Mengenal Cara Membuat Gambar Grafiti untuk Pemula

Cara Membuat Gambar Grafiti, – Karya seni jenis grafiti sering kali ditemukan di dinding. Pembuatan grafiti dilakukan dengan menyemprotkan cat dengan berbagai warna yang menarik.

Biasanya grafiti tersebut berisi tentang kata, slogan, hingga simbol tertentu. Bagi anda yang tertarik, dapat simak penjelasan mengenai cara membuat gambar grafiti untuk pemula berikut ini.

Cara Membuat Gambar Grafiti 3 Dimensi

Pembuatan grafiti di dinding, berbeda dengan di kertas. Oleh sebab itu, anda harus sudah mahir dalam membuat grafiti tersebut. Hal ini karena medan yang digunakan bersifat tegak.

Sehingga cukup menyulitkan anda sebagai pemula. Namun anda tidak perlu berkecil hati, anda dapat melatih keterampilan anda setiap hari. Berikut penjelasan mengenai tata cara membuat grafiti.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • Cat semprot atau pilox.
  • Cat dinding warna putih.
  • Mal atau penggaris dinding.
  • Karton tebal.
  • Masker penutup hidung.

2. Cara Pembuatan Mal atau Penggaris

  • Ambil karton tebal yang sudah disediakan.
  • Kemudian lipat menjadi dua bagian. Haluskan lipatan dengan cara ditekan agar lurus.
  • Bagian yang sudah lurus ini akan digunakan sebagai penggaris di tembok.

3. Cara Pembuatan Grafiti

  1. Survey lokasi terlebih dahulu. Hal ini sangat penting karena tidak semua dinding boleh dibuat karya seni jenis grafiti. Kemudian lakukan izin terlebih dahulu kepada yang memiliki dinding tersebut.
  2. Persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan. Untuk cat semprot, anda dapat membeli beberapa warna untuk membuat grafiti semakin menarik.
  3. Jangan lupa untuk menggunakan masker penutup hidung, agar cat tidak masuk dan mengganggu pernafasan Anda.
  4. Semprotkan cat dinding warna putih terlebih dahulu ke dinding yang akan anda buat. Hal ini bertujuan agar warna grafiti dapat menyatu dan mendapatkan hasil akhir yang bagus.
  5. Bagi pemula, dapat membuat desainnya terlebih dahulu di kertas. Namun bagi yang sudah mahir, dapat langsung membuat desainnya di dinding. Anda dapat membuat desain semenarik mungkin, agar mendapatkan hasil maksimal.
  6. Bagi Anda yang masih tergolong pemula, dapat membuat desain dengan menggunakan pensil terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar meminimalisir terjadinya kesalahan. Namun bagi anda yang sudah mahir, dapat langsung menggunakan pilox
  7. Semprotkan pilox warna hitam ke dinding sebagai kerangka grafiti. Anda membuat kreasi di setiap huruf yang anda buat dengan semenarik mungkin.
  8. Kemudian warnailah desain dengan bantuan mal atau penggaris dinding, agar tampak lebih rapi. Lalu semprotkan desain grafiti dengan menggunakan pilox yang memiliki kombinasi warna menarik dan sesuai dengan selera anda.
  9. Selanjutnya baurkan kedua warna tersebut, agar menghasilkan kesan 3 dimensi.
  10. Bila desain grafiti sudah selesai diwarnai, anda dapat blur bagian bayangan dengan menggunakan warna hitam dan putih. Hal ini bertujuan agar grafiti akan semakin tampak seperti 3 dimensi.
  11. Kemudian proses terakhirnya adalah outlining. Dalam proses ini dilakukan untuk merapikan bagian desain yang tidak rapi atau salah dalam memberikan garis. Untuk menjalani outlining ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun anda tidak perlu khawatir, karena akan membuat hasil grafiti anda menjadi bagus.

Contoh Hasil Grafiti 3 Dimensi

Contoh Gambar Grafiti Swag
https://made-blog.com/

(https://www.made-blog.com/gambar-grafiti/)

Karya seni jenis grafiti memiliki beberapa jenis. Mulai dari jenis 3 dimensi, bubble, abstrak, dan wildstyle.

Bagi anda yang tergolong pemula, dapat mencoba cara membuat gambar grafiti dari jenis yang paling mudah terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar anda tidak kesulitan dalam membuat desain grafiti tersebut. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Membuat Origami Kupu Kupu 

Loading...

Tinggalkan komentar