Begini, Cara Membuat Gambar Sketsa Mudah Dicoba bagi Pemula

Cara Membuat Gambar Sketsa, – Pembuatan gambar sketsa adalah bagian paling awal dari hampir semua pengerjaan karya seni. Langkah membuat sketsa ini juga sangat berpengaruh bagi tahap-tahap selanjutnya, khususnya dalam seni menggambar dan melukis.

Karena itu maka pembuatan sketsa tentu perlu untuk dikerjakan sebaik mungkin. Dibawah ini diterangkan cara membuat gambar sketsa dengan mudah, baik dan benar.

Cara Membuat Gambar Sketsa yang Mudah dan Menarik

1. Mempersiapkan alat yang dibutuhkan untuk membuat gambar sketsa

Peralatan atau perlengkapan yang baik akan sangat mempengaruhi sebuah proses dan hasil  serta kelancaran pekerjaan.

Langkah-langkah membuat gambar sketsa sebaiknya menggunakan pensil yang tidak terlalu tegas. Pensil yang paling umum digunakan adalah HB dan H yang lebih samar dari pensil HB. Pensil yang berkode H biasanya samar dan B semakin pekat.

Selain itu, penghapus, serutan pensil, dan kertas juga perlu untuk dipersiapkan. Pastikan juga bahwa penghapus yang digunakan masih benar-benar bersih agar tidak mengotori bidang gambar.

Gunakan serutan yang tajam dan berkualitas agar hasilnya bagus. Kertas yang disarankan adalah menggunakan kertas concord atau ivory dibandingkan kertas biasa.

2. Cara menggores yang baik

Cara membuat sebuah gambar sketsa yang baik adalah jangan menggoresnya terlalu keras. Dengan menggunakan pensil, cukup gores dengan ringan dan tipis saja.

Sehingga, ketika ada kesalahan akan mudah untuk dihapus dan diperbaiki. Selain itu garis sketsa yang terlalu tegas akan tetap kelihatan ketika nanti diberi arsiran. Lebih baik berhati-hati dan dilakukan secara tipis-tipis saja.

3. Menggunakan objek sebagai acuan menggambar sketsa

Salah satu cara membuat gambar sketsa yang mudah adalah dengan menggunakan objek sebagai contoh acuan.

Jika menggunakan acuan maka proses menggambar akan lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan hanya menggunakan imajinasi saja.

Untuk menggambar abstrak dan ekspresif, melihat objek sebagai referensi akan membantu memperkarya ide.

4. Posisi lembar ketika menggambar sketsa

Ini merupkan salah satu tips yang sangat penting dalam hal membuat gambar sketsa supaya terlihat lebih maksimal. Pertama, mulailah dengan menentukkan posisi lembar kertas atau posisi bidang.

Tempatkan lembar kertas atau bidang menggambar sejajar dan tegak dengan objek yang digambar.  Hal ini dinilai lebih baik, daripada dilakukan dalam posisi bidang gambar mendatar.

5. Menggambar cepat

Walaupun terdengar sulit, menggambar sketsa dengan cepat akan membuat anda memahami bentuk-bentuk dasar pada gambar.

Menggambar cepat adalah membuat sketsa tanpa henti dan dengan garis-garis yang tidak terputus. Namun, lakukan dengan gerakan dan tekanan yang ringan, agar tidak merusak hasil sketsa nanti.

6. Terus berlatih agar semakin terbiasa

Yang harus anda lakukan adalah terus berlatih setiap hari agar semakin mahir dan bisa dalam membuat gambar sketsa.

Bisa dilakukan dengan melihat contoh-contoh objek atau gambar referensi sketsa. Jangan lupa untuk menggores pensil  secara ringan agar hasilnya tidak terlalu tajam dan tidak terlalu tegas. Selamat berlatih, semoga hasilnya menarik dan memuaskan.

7. Urutan langkah-langkah membuat gambar sketsa

Siapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Tentukan objek sebagai acuan untuk menggambar sketsa. Selanjutnya, buat bentuk dasar dari objek tersebut.

Membuat gambar sketsa menjadi salah satu pilihan seni yang menarik. Semoga dapat menambah wawasan serta informasi yang bermanfaat bagi anda. Jadi, apakah sekarang anda tertarik untuk membuat gambar sketsa?

Yuk, persiapkan alatnya dan mulai mencoba sejak sekarang. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca juga: Cara Membuat Gambar Grafiti 

 

Tinggalkan komentar