Cara Membuat Celengan dari Kardus

Cara Membuat Celengan dari Kardus, – Celengan adalah salah satu tempat untuk menyimpan tabungan. Akan sangat menarik bila sebuah celengan ini dibuat dengan memanfaatkan kardus bekas.

Dengan begitu akan memicu semangat tersendiri dari dalam diri anda untuk selalu menabung. Berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat celengan dari kardus bekas.

Cara Membuat Celengan Model Tali

Celengan yang memiliki desain menarik, akan membuat anda lebih bersemangat untuk selalu menabung.

Oleh sebab itu, anda dapat mencoba tata cara pembuatan celengan dengan memanfaatkan kardus bekas. Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. 1 buah kardus tebal.
  2. Kertas kado.
  3. Tali kur ukuran 1 meter.

2. Cara Pembuatan

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Buat kerangka persegi di atas kardus dengan menggunakan pensil. Usahakan untuk menggunakan penggaris dalam membuat kerangka tersebut agar lurus. Ukuran kerangka sesuaikan dengan selera anda.
  3. Kemudian potong kerangka persegi sesuai dengan garis yang sudah digambarkan. Untuk hasil maksimal, anda dapat gunakan cutter untuk memotongnya. Jangan lupa menggunakan penggaris agar pemotongan kardus tersebut lurus.
  4. Bila sudah dipotong, lipat kardus sesuai dengan garis yang ada di kerangka tersebut.
  5. Lalu bentuk kerangka tersebut hingga berbentuk persegi.
  6. Berikan lubang celengan di bagian atas kardus, dengan menggunakan paku.
  7. Selanjutnya lubangi bagian samping kanan dan kiri kerangka dengan menggunakan paku. Harap untuk berhati – hati dalam melubanginya. Jangan sampai sobek ataupun berbeda ukuran lubangnya.
  8. Lubang yang anda buat harus lurus dengan lubang lainnya, agar pas saat diberikan tali pengait nanti.
  9. Kemudian masukkan tali kur di setiap lubang hingga celengan membentuk persegi secara utuh. Fungsi tali ini adalah sebagai pembentuk celengan. Anda dapat membentuk pola tali dengan sebagus mungkin agar celengan lebih menarik.
  10. Bila semua lubang sudah ditali dengan baik, maka celengan tersebut siap untuk digunakan.

Cara Membuat Celengan dari Kardus

Kardus bekas dapat dimanfaatkan sebagai pembuatan celengan dengan berbagai bentuk.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara pembuatan celengan dari kardus bekas yang dapat anda terapkan.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. 1 buah kardus bekas.
  2. Kertas kado.

2. Cara Pembuatan

  1. Persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Usahakan untuk menggunakan kardus yang tebal, agar celengan dapat kuat menahan uang koin.
  2. Potong kardus dengan ukuran 8,5 x 7,5 cm sebanyak 5 bagian. Kemudian berikanlah lubang pada 1 bagian kardus yang berbentuk persegi di tengahnya.
  3. Lalu potong kembali kardus dengan ukuran 12 x 9 cm sebanyak 1 bagian, ukuran 8 x 2 cm sebanyak 2 bagian, ukuran 9 x 9 cm sebanyak 1 bagian, ukuran 12 x 7,5 cm sebanyak 1 bagian, dan ukuran 13 x 9 cm sebanyak 2 bagian.
  4. Rekatkan bagian kardus ukuran 8,5 x 7,5 cm hingga membentuk persegi.
  5. Kemudian buat laci untuk mengisi celengan, ukuran kardusnya adalah 8,5 x 7,5 cm atau yang sudah diberikan lubang di tengahnya. Rekatkan kardus dengan menggunakan lem.
  6. Bila sudah, masukkan laci ke dalam celengan. Jika sudah pas, berikan pengait pada bagian pembuka laci untuk membuka dan menutupnya.
  7. Lalu tempelkan penutup celengan dengan kardus yang berukuran 9 x 9 cm.
  8. Celengan siap digunakan.

Kebiasaan menabung harus ditanamkan sejak dini. Mulailah dengan membuatkan celengan sendiri, sesuai dengan selera anda.

Dengan begitu, kiat untuk menabung akan timbul di dalam diri anda. Anda menerapkan cara membuat celengan dari kardus bekas seperti yang ada dalam artikel ini. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Kado

Loading...

Tinggalkan komentar