Tata Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Kado Unik

Cara membuat amplop lebaran dari kertas kado, – Hari Raya Idul Fitri memiliki tradisi yang bernama salam tempel. Salam tempel disini maksudnya adalah memberikan uang kepada anak-anak.

Sebelum uang tersebut diberikan, terlebih dahulu dimasukkan ke dalam amplop lebaran. Ada baiknya bila anda membuat amplop tersebut secara pribadi.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara membuat amplop lebaran dari kertas kado.

Cara Membuat Amplop Lebaran dari Kertas Kado

Amplop lebaran merupakan benda yang selalu dicari oleh masyarakat, ketika akan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Biasanya amplop lebaran dengan harga cukup mahal.

Dengan begitu alahkah baiknya anda membuatnya sendiri. Simak tutorial pembuatan amplop berikut ini.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah kertas kado.
  • 1 lembar kertas HVS.
  • Spidol warna.

2. Cara Pembuatan

  1. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.
  2. Gunting dan sesuaikan ukuran kertas kado HVS yang sudah disiapkan.
  3. Kemudian buat ukuran sebesar 216 x 279 mm di atas kertas kado. Lalu gunting kembali kertas kado tersebut sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.
  4. Lalu posisikan kertas kado hingga membentuk landscape.
  5. Selanjutnya lipat kertas kado secara memanjang menjadi dua bagian yang sisinya sama besar. Buka lipatan kertasnya, maka akan terlihat bekas lipatannya.
  6. Putar kertas hingga membentuk potrait atau bagian lebar kertas di sisi atas. Kemudian lipat ujung kertas bagian kanan dan kiri, hingga membentuk segitiga sama sisi.
  7. Kemudian lipat ke arah tengah, pada sisi bagian kanan dan kiri kertas atau sisi bagian bawah segitiga. Ukuran lipatannya kurang lebih 3,8 cm.
  8. Selanjutnya lipat kertas pada sisi bagian bawah ke atas, hingga mencapai garis lipatan antara segitiga dan persegi. Kemudian buka lipatan tersebut.
  9. Lalu masukkan kertas yang menyesuaikan dengan ukuran amplop. Letakkan kertas di antara lipatan segitiga dan lipatan yang barusan dibuat.
  10. Kemudian lipat bagian bawah ke atas hingga ke batas lipatan horizontal. Kemudian lipat kembali segitiga ke arah bawah hingga membentuk amplop.
  11. Masukkan uang ke dalam amplop. Kemudian rekatkan dengan menggunakan lem. Tambahkan hiasan di bagian penutup surat, agar lebih cantik.
  12. Amplop siap untuk digunakan.

Cara Membuat Amplop Lebaran bentuk Hati

Amplop lebaran berbentuk persegi, sudah banyak yang menggunakannya. Alahkah uniknya, bila amplop lebaran anda berbentuk hati. Simak penjelasan tentang pembuatan amplop lebaran dengan membentuk hati.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  • 1 buah kertas kado.
  • Gambar bentuk hati.

2. Cara Pembuatan

  1. Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Usahakan bentuk hati yang Anda gunakan memiliki ukuran cukup besar.
  2. Gunting kertas kado sesuai dengan gambar hati yang anda siapkan.
  3. Buat garis lurus pada sisi kanan dan kiri hati dengan penggaris, agar lurus. Garis tersebut nantinya akan dibuat tanda lipatan.
  4. Ukur bentuk hati tersebut pada bagian atas sebesar 11 cm dan bawah 10 cm. Kemudian buat garis memanjang ke samping atau horizontal.
  5. Lipat sisi kanan dan kiri hati sesuai dengan garis yang sudah Anda buat.
  6. Kemudian lipat juga hati pada bagian atasnya. Jangan lupa berikan hiasan amplop untuk mempercantik penampilan.
  7. Amplop siap untuk digunakan.

Bila anda ingin memberikan uang ketika Hari Raya Idul Fitri, usahakan untuk membuat amplop lebarannya sendiri. Pastinya akan terlihat unik bila dipandang.

Anda dapat mempraktekkan cara membuat amplop lebaran dari kertas kado dalam artikel ini sebagai referensi anda. Selamat mencoba.

Baca juga: Ide Dekorasi Ulang Tahun Anak

Tinggalkan komentar