Inilah Cara Membuat Kotak Pensil dari Kardus Bekas

Cara Membuat Kotak Pensil dari Kardus Bekas, – Kotak pensil adalah wadah untuk menyimpan berbagai peralatan tulis di dalamnya. Alangkah lucunya bila kotak pensil yang anda gunakan terbuat dari kardus bekas.

Pastinya akan banyak orang yang meniru tata cara membuat kotak pensil dari kardus bekas, seperti yang anda lakukan ini. Untuk itu, simak penjelasan tata cara pembuatannya dalam artikel berikut ini.

Cara Membuat Kotak Pensil dari Kardus Bekas

Kotak pensil sangatlah berguna untuk menyimpan peralatan tulis. Hal ini bertujuan agar peralatan tulis tersebut, tidak mudah hilang ataupun tercecer di atas meja.

Dengan memanfaat kardus yang sudah tidak terpakai untuk membuat kotak tempat pensil, anda tidak perlu lagi merogoh kocek lagi untuk membelinya baru. Berikut adalah penjelasan mengenai cara pembuatan kotak pensil dari kardus.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. 2 kardus bekas.
  2. Kertas kado.
  3. 3 buah tutup botol.

2. Cara Pembuatan Kotak

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Usahakan gunakan kardus yang tebal, agar kotak pensil kuat menahan beban peralatan tulis di dalamnya.
  2. Ambil 1 kardus bekas. Kemudian potong menjadi dua bagian. Ukuran potongan kardus yaitu 7 x 20 cm. Usahakan jangan sampai kelebihan atau kurang. Jangan lupa untuk diiris tipis bagian pinggiran kardusnya agar rapi bila ditempel.
  3. Potong kembali kardus menjadi tiga bagian. Ukuran potongan kardus yaitu 9 x 20 cm.
  4. Posisikan kardus ukuran 7 x 20 cm hingga menjadi dua bagian. Lalu bentuk garis dengan bantuan penggaris agar pas. Berikan tanda sebagai pengingat dengan spidol.
  5. Kemudian rekatkan potongan kardus yang berukuran 9 x 20 cm di bagian garis yang sudah diukur dan ditandai dengan pensil tadi.
  6. Selanjutnya rekatkan kardus yang berukuran 7 x 20 cm pada bagian atas kotak. Bila kardus dibalik, sudah terlihat seperti laci.
  7. Lalu rekatkan lagi kardus yang berukuran 9 x 20 cm di bagian atas kotak.
  8. Potong kembali kardus dengan ukuran potongan sebesar 7 x 9 cm, sebanyak 1 bagian saja.
  9. Tempelkan kardus tersebut di belakang kotak sisi bawah.
  10. Bila sudah siap, lapisi kardus dengan kertas kado.

3. Cara Pembuatan Laci

  1. Ukur kardus sesuai dengan besaran lubang bagian laci. Usahakan ukuran yang dihitung pas, agar laci yang dibuat muat di dalam kotak pensil tersebut.
  2. Ambil kardus yang sudah disiapkan. Kemudian potong kardus menjadi tiga bagian. Ukuran kardus yaitu 20 x 8 cm.
  3. Lalu potong kardus kembali menjadi 9 bagian untuk sisi kanan, kiri, atas, dan bawah. Ukuran kardus yaitu 20 x 3 cm.
  4. Selanjutnya rekatkan bagian dasar kotak yang memiliki ukuran 20 x 8 cm dengan sisi samping kardus, hingga membentuk laci.
  5. Kemudian tempel tutup botol di sisi bagian depan kardus sebagai pegangan agar mudah untuk dibuka dan tutup.
  6. Kotak pensil dari kardus bekas, siap digunakan.

Bila anda memiliki kardus yang tidak dipakai lagi alias bekas, jangan buru – buru dibuang. Manfaatkan kardus tersebut menjadi barang siap jadi, seperti kotak pensil yang unik, buat merapikan tempat belajar atau tempat kerja kamu.

Dengan begitu anda tidak perlu lagi membeli kotak pensil baru yang mahal. Anda dapat menerapkan cara membuat kotak pensil dari kardus bekas seperti dalam artikel ini.

Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Membuat Celengan dari Kardus

Tinggalkan komentar