakan origami. Pastinya origami kupu-kupu ini dapat menghiasi tampilan kamar anda.

Simak penjelasan mengenai cara membuat origami kupu kupu warna warni berikut ini.

Cara Membuat Origami Kupu Kupu

Kerajinan origami dapat melatih tingkat kreativitas anak. Tidak hanya itu, anak juga dapat belajar untuk bersabar membuatnya.

Oleh sebab itu bagi anda seorang ibu rumah tangga, dapat mengajarkan anak-anak anda cara pembuatan origami kupu-kupu. Simak tutorial pembuatannya dalam artikel ini.

1. Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 pcs kertas origami warna cerah.
  • Hiasan mata plastik.
  • Tali kur.

2. Cara Pembuatan

  1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Anda dapat memilih ukuran kertas origami yang besar, agar menghasilkan kupu – kupu dengan ukuran jumbo. Bagi pemula, dapat menggunakan kertas origami ukuran 15 x 15 cm.
  2. Ambil 1 buah kertas origami sesuai warna kesukaan anda. Usahakan ambil warna yang tergolong cerah, agar menarik untuk dipandang.
  3. Sejajarkan kertas sisi atas dan bawah. Kemudian lipat kertas origami hingga menjadi dua bagian yang berbentuk persegi panjang. Haluskan dengan menggunakan jari agar terlihat lekukannya.
  4. Kemudian sejajarkan kembali kertas origami dari sisi kiri dan kanan. Lalu ambil sisi kanan hingga bertemu sisi kiri. Haluskan lagi dengan jari anda. Dari sini anda sudah memiliki 2 bentuk lipatan.
  5. Selanjutnya buka lipatan kertas origami hingga terlihat bekas lipatannya. Lalu putar kertas origami sebanyak 45 derajat.
  6. Kemudian lipat kembali kertas origami dari ujung kiri atas hingga bertemu ujung kanan bawah. Lalu lipat juga pada sisi kertas origami lainnya.
  7. Buka kertas origami hingga terlihat semua lipatannya. Kemudian putar kertas origami sebanyak 45 derajat.
  8. Atur kertas origami sesuai dengan tekukan sudut kertas hingga membentuk segitiga sama sisi.
  9. Kemudian lipat kembali pada sisi kanan dan kiri segitiga ke arah atas. Lalu lipat juga pada sisi kertas origami lainnya. Tekan kuat-kuat pada sisi belakang kertas origami agar tidak mudah terlepas.
  10. Lipat kertas origami pada sisi atas ke arah tengah. Bagian ini digunakan untuk membuat badan dan kepala kupu – kupu. Kemudian tarik dan lipat sisi ujungnya, sedikit saja ke arah depan.
  11. Lalu lipat sisi kiri dan kanan hingga membentuk sayap. Usahakan tariknya perlahan, agar tidak robek. Kemudian rapikan pada bagian lipatan yang sudah terbentuk, agar tidak gampang lepas.
  12. Rapikan pada bagian sayap dan badan kupu-kupu, agar tampak berisi. Kemudian rapatkan kembali setiap lipatan yang sudah terbentuk secara perlahan.
  13. Bila sudah selesai. Buat lubang di sisi atas atau di bagian kepala kupu-kupu. Kemudian pasangkan tali kur di bagian lubang yang sudah dibuat. Lalu gantungkan tali tersebut di kamar tidur anak – anak, agar menambah kesan seperti taman kanak-kanak.
  14. Origami kupu-kupu sudah siap dimainkan.

Asah kreatifitas anak-anak anda dengan mempraktekkan cara membuat origami kupu kupu warna warni, di rumah. Dengan begitu anak-anak anda akan tumbuh menjadi orang yang cerdas.

Hal ini karena mereka memiliki kemauan dan keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu yang baru. Oleh sebab itu, mulailah untuk bermain bersama anak-anak.

Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Membuat Origami Bentuk Burung 

Tinggalkan komentar